Penggunaan Diffusion of Innovation Thoery untuk Pengembangan Bisnis dengan Memanfaatkan Platform Media Sosial Instagram: O’Kimbab

Authors

  • Galang Falah Akbar Administrasi Bisnis, Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Sonja Andarini Administrasi Bisnis, Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Indah Respati Kusumasari Administrasi Bisnis, Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.47134/jpem.v2i3.736

Keywords:

Inovasi, Diffusion of Innovation, O’Kimbab, Industri Kreatif, Media Sosial, Pre-Order

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi inovatif yang diterapkan oleh O’Kimbab, sebuah usaha kuliner kreatif yang mengadopsi nilai-nilai gaya hidup sehat dan budaya Korea dalam bentuk makanan praktis berbasis kimbab. Menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dan teori Diffusion of Innovation oleh Rogers, studi ini mengkaji bagaimana O’Kimbab merancang produk, menerapkan sistem pre-order, serta memanfaatkan media sosial sebagai alat promosi untuk menjangkau konsumen muda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa O’Kimbab memenuhi lima karakteristik utama dalam adopsi inovasi, yaitu keunggulan relatif, kesesuaian, kompleksitas rendah, dapat dicoba, dan dapat diamati. Strategi produksi pre-order terbukti efektif dalam meningkatkan efisiensi dan kualitas, sementara pendekatan pemasaran digital mampu membangun kedekatan emosional dengan konsumen. Meskipun menghadapi tantangan seperti keterbatasan kapasitas produksi dan distribusi, solusi seperti perekrutan tenaga bantu, kerja sama dengan micro-influencer, serta ekspansi layanan distribusi diusulkan untuk memperkuat daya saing. Temuan ini menunjukkan bahwa O’Kimbab memiliki potensi besar untuk berkembang sebagai pelaku usaha kuliner berbasis inovasi dalam ekosistem industri kreatif digital.

References

Alka’awneh, S. M., Abdul-Halim, H., & Md. Saad, N. H. (2025). A review of Diffusion of Innovations Theory (DOI) and Technology, Organization, and Environment Framework (TOE) in the adoption of artificial intelligence. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 2119-2129.

Budiarti, A. (2025). Strategi pemasaran berbasis media sosial dalam meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap influencer UMKM Batik Ngejreng di Kota Surabaya. Jurnal Ekonomi dan Bisnis STIE BII Bekasi, 161–168. DOI: https://doi.org/10.56145/ekobis.v5i1.307

Dayar, M. B. (2022). Strategi digital marketing UMKM dalam menghadapi perkembangan teknologi komunikasi digital. International Journal of Cyber and Strategic Learning (IJCSL), 455–466.

Dewi, D. A. (2022). Strategi pemasaran digital dalam meningkatkan keputusan pembelian di era digitalisasi. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati, 179–195.

Frei-Landau, R. M.-R.-U. (2022). Using Rogers’ diffusion of innovation theory to conceptualize the mobile-learning adoption process in teacher education in the COVID-19 era. Education and Information Technologies, 12811–12838. DOI: https://doi.org/10.1007/s10639-022-11148-8

Gustian, F. (20222). Pengaruh kualitas produk, kualitas layanan, dan reputasi merek terhadap loyalitas pelanggan dengan kepuasan pelanggan sebagai variabel intervening (Studi empiris pada restoran cepat saji KFC di Kota Palembang). K&K Jurnal Manajemen, 159–174.

Hilmi, M. F., & Tawakal, H. A. (2021). Perancangan dan pengembangan sistem pembelian pre-order berbasis website untuk transaksi jual beli produk cabai. Jurnal Informatika Terpadu, 108–117. DOI: https://doi.org/10.54914/jit.v7i2.382

Nurchayati, Riyadi, B., & Yunita, L. E. (2024). Building sustainability strategies in the creative culinary industry sector to enhance tourist destination attraction in Semarang Regency. Jurnal Aplikasi Bisnis dan Manajemen, 727–737. DOI: https://doi.org/10.17358/jabm.10.3.727

Oktaviar, C., Arief, H., & Saratian, E. T. (2024). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kepercayaan, dan Kenyamanan terhadap Keputusan Menggunakan QRIS sebagai Alat Pembayaran Digital. Management Studies and Entrepreneurship Journal, 6791-6796.

Ortiz-Ospino, L., González-Sarmiento, E., & Roa-Perez, J. (2025). Technology trends in the creative and cultural industries sector: A systematic literature review. Journal of Innovation and Entrepreneurship, 1-29. DOI: https://doi.org/10.1186/s13731-025-00497-6

Putra, A. R. (2022). Creative economy development efforts in culinary business. Journal of Social Science Studies, 21–26. DOI: https://doi.org/10.56348/jos3.v2i1.17

Rahayuningtyas, Y. E., Nurati, D. E., & Siswanta. (2021). Penggunaan Instagram Sebagai Referensi Kuliner (Studi Deskriptif Kualitatif Mahasiswa Ilmu Komunikasi UNISRI angkatan 2015). Solidaritas: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 45–56.

Rahmawati, R., & Lestari, Y. N. (2023). KORELASI STATUS GIZI DAN TINGKAT ASUPAN MAKAN DENGAN TINGKAT PRODUKTIVITAS PADA PEKERJA BAGIAN PRODUKSI DI PT. X SEMARANG . JAMBURA JOURNAL OF HEALTH SCIENCE AND RESEARCH, 917–928. DOI: https://doi.org/10.35971/jjhsr.v5i3.20735

Ribek, P. K. (2024). Pengembangan digital marketing dalam meningkatkan penjualan produk makanan hewan di Segaoon Petshop Ubud. Jurnal Dharma Jnana, 132–140.

Suartini, & Firmanto, Z. A. (2024). Mewujudkan Perseroan Perseorangan bagi Usaha Mikro dan Kecil Menurut PP No. 8 Tahun 2021 tentang Modal Dasar Perseroan serta Pendaftaran Pendirian, Perubahan, dan Pembubaran Perseroan. Jurnal Ilmiah Hukum dan Hak Publik, 588–598. DOI: https://doi.org/10.38035/jihhp.v5i1.3149

Downloads

Published

2025-06-19

How to Cite

Akbar, G. F., Andarini, S., & Kusumasari, I. R. (2025). Penggunaan Diffusion of Innovation Thoery untuk Pengembangan Bisnis dengan Memanfaatkan Platform Media Sosial Instagram: O’Kimbab. Jurnal Pemberdayaan Ekonomi Dan Masyarakat, 2(3), 9. https://doi.org/10.47134/jpem.v2i3.736

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>