Analisis Strategi dalam Perencanaan dan Pengembangan Bisnis Gelang - Embities di Wilayah Surabaya
DOI:
https://doi.org/10.47134/jpem.v2i3.712Keywords:
Perencanaan Bisnis, Pengembangan Bisnis, Tipe Kepribadian MBTI, GelangAbstract
Artikel ini membahas tentang inovasi gelang EMBITIES, sebuah produk aksesoris fashion berupa gelang manik-manik yang dirangkai berdasarkan karakter MBTI. Penelitian ini menggunakan metodologi deskriptif kualitatif dengan mengumpulkan data melalui wawancara online, observasi tren media sosial, dan dokumentasi dari berbagai sumber yang relevan. EMBITIES merupakan produk aksesoris inovatif yang menggunakan warna dan simbol untuk mewakili kombinasi kepribadian MBTI penggunanya. Hal ini membuat produk ini menjadi aksesoris yang menarik secara visual dan bermakna yang bisa digunakan untuk mengekspresikan diri. Dengan strategi pemasaran digital, proses produksi handmade, serta analisis SWOT yang mendalam, bisnis EMBITIES dinilai memiliki potensi besar dalam menjangkau pasar generasi muda yang sedang mengembangkan identitas diri.
References
Andarini, S., Kusumasari, I. R., Fajar, M. A., Panggabean, E. K. N., & Rahim, M. A. (2024). Hubungan Antara Lingkungan Bisnis Dengan Rencana Pengembangan Bisnis. Economics And Business Management Journal (EBMJ), 3(01), 124-133.
Damayanti, A., Delima, I. D., & Suseno, A. (2023). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Informasi dan Publikasi (Studi Deskriptif Kualitatif pada Akun Instagram@ rumahkimkotatangerang). Jurnal PIKMA: Publikasi Ilmu Komunikasi Media Dan Cinema, 6(1), 173-190. DOI: https://doi.org/10.24076/pikma.v6i1.1308
Duratulhikmah, S. N., & Wijaya, F. (2024). Strategi Pengembangan Bisnis Pada Bidang Usaha Putu Bagja Catering Menggunakan Analisis SWOT dan QSPM. JEMSI (Jurnal Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi), 10(1), 629-637 DOI: https://doi.org/10.35870/jemsi.v10i1.2048
Faizatul, Z., & Mashudi, M. (2023). PEMASARAN DIGITAL PENGEMBANGAN USAHA HANDMADE AKSESORIS “SARACA”. Jurnal Industri Kreatif Dan Kewirausahaan, 6(2), 157-166. DOI: https://doi.org/10.36441/kewirausahaan.v6i2.1619
Fortega, G. F. D. (2022). Perencanaan Strategis Sumber Daya Manusia Pada Industri Perbankan. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 2(2), 65-70. DOI: https://doi.org/10.56145/ekonomibisnis.v2i2.43
Jannah, M., Faizah, A. N., Indraputri, A. J., Puspita, V. E., Hidayat, R., & Ikaningtyas, M. (2024). Pentingnya Analisis Swot dalam Suatu Perencanaan dan Pengembangan Bisnis. IJESPG (International Journal of Engineering, Economic, Social Politic and Government), 2(2), 9-17.
Khumaira, M. A. A., Ramadanti, A. O., Damayanti, D. P., Rahmadani, O. P., Hidayat, R., & Ikaningtyas, M. (2024). Strategi Dalam Perencanaan Dan Pengembangan Bisnis. CEMERLANG: Jurnal Manajemen dan Ekonomi Bisnis, 4(2), 277-287. DOI: https://doi.org/10.55606/cemerlang.v4i2.2830
Nursiska, L., Annastasia, M., Andriani, PR, Rachmawati, S., Munira, T., & Suwandi, S. (2019). Rencana Bisnis Aksesoris Palm's Craft. Jurnal Kewirausahaan, Manajemen dan Industri (JEMI) , 1 (4), 199-203.
Pasca, A. N., Ritonga, M. I. P., Akmal, M. A. Z., & Ikaningtyas, M. (2024). Artikel Tentang Perencanaan dan Pengembangan Bisnis. ManBiz: Journal of Management and Business, 3(1), 165-174. DOI: https://doi.org/10.47467/manbiz.v3i1.6462
R. J. Rumimpunu, V. P. K. Lengkong, and J. L. Sepang, “penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh profesionalisme, kompetensi dan disiplin kerja terhadap kinerja pegawai di Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Provinsi Sulut.,” Pengaruh Prof. 3358 J. EMBA, vol. 6, no. 4, pp. 3358–3367, 2018.
Sagala, P. M., Tarigan, K. M. B., Andarini, S., & Kusumasari, I. R. (2024). Analisis pentingnya perencanaan dan pengembangan bisnis dalam meningkatkan kinerja perusahaan. Karya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 150-159.
Soelaiman, L., & Liusca, C. (2022). Penyusunan rencana bisnis sebagai langkah pengembangan usaha coffee shop. Madani: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 8(2). DOI: https://doi.org/10.53834/mdn.v8i2.4883
Sofiah, M., Ramadhani, S., & Rahmani, N. A. B. (2023). Analisis pengaruh bauran pemasaran 4p (product, price, promotion, and place) terhadap keputusan pembelian pada usaha mikro kecil menengah (umkm). Jurnal Riset Ekonomi Dan Bisnis, 16(2), 122-141. DOI: https://doi.org/10.26623/jreb.v16i2.7288
Wiratama, N. A., Fatimah, I. D., & Widiyati, E. (2022). Meningkatkan Keterampilan Menulis Deskripsi Melalui Pendekatan Kontekstual pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 3428-3434. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2527
Yulianti, Y., & Julito, K. A. (2024). Analisis Perencanaan Dan Pengendalian Strategi Bisnis Yang Berdampak Pada Penjualan Pt. Indofood Sukses Makmur Tbk. Jurnal Akuntansi Manajerial (Managerial Accounting Journal), 9(1), 29-34.
Zubaidah, Z., Hatija, E. R., Husna, N., & Sariyati, S. (2024). Peran Tes kepribadian MBTI dalam Proses Konseling: Meningkatkan Pemahaman dan Pengembangan Diri individu. Menara Ilmu: Jurnal Penelitian dan Kajian Ilmiah, 18(1). DOI: https://doi.org/10.31869/mi.v18i1.5430
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Eva Lupitasari, Rizky Alfiah, Sonja Andarini, Indah Respati Kusumasari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.