Perencanaan dan Pengembangan Bisnis Portofolio “Lumerros Bite”
DOI:
https://doi.org/10.47134/jpem.v2i3.725Keywords:
Inovasi Produk, Perencanaan Bisnis, Churros, Lumerros Bite, Makanan Ringan, Ubi Jalar, Strategi Pemasaran, SWOTAbstract
Industri makanan ringan di Indonesia terus mengalami pertumbuhan yang signifikan, terutama dalam hal inovasi produk yang menjawab kebutuhan konsumen akan makanan ringan yang praktis dan sehat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses perencanaan dan pengembangan produk inovatif bernama Lumerros Bite, sebuah varian churros dengan penyajian baru yang lebih praktis dan modern. Berbeda dengan churros pada umumnya, produk ini hadir dalam bentuk ukuran sekali gigit yang sudah diisi dengan saus di dalamnya, sehingga lebih higienis dan mudah dikonsumsi. Inovasi utama terletak pada penggunaan ubi jalar sebagai bahan dasar untuk varian rasa manis, serta kombinasi telur dan mayones untuk varian rasa gurih, yang menjadikan Lumerros Bite sebagai camilan fungsional yang bernilai gizi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi visual. Analisis SWOT menunjukkan bahwa kekuatan utama produk terletak pada bentuknya yang unik dan kandungan gizinya, sedangkan ancaman utamanya adalah persaingan pasar dan bahan baku yang terbatas. Strategi pemasaran memanfaatkan media sosial dan promosi langsung, dengan target utama mahasiswa UPN “Veteran” Jawa Timur. Keunikan, strategi promosi yang sederhana namun efektif, dan respons positif dari pasar menunjukkan potensi yang besar untuk pengembangan produk ini. Lumerros Bite tidak hanya menjadi tugas akademis, namun juga menjadi peluang bisnis nyata berbasis inovasi dan kewirausahaan mahasiswa.
References
Adiaksa, A., & Abadi, S. (2022). Strategi pengembangan produk untuk meningkatkan pendapatan UMKM Sumber Waras Desa Tahunan Kecamatan Tegalombo Kabupaten Pacitan. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 45–56. DOI: https://doi.org/10.56997/investamajurnalekonomidanbisnis.v8i1.956
Ayuniski, S. D., Siddiq, D. M., Sunimah, & Syafriani. (2023). Perencanaan Sumber Daya Manusia, Perencanaan Bisnis dan Kinerja Perusahaan Jasa Konsultan. Media Edukasi Indonesia. https://repo.ugj.ac.id/file/dosen/344981797.pdf
Badan Pusat Statistik. (2024, December 23). Statistik Penyediaan Makanan dan Minuman 2023. Badan Pusat Statistik. Retrieved June 12, 2025, from https://www.bps.go.id/id/publication/2024/12/23/f2c7743c4712aaeaa4abf694/statistik-penyediaan-makanan-dan-minuman-2023.html
Benzaghta, M. A., Elwalda, A., & Mousa, M. M. (2021). SWOT analysis applications: An integrative literature review. Journal of Global Business Insights, 55–73. DOI: https://doi.org/10.5038/2640-6489.6.1.1148
Ephelia, G. R., & Puspitowati, I. (2022). Pengaruh fokus pelanggan, respon pelanggan, proaktif, inovasi dan pengambilan risiko terhadap kinerja UKM. Jurnal Manajerial dan Kewirausahaan, 712–720. DOI: https://doi.org/10.24912/jmk.v4i3.19765
Fadhillah, R., Indrayanto, D., & Jati, P. (2022). Analisis strategi pemasaran Bumdes Kartika Mandiri Desa Karangkemiri Kecamatan Pekuncen Kabupaten Banyumas. Rural Tourism and Creative Economy to Develop Sustainable Wellness.
Good, G. (2015). Perencanaan sumber daya manusia bisnis dan kinerja. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952.
Grace, M., Iskandar, A. S., Erlangga, H., Nurjaya, A., & Sunarsi, D. (2022). Strategi pemasaran: Konsep, teori, dan implementasi. Tangerang Selatan: Pascal Books.
Hartini, Wardhana, A., & Sudirman, A. (2022). Pengantar Bisnis (Konsep dan Strategi E Business). Media Sains Indonesia. https://www.researchgate.net/profile/HartiniHartini3/publication/372315446_DINAMIKA_PERSAINGAN_BISNIS_PERSPEKTIF_ETIKA_BISNIS/links/64af9a1d8de7ed28ba93debd/DINAMIKA-PERSAINGAN-BISNIS-PERSPEKTIF-ETIKA-BISNIS.pdf
Lorensa, E., & Hidayah, N. (2022). Pengaruh inovasi produk, orientasi pasar dan media sosial terhadap kinerja UMKM fashion. Jurnal Manajerial dan Kewirausahaan, 739–748. DOI: https://doi.org/10.24912/jmk.v4i3.19768
Manggu, B., & Beni, S. (2021). Analisis penerapan segmentasi, targeting, positioning (STP) dan promosi pemasaran sebagai solusi meningkatkan perkembangan UMKM Kota Bengkayang. 27–34. DOI: https://doi.org/10.46984/sebatik.v25i1.1146
Mashuri, S., Sarib, M., Rasak, A., & Alhabsyi, F. (2022). Semi-structured interview: A methodological reflection on the development of a qualitative research instrument in educational studies. IOSR Journal of Research & Method in Education (IOSR-JRME), 12(1), 22–29. https://doi.org/10.9790/7388-1201052229
Miftahudin. (2021). Pengertian Pengembangan. State Islamic University of Sultan Syarif Kasim Riau.
Mouwn, E. (2020). Metodologi penelitian kualitatif. Rake Sarasin.
Muhammad Hasan, T. K. H., Hasibuan, S., Thalhah, S. Z., Rakhman, C. U., Ratnaningsih, P. W., Inanna, ... &
Rahmat, A. (2023). Metode penelitian kualitatif.
Murdiyanto, E. (2020). Metode penelitian kualitatif (Sistematika penelitian kualitatif). Yogyakarta Press. http://www.academia.edu/download/35360663/METODE_PENELITIAN_KUALITAIF.docx
Mutiara, & Wibowo, I. (2020). Pengaruh kepercayaan, keamanan dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian. Jurnal Manajemen Bisnis Krisnadwipayana, 10–20. DOI: https://doi.org/10.35137/jmbk.v8i2.419
Ningsih, D. D., & Maika, M. R. (2020). Strategi bauran pemasaran 4P dalam menentukan sumber modal usaha syariah pedagang pasar di Sidoarjo. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 693–702. DOI: https://doi.org/10.29040/jiei.v6i3.1464
Rambe, D. N., & Aslami, N. (2021). Analisis strategi pemasaran dalam pasar global. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 213–223. DOI: https://doi.org/10.47467/elmujtama.v1i2.853
Sugiono. (2013). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Taufiq, M., Prihatni, R., & Gurendrawati, E. (2020). Pengaruh inovasi produk, kualitas produk dan penggunaan sistem akuntansi terhadap kinerja UMKM. Jurnal Akuntansi, Perpajakan dan Auditing, 204–220. DOI: https://doi.org/10.21009/japa.0102.05
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Zika Aisyantus Sophia, Nindia Murdiana, Frisca Mei Maghfiroh, Nabitha Widiya Berliana, Salza Ayu Ramadhana, Sonja Andarini, Indah Respati Kusumasari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.