Perencanaan dan Pengembangan Bisnis Portofolio “Lumerros Bite”

Authors

  • Zika Aisyantus Sophia Administrasi Bisnis, Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Nindia Murdiana Administrasi Bisnis, Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Frisca Mei Maghfiroh Administrasi Bisnis, Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Nabitha Widiya Berliana Administrasi Bisnis, Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Salza Ayu Ramadhana Administrasi Bisnis, Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Sonja Andarini Administrasi Bisnis, Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Indah Respati Kusumasari Administrasi Bisnis, Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.47134/jpem.v2i3.725

Keywords:

Inovasi Produk, Perencanaan Bisnis, Churros, Lumerros Bite, Makanan Ringan, Ubi Jalar, Strategi Pemasaran, SWOT

Abstract

Industri makanan ringan di Indonesia terus mengalami pertumbuhan yang signifikan, terutama dalam hal inovasi produk yang menjawab kebutuhan konsumen akan makanan ringan yang praktis dan sehat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses perencanaan dan pengembangan produk inovatif bernama Lumerros Bite, sebuah varian churros dengan penyajian baru yang lebih praktis dan modern. Berbeda dengan churros pada umumnya, produk ini hadir dalam bentuk ukuran sekali gigit yang sudah diisi dengan saus di dalamnya, sehingga lebih higienis dan mudah dikonsumsi. Inovasi utama terletak pada penggunaan ubi jalar sebagai bahan dasar untuk varian rasa manis, serta kombinasi telur dan mayones untuk varian rasa gurih, yang menjadikan Lumerros Bite sebagai camilan fungsional yang bernilai gizi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi visual. Analisis SWOT menunjukkan bahwa kekuatan utama produk terletak pada bentuknya yang unik dan kandungan gizinya, sedangkan ancaman utamanya adalah persaingan pasar dan bahan baku yang terbatas. Strategi pemasaran memanfaatkan media sosial dan promosi langsung, dengan target utama mahasiswa UPN “Veteran” Jawa Timur. Keunikan, strategi promosi yang sederhana namun efektif, dan respons positif dari pasar menunjukkan potensi yang besar untuk pengembangan produk ini. Lumerros Bite tidak hanya menjadi tugas akademis, namun juga menjadi peluang bisnis nyata berbasis inovasi dan kewirausahaan mahasiswa.

References

Adiaksa, A., & Abadi, S. (2022). Strategi pengembangan produk untuk meningkatkan pendapatan UMKM Sumber Waras Desa Tahunan Kecamatan Tegalombo Kabupaten Pacitan. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 45–56. DOI: https://doi.org/10.56997/investamajurnalekonomidanbisnis.v8i1.956

Ayuniski, S. D., Siddiq, D. M., Sunimah, & Syafriani. (2023). Perencanaan Sumber Daya Manusia, Perencanaan Bisnis dan Kinerja Perusahaan Jasa Konsultan. Media Edukasi Indonesia. https://repo.ugj.ac.id/file/dosen/344981797.pdf

Badan Pusat Statistik. (2024, December 23). Statistik Penyediaan Makanan dan Minuman 2023. Badan Pusat Statistik. Retrieved June 12, 2025, from https://www.bps.go.id/id/publication/2024/12/23/f2c7743c4712aaeaa4abf694/statistik-penyediaan-makanan-dan-minuman-2023.html

Benzaghta, M. A., Elwalda, A., & Mousa, M. M. (2021). SWOT analysis applications: An integrative literature review. Journal of Global Business Insights, 55–73. DOI: https://doi.org/10.5038/2640-6489.6.1.1148

Ephelia, G. R., & Puspitowati, I. (2022). Pengaruh fokus pelanggan, respon pelanggan, proaktif, inovasi dan pengambilan risiko terhadap kinerja UKM. Jurnal Manajerial dan Kewirausahaan, 712–720. DOI: https://doi.org/10.24912/jmk.v4i3.19765

Fadhillah, R., Indrayanto, D., & Jati, P. (2022). Analisis strategi pemasaran Bumdes Kartika Mandiri Desa Karangkemiri Kecamatan Pekuncen Kabupaten Banyumas. Rural Tourism and Creative Economy to Develop Sustainable Wellness.

Good, G. (2015). Perencanaan sumber daya manusia bisnis dan kinerja. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952.

Grace, M., Iskandar, A. S., Erlangga, H., Nurjaya, A., & Sunarsi, D. (2022). Strategi pemasaran: Konsep, teori, dan implementasi. Tangerang Selatan: Pascal Books.

Hartini, Wardhana, A., & Sudirman, A. (2022). Pengantar Bisnis (Konsep dan Strategi E Business). Media Sains Indonesia. https://www.researchgate.net/profile/HartiniHartini3/publication/372315446_DINAMIKA_PERSAINGAN_BISNIS_PERSPEKTIF_ETIKA_BISNIS/links/64af9a1d8de7ed28ba93debd/DINAMIKA-PERSAINGAN-BISNIS-PERSPEKTIF-ETIKA-BISNIS.pdf

Lorensa, E., & Hidayah, N. (2022). Pengaruh inovasi produk, orientasi pasar dan media sosial terhadap kinerja UMKM fashion. Jurnal Manajerial dan Kewirausahaan, 739–748. DOI: https://doi.org/10.24912/jmk.v4i3.19768

Manggu, B., & Beni, S. (2021). Analisis penerapan segmentasi, targeting, positioning (STP) dan promosi pemasaran sebagai solusi meningkatkan perkembangan UMKM Kota Bengkayang. 27–34. DOI: https://doi.org/10.46984/sebatik.v25i1.1146

Mashuri, S., Sarib, M., Rasak, A., & Alhabsyi, F. (2022). Semi-structured interview: A methodological reflection on the development of a qualitative research instrument in educational studies. IOSR Journal of Research & Method in Education (IOSR-JRME), 12(1), 22–29. https://doi.org/10.9790/7388-1201052229

Miftahudin. (2021). Pengertian Pengembangan. State Islamic University of Sultan Syarif Kasim Riau.

Mouwn, E. (2020). Metodologi penelitian kualitatif. Rake Sarasin.

Muhammad Hasan, T. K. H., Hasibuan, S., Thalhah, S. Z., Rakhman, C. U., Ratnaningsih, P. W., Inanna, ... &

Rahmat, A. (2023). Metode penelitian kualitatif.

Murdiyanto, E. (2020). Metode penelitian kualitatif (Sistematika penelitian kualitatif). Yogyakarta Press. http://www.academia.edu/download/35360663/METODE_PENELITIAN_KUALITAIF.docx

Mutiara, & Wibowo, I. (2020). Pengaruh kepercayaan, keamanan dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian. Jurnal Manajemen Bisnis Krisnadwipayana, 10–20. DOI: https://doi.org/10.35137/jmbk.v8i2.419

Ningsih, D. D., & Maika, M. R. (2020). Strategi bauran pemasaran 4P dalam menentukan sumber modal usaha syariah pedagang pasar di Sidoarjo. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 693–702. DOI: https://doi.org/10.29040/jiei.v6i3.1464

Rambe, D. N., & Aslami, N. (2021). Analisis strategi pemasaran dalam pasar global. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 213–223. DOI: https://doi.org/10.47467/elmujtama.v1i2.853

Sugiono. (2013). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Taufiq, M., Prihatni, R., & Gurendrawati, E. (2020). Pengaruh inovasi produk, kualitas produk dan penggunaan sistem akuntansi terhadap kinerja UMKM. Jurnal Akuntansi, Perpajakan dan Auditing, 204–220. DOI: https://doi.org/10.21009/japa.0102.05

Downloads

Published

2025-06-15

How to Cite

Sophia, Z. A., Murdiana, N., Maghfiroh, F. M., Berliana, N. W., Ramadhana, S. A., Andarini, S., & Kusumasari, I. R. (2025). Perencanaan dan Pengembangan Bisnis Portofolio “Lumerros Bite”. Jurnal Pemberdayaan Ekonomi Dan Masyarakat, 2(3), 9. https://doi.org/10.47134/jpem.v2i3.725

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)