Pengaruh Persepsi Harga, Promosi Penjualan, Citra Merek, dan Keragaman Produk Terhadap Minat Beli Produk Lokal Aerostreet
DOI:
https://doi.org/10.47134/jpem.v2i3.790Keywords:
Minat Beli, Fesyen, Produk Lokal, Aerostreet, SmartPLS 4.0Abstract
Penelitian ini berdasarkan saran dari penelitian terdahulu oleh (Wahyudianto, 2020) mengenai persepsi harga dan promosi penjualan terhadap minat beli yaitu untuk menambahkan variabel independen yang belum digunakan, maka peneliti menambahkan variabel citra merek dan keragaman produk. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh persepsi harga, promosi penjualan, citra merek, dan keragaman produk terhadap minat beli produk lokal Aerostreet di kota Purwokerto. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi penelitian yaitu masyarakat yang bertempat tinggal di kota Purwokerto dan mengetahui merek Aerostreet yang tidak diketahui jumlahnya. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah non-probability sampling dengan teknik accidental sampling. Sampel yang digunakan berjumlah 100 orang, dan teknik analisis data menggunakan regresi linear berganda dengan bantuan SmartPLS 4.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel persepsi harga, promosi penjualan, dan citra merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli, sedangkan variabel keragaman produk berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap minat beli. Implikasi yang diberikan kepada pihak Aerostreet adalah untuk melakukan penyesuaian harga dengan membuat produk yang lebih terjangkau, meningkatkan frekuensi promosi, menggunakan logo yang lebih menonjol, meningkatkan variasi ukuran produk, mengembangkan sistem ukuran yang lebih akurat, dan meningkatkan komunikasi tentang ukuran kepada calon pelanggan.
References
Abidin, Z. (2020). Fresh frozen fish consumer behavior: Effect of the mix and trust marketing on buying interest, purchase decision and customer satisfaction in E-commerce, silly fish Indonesia. Iop Conference Series Earth and Environmental Science, 493(1), ISSN 1755-1307, https://doi.org/10.1088/1755-1315/493/1/012041
Andarningtyas, N. (2020). Kominfo Luncurkan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia. https://www.antaranews.com/Berita/1614950/Kominfo-Luncurkan-Kampanye-Gerakan-Nasional-Bangga-Buatan-Indonesia#google_vignette.
Foeh, J.E. (2022). Factors that Influence Purchase on Cinema Online Tickets Using Tix-Id Application, through Buying Interest. Wseas Transactions on Environment and Development, 18, 10-19, ISSN 1790-5079, https://doi.org/10.37394/232015.2022.18.2
Hardianti, N., Welsa, H., & Ningrum, N. K. (2023). Pengaruh Keragaman Produk Citra Merek dan Kepercayaan Konsumen terhadap Keputusan Pembelian dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening di Marketplace Shopee. J-MAS (Jurnal Manajemen Dan Sains), 8(2), 1777–1781.
Ilyas, G.B. (2023). Moderation Effect Of Interest In Purchase Of Non-Subsidy Fertilizer. International Journal of Professional Business Review, 8(4), ISSN 2525-3654, https://doi.org/10.26668/businessreview/2023.v8i4.1366
Indrasari, M. (2019). Pemasaran & Kepuasan Pelanggan. Unitomo Press.
Isnain, A.R. (2021). Analysis of the Effect of Promotion an Technology Acceptance Model on Purchase Interest in Tokopedia. 2021 International Conference on Computer Science Information Technology and Electrical Engineering Icomitee 2021, 141-147, https://doi.org/10.1109/ICOMITEE53461.2021.9650296
Khofia, I., Dirgantari, P. D., & Munawar, M. (2024). Promosi dan Brand Image Serta Dampaknya Terhadap Minat Beli Fashion di Situs E-Commerce Tokopedia. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 13(3), 345–356.
Mamun, A. Al (2023). Modelling the significance of celebrity endorsement and consumer interest on attitude, purchase intention, and willingness to pay a premium price for green skincare products. Heliyon, 9(6), ISSN 2405-8440, https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2023.e16765
Park, S.H. (2022). Improvement in Willingness to Purchase Taurine-Containing Jelly Needs High Degrees of Interest and Preference: Focused on Korean College Students. Advances in Experimental Medicine and Biology, 1370, 415-424, ISSN 0065-2598, https://doi.org/10.1007/978-3-030-93337-1_39
Priansa, D. J. (2017). Perilaku Konsumen Dalam Persaingan Bisnis Kontemporer. Alfabeta.
Rangkuti, F. (2015). Riset Pemasaran. In Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama. Gramedia Pustaka Utama.
Setiabudhi, H., Suwono, Setiawan, Y. A., & Karim, S. (2025). Analisis Data Kuantitatif Dengan SmartPLS 4. Borneo Novelty Publishing.
Sihombing, P. R., & Arsani, A. M. (2022). Aplikasi SmartPLS Untuk Statistisi Pemula. PT Dewangga Energi Internasional.
Suganda, U.K. (2021). “The Effect of Promotion and Perception of the Quality of Advan Smartphone Products on Purchase Interest in the Dukomsel Store Bandung”. Review of International Geographical Education Online, 11(6), 778-783, ISSN 2146-0353, https://doi.org/10.48047/rigeo.11.06.95
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif. Alfabeta.
Supriyatna, I. (2023). Aerostreet dan Erigo Tembus Rekor Penjualan Lewat Tiktok Saat 12.12. Https://Www.Suara.Com/Bisnis/2023/12/25/164028/Aerostreet-Dan-Erigo-Tembus-Rekor-Penjualan-Lewat-Tiktok-Saat-1212.
Wahyudianto, M. Z. (2020). Pengaruh Persepsi Harga dan Promosi Penjualan Terhadap Minat Beli Butuhbaju.com. PERFORMA: Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis, 5(4), 311–319.
Yuniar, P. (2024). Consumer Perceptions Regarding the Marketing Mix on the Purchase Decision Palm Cooking Oil Products: Mediated by Purchase Interest. Journal of Global Innovations in Agricultural Sciences, 12(4), 1231-1241, ISSN 2788-4538, https://doi.org/10.22194/JGIAS/24.1430
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.