Pengembangan Bisnis Choubi sebagai Inovasi Olahan Pangan Lokal berbasis Ubi Ungu

Authors

  • Alexandra Adriani Administrasi Bisnis, Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Fidiniati Khasanah Administrasi Bisnis, Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Sonja Andarini Administrasi Bisnis, Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Indah Respita Kusumasari Administrasi Bisnis, Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.47134/jpem.v2i3.724

Keywords:

Inovasi Pangan Lokal, Ubi Ungu, Kewirausahaan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis potensi dan strategi pengembangan bisnis Choubi produk camilan inovatif berbahan dasar ubi ungu dan dark chocolate sebagai alternatif sehat di tengah dominasi makanan tidak bergizi. Indonesia memiliki potensi pasar dalam pemanfaatan ubi ungu sebagai pangan lokal fungsional yang belum dimanfaatkan secara optimal. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode kualitatif melalui studi literatur dan observasi partisipatif terhadap proses produksi dan pemasaran Choubi. Hasil analisis menunjukkan bahwa Choubi memiliki kekuatan dari sisi kandungan gizi, rasa unik, dan biaya produksi efisien. Namun produk ini juga menghadapi tantangan seperti skala produksi kecil, masa simpan pendek, dan kebutuhan distribusi khusus. Melalui analisis SWOT dan kelayakan bisnis dari aspek pemasaran, operasional, kompetitor, dan finansial, ditemukan bahwa Choubi layak dikembangkan sebagai usaha UMKM berbasis pangan lokal. Strategi pengembangan bisnis berdasarkan Ansoff Matrix mencangkup inovasi produk, penetrasi pasar, perluasan distribusi, dan kemitraan petani lokal. Dengan pendekatan berkelanjutan, Choubi berpotensi menjadi model usaha yang menggabungkan nilai ekonomi, kesehatan, dan pelestarian pangan lokal.

References

Aisah, D. N., Ananta, J. P., Nabilla, S. Y., Palguni, M. I., Ananda, B. P. R., Priambada, L. A., & Handayani, L. (2024). BROWBIE : DIVERSIFIKASI PRODUK UBI SEBAGAI SARANA PENINGKATAN NILAI JUAL MAKANAN TRADISIONAL. Jurnal Pengabdian Dan Kewirausahaan, 8(2), 109–113. DOI: https://doi.org/10.30813/jpk.v8i2.6221

Aliefah, A. N., & Nandasari, E. A. (2022). Analisis Kelayakan Bisnis Ditinjau Dari Aspek Pemasaran dan Keuangan Pada Kedai Olan’z Food Kebumen. LABATILA: Jurnal Ilmu Ekonomi Islam, 6(1), 40–56. DOI: https://doi.org/10.33507/labatila.v5i02.475

Amalia, A., Sutriawati, Fitriyah, S. Z., & Shafrani, Y. S. (2025). Analisis Strategi Pasar dan Produk Pegadaian menggunakan Ansoff Matrix (Studi kasus pada Pegadaian Kantor Cabang Purwokerto). Jurnal Akademik Ekonomi Dan Manajemen, 2(2), 137–151. DOI: https://doi.org/10.61722/jaem.v2i2.4838

Amang, A., Mulyadi, & Utama, A. P. (2023). Strategi Pengembangan Bisnis (E. Suncaka (ed.); Vol. 2, Issue 1). CV. Tripe Konsultan.

Anggreani, T. F. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Swot: Strategi Pengembangan Sdm, Strategi Bisnis, Dan Strategi Msdm (Suatu Kajian Studi Literatur Manajemen Sumberdaya Manusia). Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi, 2(5), 619–629. DOI: https://doi.org/10.31933/jemsi.v2i5.588

Arnold, P. W., Nainggolan, P., & Damanik, D. (2020). Analisis Kelayakan Usaha dan Strategi Pengembangan Industri Kecil Tempe di Kelurahan Setia Negara Kecamatan Siantar Sitalasari. EKUILNOMI : Jurnal Ekonomi Pembangunan, 2(1), 29–39. DOI: https://doi.org/10.36985/5z5xsy24

Batoebara, M. U. (2021). Inovasi Dan Kolaborasi Dalam Era Komunikasi Digital. Jurnal Prosiding, 8(1), 29–38.

Bhegawati, D. A. S., Ribek, P. K., & Verawati, Y. (2022). PEMBANGUNAN EKONOMI DI INDONESIA MELALUI PERAN KEWIRAUSAHAAN. Jurnal Ilmu Sosial, 1(1), 21–26.

Daulay, K. H. P., & Zaldi. (2025). Asupan Junk Food Berhubungan Dengan Risiko Terjadinya Nyeri Kepala Pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. PANDU HUSADA, 6(2), 26–37.

Diwyarthi Santi, N. desak. (2022). KONSEP PERILAKU KONSUMEN. In M. Sari (Ed.), KONSEP PERILAKU KONSUMEN (I, Issue Juni, pp. 1–8). PT GLOBAL EKSEKUTIF TEKNOLOGI.

Endrico, D., & Kombih, R. M. (2025). ANALISIS KELAYAKAN BISNIS DITINJAU DARI ASPEK KEUANGAN PADA FRANCHISE RICHEESE FACTORY. Jurnal Ilmiah Nusantara ( JINU), 2(2), 523–534.

Fauziyah, R. N. (2022). Analisa SWOT: Pengertian, Manfaat, Tujuan dan Cara Penggunaan. Gramedia Blog. https://www.gramedia.com/best-seller/analisa-swot/

Hanggu, E. O., Berybe, G. A., Wellalangi, M. B. R., Tani, N. M. D., Ziku, R. M., & Lumenta, F. X. D. (2022). Pengembangan Potensi Pangan Lokal sebagai Kuliner Khas di Desa Wae Bobok Kabupaten Manggarai Barat. Prima Abdika : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(4), 474–480. DOI: https://doi.org/10.37478/abdika.v2i4.2265

Harjanti, A. E., Hakim, C. B., & Salim, N. (2023). PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PELATIHAN KEWIRAUSAHAAN DALAM UPAYA PENCEGAHAN STUNTING. Jurnal Abdimas Indonesia, 5(1), 14–20. DOI: https://doi.org/10.26751/jai.v5i1.2063

Hidayati, K., & Nugrahani, H. S. D. (2021). Pengelolaan Desa Wisata Bahari Berkelanjutan dalam Perspektif Ketahanan Nasional. Jurnal Syntax Admiration, 1(9), 94–103. DOI: https://doi.org/10.46799/jsa.v2i1.168

Iftita, M., Sahur, F. E., Silvira, Al Farizi, F., Nurhidayah, & Samsinar. (2024). Mie Ubi Ungu Sebagai Peluang Usaha Kreativitas Mahasiswa Yang Bernilai Jual. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 1852–1856.

Imelda, M., Hendriyani, C., & Ruslan, B. (2022). Analisis Strategi Branding Menggunakan Ansoff Matrik Dalam Menarik Minat Calon Mahasiswa Baru Universitas Katolik Parahyangan. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Kewirausahaan, 1(1), 172–179. DOI: https://doi.org/10.55606/jimak.v1i1.259

Khoerunisa, T. K. (2020). Review : Pengembangan Produk Pangan Fungsional Di Indonesia Berbasis Bahan Pangan Lokal Unggulan. Indonesian Journal of Agricultural and Food Research, 2(1), 49–59.

Matruty, E. S. H., Widodo, A., Damayanti, T. W., & Supramono. (2023). Rantai Nilai, Corporate Farming Dan Nilai Tambah Komoditas Kopi Kabupaten Temanggung. Jurnal Nusantara Aplikasi Manajemen Bisnis, 8(2), 428–442. DOI: https://doi.org/10.29407/nusamba.v8i2.18561

Milllah, R. F. S., Rochdiani, D., & Qianti, S. R. (2024). Analisis Risiko Produksi dan Pendapatan Usahatani Ubi Jalar di Kabupaten Kuningan. Mimbar Agribisnis : Jurnal Pemikiran Masyarakat Ilmiah Berwawasan Agribisnis, 11(1), 502–510. DOI: https://doi.org/10.25157/ma.v11i1.15775

Pilendia, D. (2020). Pemanfaatan Adobe Flash Sebagai Dasar Pengembangan Bahan Ajar Fisika : Studi Literatur. Jurnal Tunas Pendidikan, 2(2), 1–10. DOI: https://doi.org/10.52060/pgsd.v2i2.255

Pradita, N., Widanti, Y. A., & Wulandari, Y. W. (2021). FORMULASI EGG ROLL UBI JALAR UNGU-KUNING DAN PUTIH (Ipomoea batatas L) DENGAN SUBSTITUSI KACANG KEDELAI (Glycine max Merill). JITIPARI, 6(2), 14–24. DOI: https://doi.org/10.33061/jitipari.v6i2.5092

Romdona, S., Junista, S. S., & Ahmad, G. (2025). TEKNIK PENGUMPULAN DATA: OBSERVASI, WAWANCARA DAN KUESIONER Siti. JISOSEPOL: JURNAL ILMU SOSIAL EKONOMI DAN POLITIK, 3(1), 39–47. DOI: https://doi.org/10.61787/taceee75

Safitri, Z., El, W., Sitorus, V. P., & Noviyanti, I. (2024). Analisis SWOT terhadap Pengembangan Strategi Bisnis Pada Warung Makan Asyik Desa Balunijuk. Jurnal Manuhara : Pusat Penelitian Ilmu Manajemen Dan Bisnis, 2(3), 140–153. DOI: https://doi.org/10.61132/manuhara.v2i3.967

Sari, M. K., & Sulistyowati, E. (2020). Kesadaran Hukum Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah Berkaitan Kepemilikan Sertifikat Halal Pada Produk Olahan Pangan. Novum : Jurnal Hukum, 7(1), 35–42.

Saribu, H. J. D., Rahman, Z., & Wulandari, D. (2021). Pengaruh Pemberian Dark Chocolate Terhadap Tekanan Darah Lansia Penderita Hipertensi Di Rumah Bahagia Bintan. Jurnal Menara Medika, 4(1), 53–59. DOI: https://doi.org/10.51933/health.v6i2.566

Setiadi, N. J., & Sutanto, H. (2021). Business Recovery Strategy (E. Widianto, Mughitz, & Baryra (eds.); I). PRENADA.

Sofyana, N. N., Yanna, S., Zuhra, F., Eriani, D., Nurhayati, A., Malik, I., Aryanie, I., & Khadri, M. (2023). Pemanfaat Kearifan Pangan Lokal Ubi Ungu. Ika Bina En Pabolo : Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 19–25.

Downloads

Published

2025-06-15

How to Cite

Adriani, A., Khasanah, F., Andarini, S., & Kusumasari, I. R. (2025). Pengembangan Bisnis Choubi sebagai Inovasi Olahan Pangan Lokal berbasis Ubi Ungu. Jurnal Pemberdayaan Ekonomi Dan Masyarakat, 2(3), 18. https://doi.org/10.47134/jpem.v2i3.724

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)