Strategi Public Relation Pt. Pos Indonesia (Persero) Dalam Mempertahankan Eksistensinya (Studi Pt. Pos Jalan Merdeka Palembang)

Authors

  • Ira Nurmaniar Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Achmad Syarifudin Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Muhammad Randicha Hamandia Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang

DOI:

https://doi.org/10.47134/jpem.v1i3.451

Keywords:

Strategi, Humas, Eksistensi, PT Pos Indonesia

Abstract

Public relations atau humas memegang peranan penting dalam sebuah Perusahaan, yaitu membangun hubungan dengan Lembaga atau Perusahaan dengan public atau pihak-pihak yang berkepentingan yang ada didalamnya. Tujuan dari penelitian ini untuk menciptakan hubungan baik dari Perusahaan kepada Masyarakat, serta mempertahankan Perusahaan agar tetap terus eksis. Berdirinya PT. Pos Indonesia ditengah-tengah persaingan dengan Perusahaan swasta menjadi hal terberat yang dialami oleh pihak Pos Indonesia. Perubahan kondisi tersebut menimbulkan kendala pada masyarakat yang belum mengetahui produk-produk terbaru yang ada di Pos Indonesia yang lebih unggul dari Perusahaan swasta. Oleh karena itu, dibutuhkan strategi public relation sebagai fasilitator komunikasi dan pemecah masalah, untuk membangun citra yang telah dimiliki sebelumnya oleh PT. Pos Indonesia (Persero). Teori yang digunakan pada penelitian ini yaitu strategi public relation menurut Ronald D.Smith, menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif yang menggambarkan objek penelitian sesuai kenyataan. Penelitian ini menggunakan Teknik pengumpulan data dengan melakukan wawancara, dokumentasi dan studi Pustaka yang kemudian dimasukan kedalam Teknik analisis data deskriptif yang memberikan gambaran umum tentang data yang diperoleh. PT. Pos Indonesia menggunakan berbagai macam strategi untuk mempertahakan eksistensinya. Hasil penelitian yang penulis temukan menunjukan bahwa strategi public relation  PT. Pos Indonesia (Persero) dalam mempertahankan eksistensinya yaitu menggunakan Strategi komunikasi secara langsung seperti meningkatkan pelayanan dengan menjalankan salah satu SOP (Standar Operasional Prosedur) yaitu 3S (Senyum, Sapa, Salam), membangun good relationship dengan para stakeholder, promosi dan sosialisasi. Peran public relation PT. Pos Indonesia dalam Perusahaan yaitu sebagai communicator, fasilitator dan Stabilisator Perusahaan.

References

Andipate, Anwar Arifin, PARADIGMA BARU PUBLIC RELATIONS TEORI, STRATEGI, DAN RISET, 1 ed. (Depok: Rajawali Pers, 2020).

Anggraini, Citra, dan Yugih Setyanto, “Peranan Public Relations Dalam Mempertahankan Eksistensi Ramayana,” Jurnal Prologia, Vol. 3 No.2 (2019). DOI: https://doi.org/10.24912/pr.v3i2.6373

Arum, Faiza., Firda. Sabila J, dan Dkk, ARUS METAMORFOSA MILENIAL (Kendal: Penerbit Ernest, 2018).

Bahri, Samsul, “URGENSI PUBLIC RELATION DALAM PELAKSANAAN DAKWAH,” Jurnal Al-Ashlah, Vol. 3 No.1 (2019).

Bramantya, Arsya Elan, dan Fuady, “Strategi Public Relations PT. Pos Indonesia (Persero) dalam Mempertahankan Reputasi di Era Digital,” Jurnal Bandung Conference Series: Public Relations, Vol. 3 No.1 (2023). DOI: https://doi.org/10.29313/bcspr.v3i1.7134

Febrianti, Vera, dan Femi Oktaviani, “Community Relation Dalam Menjaga Citra Positif Radio,” Jurnal Mutakallimin : Jurnal Ilmu Komunikasi, Vol. 3 No.2 (2020). DOI: https://doi.org/10.31602/jm.v3i2.3688

Hutapea, Susanna, dan Besti Rohana Simbolon, “Strategi Komunikasi Pemasaran Dalam Menarik Minat Pemasang Iklan Radio Kiss Fm Medan Pada Masa Pandemi Covid 19,” Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, Vol. 6 No.2 (2021).

Ishak, Arin Aurizal, Faruq A H Lamusa, dan Harnida Wahyuni Adda, “Pengembangan Teknik Pemasaran Dan Inovasi Untuk Meningkatkan Kualitas Pelayanan Kedai Vespa Palu,” Jurnal Mutiara Ilmu Akuntansi (JUMIA), Vol. 1 No.2 (2023). DOI: https://doi.org/10.55606/jumia.v1i2.1234

Ishaq, Ropingi El, Public Relations Teori & praktik (Malang: Intrans Publishing, 2017).

Ismaulidina, Effiati Juliana Hasibuan, dan Taufik Wal Hidayat, “Strategi Komunikasi Public Relation Dalam Membangun Citra Dan Kepercayaan Calon Jemaah Haji dan Umroh The Role of the Social Service in Dealing with the Problem of Social Violence Against Children in North Sumatra Province Ismaulidina*,” Jurnal Ilmu Pemerintahan, Administrasi Publik dan Ilmu Komunikasi (JIPIKOM), Vol. 2 No.1 (2020). DOI: https://doi.org/10.31289/jipikom.v2i1.175

Lestari, Sri, 14 JAM BELAJAR PUBLIC RELATION, Cara Jitu Membangun dan Mengelola Hubungan Bonafide dengan Khalayak (Yogyakarta: Penerbit Quadrant, 2021).

Maulyan, Feti Fatimah, Devi Yuniati Drajat, Ria Yuli Angliawati, dan Dwi Sandini, “Pengaruh Service Excellent Terhadap Citra Perusahaan Dan Loyalitas Pelanggan: Theoretical Review,” Jurnal Sains Manajemen, Vol. 4 No.1 (2022). DOI: https://doi.org/10.51977/jsm.v4i1.660

Makna logo PT. Pos Indonesia, diakses dari https://www.posindonesia.co.id/id , pada tanggal 11 desember 2023, pukul 04.00.

Mizanie Dina, dan Irwansyah, “Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Strategi Kehumasan Digital Di Era Revolusi Industri 4.0,” Jurnal Komunikasi, Vol. 13 No.2 (2019). DOI: https://doi.org/10.21107/komunikasi.v13i2.5099

Mujianto, Haryadi, “Pengaruh Strategi Public Relations Terhadap Citra Perusahaan,” Jurnal Komunikasi Hasil Pemikiran dan Penelitian, Vol. 4 No.1 (2018).

Muhamad Iman Taufiq (NIPPOS: 995491574), Penjualan Ritel. Wawancara pada hari Rabu, tanggal 22 November 2023, pukul 13.00. Pelembang, Sumatera Selatan.

Musliichah, “Strategic Communication dalam Mempertahankan Eksistensi Arsip UGM sebagai Pilot Project Lembaga Kearsipan Perguruan Tinggi di Indonesia,” Diplomatika: Jurnal Kearsipan Terapan, Vol. 1 No.2 (2018). DOI: https://doi.org/10.22146/diplomatika.35202

Nisa, Dilandra Karimatun, dan Tomi Hendra, “Strategi Komunikasi Staff Humas Perumda PSM Dalam Mempertahankan Eksistensi Pantai Air Manis Kota Padang,” Jurnal Dakwah dan Sosial Humaniora, Vol. 4 No.1 (2023). DOI: https://doi.org/10.59059/tabsyir.v4i1.72

Pangesti, Lyza Audina, “Strategi Komunikasi Divisi Public Relations Pln Distribusi Jawa Barat Dalam Sosialisasi Subsidi Listrik Tepat Sasaran,” Jurnal Komunikasi, Vol. 12 No.1 (2018). DOI: https://doi.org/10.21107/ilkom.v12i1.3713

Pasaribu, Mukka, dan Haviansha Siregar, “Strategi Komunikasi PT Ertri Indonesian dalam Menjaga Eksistensi sebagai Digital Agency,” Jurnal Pustaka Komunikasi, Vol. 2 No.1 (2019).

Pura, I Putu Wisnu Dharma, dan I Nyoman Budiana, “Kebebasan Penetapan Modal Dasar Perseroan Terbatas Oleh Para Pihak Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 29 Tahun 2016,” Jurnal Analisis Hukum, Vol. 1 No.1 (2018). DOI: https://doi.org/10.38043/jah.v1i1.238

Rahayu, Tresna Yumiana, dan Kartini Rosmalah Dewi Katili, “Strategi Program Radio Dalam Mempertahankan Eksistensinya,” Makna (Jurnal Kajian Komunikasi, Bahasa, dan Budaya), Vol. 4 No.1 (2019). DOI: https://doi.org/10.33558/makna.v4i1.1677

Ramadhan, Alvian Jelang, “Peran Humas Xl Axiata Melalui Aplikasi Mobile Laut Nusantara Dalam Membangun Citra Perusahaan Bagi Nelayan,” Jurnal Komunikasi, Vol. 15 No.1 (2021). DOI: https://doi.org/10.21107/ilkom.v15i1.8807

Ria Sita Ariska (NIPPOS: 992482690), Sekretaris EGM (Executive General Manager). Wawancara pada hari Rabu, tanggal 22 November 2023, Pukul 15.00. Palembang, Sumatera Selatan.

Sari, Meita sekar, dan Zefri Muhammad, “Pengaruh Akuntabilitas, Pengetahuan, dan Pengalaman Pegawai Negeri Sipil Beserta Kelompok Masyarakat (Pokmas) Terhadap Kualitas Pengelolaan Dana Kelurahan Di Lingkungan Kecamatan Langkapura,” Jurnal Ekonomi, Vol. 21 No.3 (2019).

Sejarah PT. Pos Indonesia, diakses dari https://www.posindonesia.co.id/id , pada tanggal 11 september 2023, pukul 11.13.

Sejarah PT. Tiki Jalur Nugraha Ekakurir (JNE), diakses dari https://www.jne.co.id/, pada tanggal 06 Oktober 2023, pukul 02.56.

Sejarah PT Global Jet Express (J&T), diakses dari https://www.jet.co.id/, pada tanggal 06 Oktober 2023, pukul 12.04.

Sejarah PT Citra Van Titipan Kilat (TIKI), diakses dari https://www.tiki.id/, pada tanggal 06 Oktober 2023, pukul 12.15.

Smith, Ronald D, Strategic planning for public relations: sixth edition, 6 ed. (New York: Routledge, 2021).

Sugiyono, METODE PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN (Research and development/ R&D), ed. oleh yustiyani sofia Suryandari (bandung: penerbit alfabeta, 2022).

Sumber File PT. Pos Indonesia, cabang Kantor Pos Palembang, Provinsi Sumatera Selatan, Jalan Merdeka No.3 19 Ilir Kecamatan Bukit Kecil, 19 Ilir, Ilir Barat I, Palembang City, South Sumatra 30132

Struktur Organisasi PT. Pos Indonesia, diakses dari https://www.posindonesia.co.id/id , pada tanggal 12 desember 2023, pukul 14.45

Syakur, Abd, dan Redi Panuju, “Peran Strategis Public Relation dalam Pengembangan Reputasi Pendidikan Tinggi: Studi Kasus Promosi di Akademi Farmasi Surabaya,” Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual, Vol. 5 No.1 (2020). DOI: https://doi.org/10.28926/briliant.v5i1.439

Visi dan misi PT. Pos Indonesia, diakses dari https://www.posindonesia.co.id/id , pada tanggal 11 desember 2023, pukul 04.00

Waruwu, Marinu, “Pendekatan Penelitian Pendidikan: Metode Penelitian Kualitatif, Metode Penelitian Kuantitatif dan Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Method),” Jurnal Pendidikan Tambusai, Vol. 7 No.1 (2023).

Widowati, Dewi, “Peran Corporate Communication PT Krakatau Steel dalam Mengatasi Krisis,” Communicare : Journal of Communication Studies, Vol. 6 No.2 (2020). DOI: https://doi.org/10.37535/101006220196

Wiryawan, Adyatma Maulana, dan Razie Razak, “Analisis Strategi Public Relations Dalam Mempertahankan Citra Pt Pos Indonesia (persero),” e-proceeding of management, Vol. 8 No.5 (2021).

Yesa Putri Kusuma (NIPPOS: 991406801), Penjualan Ritel. Wawancara pada hari Rabu, tanggal 22 November 2023, Pukul 14.00. Palembang, Sumatera Selatan.

Downloads

Published

2024-08-28

How to Cite

Nurmaniar, I., Syarifudin, A., & Hamandia, M. R. (2024). Strategi Public Relation Pt. Pos Indonesia (Persero) Dalam Mempertahankan Eksistensinya (Studi Pt. Pos Jalan Merdeka Palembang). Jurnal Pemberdayaan Ekonomi Dan Masyarakat, 1(3). https://doi.org/10.47134/jpem.v1i3.451

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.