Strategi Perencanaan dan Pengembangan Produk RISOLEGO: Risoles Bolognese sebagai Peluang Usaha UMKM

Authors

  • Jihan Alya Sabrina Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Navis Salma Fiyara Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Sonja Andarini Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Indah Respati Kusumasari Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.47134/jpem.v2i3.720

Keywords:

UMKM, Inovasi Produk, Risoles Bolognese, Strategi Pemasaran, SWOT

Abstract

UMKM memainkan peran penting dalam perekonomian Indonesia. Inovasi produk sangat penting untuk mempertahankan daya saing, terutama di sektor kuliner, yang menarik bagi populasi yang lebih muda. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pendekatan perencanaan dan pengembangan produk RISOLEGO untuk risoles baru dengan isian saus bolognese. Metode yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif, dengan data yang dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Temuan menunjukkan bahwa strategi RISOLEGO difokuskan pada filosofi nama yang mencerminkan kebahagiaan konsumen, desain logo yang menarik, dan penelitian resep yang menekankan pada makanan lokal dengan sentuhan internasional, serta menjangkau konsumen muda secara efektif dengan menggunakan metode pemasaran digital seperti media sosial dan platform online. Analisis SWOT mengungkapkan bahwa, meskipun RISOLEGO unggul dalam penciptaan produk dan branding, RISOLEGO menghadapi kendala dalam distribusi dan persaingan pasar. Studi ini menunjukkan bahwa menggabungkan teknik inovatif dengan pemasaran digital dapat meningkatkan daya saing produk UMKM di era modern.

References

Azizah, N., & Handayani, R. (2021). Analisis SWOT sebagai Strategi Pengembangan Produk UMKM Kuliner. Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis, 26(1), 10–19.

Budiarti, L., Mellinia, S. P., Fadhila, L. S., Su’daa, S. N., Zaen, M. R., & Noviyanti, S. E. (2024). Digital marketing sebagai strategi peningkatan penjualan produk UMKM di era digital. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 7(2), 435-453 DOI: https://doi.org/10.33474/jipemas.v7i2.21760

Clinton, Y. A., & Vanomy, A. E. (2023). Pengembangan Umkm Kuliner Di Kota Batam Melalui Transformasi Ke Platform Digital di Era Revolusi Industri 4.0. Fortunate Business Review, 3(1), 25-55.

Darmawan, I. (2025). Sinergi Teknologi Informasi Dan Kewirausahaan: Menyongsong Era Inovasi Yang Berkelanjutan Sebagai Strategi Untuk Penciptaan Nilai Tambah. Jurnal Bisnis Dan Manajemen (Jbm), 27-40. DOI: https://doi.org/10.23960/jbm.v21i1.3713

Farah, N. T., Amiwantoro, S., Nikmah, F., & Ikaningtyas, M. (2024). Implementasi Strategi Pemasaran Digital Dalam Pengembangan Bisnis Di Era Digitalisasi. Jurnal Media Akademik (JMA), 2(4).

Hendrayana, M., Atmaja, I. M. P. D., Trisdayanti, N. P. E., Rumadana, I. M., Pujawan, A. A. K. A., Martadjaya, I. G. M. I. D., ... & Winata, G. A. S. (2025). Pelatihan Inovasi Kuliner Berbasis Bahan Pangan Lokal: Membangun Produk Makanan Berkualitas dan Berdaya Saing di Desa Bubunan, Buleleng. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Makardhi, 5(1), 38-49.

Hilmiyah, N., Permana, E., Hatta, I. H., & Widyaningsih, M. (2022). Strategi Pengembangan Usaha Pelaku UMKM Kuliner Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Riset Bisnis, 5(2), 226-245. DOI: https://doi.org/10.35814/jrb.v5i2.3391

Kementerian Koperasi dan UKM RI. (2023). Laporan Tahunan Perkembangan UMKM Indonesia.

Khairi, U. A., Hasibuan, N., & Pratama, A. Z. R. (2024). Strategi Pemasaran dan Posisi Target Sebagai Kunci Keberhasilan Bisnis. Jurnal Masharif Al-Syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah, 9(1).

Memah, L. K., Samudra, S., & Adda, H. W. (2023). Analisis Strategi Pengembangan Usaha dan Pemasaran Produk Pada Usaha Narasa Potato. OPTIMAL Jurnal Ekonomi dan Manajemen, 3(2), 50-59. DOI: https://doi.org/10.55606/optimal.v3i2.1391

Putra, A. D., & Prasetyo, A. R. (2021). Strategi Pengembangan Produk UMKM di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan, 21(1), 34–41.

Putra, R. P. H. (2021). Analisis Perumusan Strategi Pengembangan Bisnis Kuliner pada UMKM Jiycake. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 9(2). DOI: https://doi.org/10.26905/j.bijak.v2i2.6624

Sari, L. P., & Prasetya, A. T. (2020). Strategi Pemasaran Digital UMKM Kuliner dalam Meningkatkan Daya Saing di Era Industri 4.0. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 8(2), 98–107.

Sukesi, K., & Kurniawati, R. (2020). Strategi Inovasi Produk UMKM di Era Digital untuk Meningkatkan Daya Saing. Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan, 20(2), 105-112.

Syahwildan, M., Setiawan, I., & Widiastuti, W. (2023). Pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dalam Produksi Risol sebagai Bentuk Pengabdian Masyarakat. Lentera Pengabdian, 2(1). DOI: https://doi.org/10.59422/lp.v2i01.264

Widowati, I., Riany, D. A., Andrianto, F., & Suhartini, S. (2022). Analisis swot untuk pengembangan bisnis kuliner (Studi kasus pada UMKM papat sodara food Purwakarta). Jurnal Teknologika, 12(1), 146-156.

Downloads

Published

2025-06-14

How to Cite

Sabrina, J. A., Fiyara, N. S., Andarini, S., & Kusumasari, I. R. (2025). Strategi Perencanaan dan Pengembangan Produk RISOLEGO: Risoles Bolognese sebagai Peluang Usaha UMKM. Jurnal Pemberdayaan Ekonomi Dan Masyarakat, 2(3), 11. https://doi.org/10.47134/jpem.v2i3.720

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)