Sankiss Sandwich: Strategi Perencanaan dan Pengembangan Bisnis Makanan Sehat Berbasis Buah untuk Pasar Milenial
DOI:
https://doi.org/10.47134/jpem.v2i3.739Keywords:
Makanan Sehat, Generasi Milenial, Strategi Bisnis, Digital Marketing, Kewirausahaan SosialAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi strategi perencanaan dan pengembangan bisnis makanan sehat berbasis buah melalui studi kasus produk Sankiss Sandwich. Produk ini menyasar konsumen milenial yang semakin peduli terhadap pola makan sehat dan gaya hidup berkelanjutan. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dan metode studi kasus, penelitian ini melibatkan observasi, survei, dan dokumentasi dalam merancang dan mengevaluasi produk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk Sankiss Sandwich memiliki potensi pasar yang tinggi karena mampu memenuhi preferensi rasa, tampilan visual, dan kemasan yang menarik bagi generasi muda. Strategi penjualan berbasis digital dan sistem pre-order terbukti efektif dalam mengefisienkan operasional serta meningkatkan kepuasan konsumen. Selain memberikan dampak ekonomi berupa laba operasional, bisnis ini juga memberikan kontribusi sosial melalui pemberdayaan tenaga kerja lokal dan kemitraan dengan petani buah. Penelitian ini merekomendasikan pentingnya integrasi antara inovasi produk, strategi pemasaran digital, dan pendekatan kewirausahaan sosial dalam pengembangan bisnis makanan sehat yang kompetitif dan berkelanjutan.
References
Aisyah, S., & Najmi, F. (2023). Perilaku Konsumen Halal: Peluang Usaha Generasi Milenial Pasca Pandemi di Kota Palu. Jurnal Ilmu Ekonomi dan Bisnis Islam, 4(2), 45–56.
Arif, S., Isdijoso, W., Fatah, A. R., & Tamyis, A. R. (2020). Tinjauan strategis ketahanan pangan dan gizi di Indonesia. SMERU Research Institute.
Daryana, A. P., Saragih, V. G., Akita, A., & Girsang, D. R. (2025). TREN HEALTHY FAST FOOD: Analisis Model Bisnis dan Pertumbuhan. Jurnal Manajemen & Bisnis Medan.
Dias Pratami Putri, S. P. (2024). Perilaku Konsumen di Industri Kuliner. Media Penerbit Indonesia.
Ismail, R., Nur, Y., & Zaeni, N. (2023). Strategi Pengembangan Usaha Minuman Sehat Menggunakan BMC (Del Manggo). Nobel Management Review. https://doi.org/10.37476/nmar.v4i3.4519 DOI: https://doi.org/10.37476/nmar.v4i3.4519
Marifat, I., & Pulubuhu, D. A. (2023). Strategi Pengembangan Produk Sehat dalam Bisnis Wirausaha Makanan. TJGHPSR, 1(2), 55–66. https://doi.org/10.57213/tjghpsr.v1i2.255 DOI: https://doi.org/10.57213/tjghpsr.v1i2.255
Nurzannah, P. A. (2024). Strategi Pemasaran Salad Buah dan Zozu Buah Agades.id. Jurnal Mirai Management.
Nusraningrum, D., & Mekar, T. M. (2021). Persepsi dan Sikap terhadap Keputusan Pembelian Produk Pangan Fungsional pada Generasi Milenial. Jurnal Bisnis dan Manajemen, 11(1), 15–24. DOI: https://doi.org/10.34208/jba.v23i1.767
Putri, F. P. R. (2022). Analisis Kesediaan Konsumen Membeli Sayuran Organik. Universitas Brawijaya.
Rahma, D. W. A., Cahyarani, D. M., Nugroho, G. V. P., Ikaningtyas, M., & Hidayat, R. (2024). Strategi Perencanaan Dan Pengembangan Bisnis Pembangunan Berkelanjutan. KARYA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 186-197.
Ramadhani, F. P. R. (2022). Analisis Kesediaan Konsumen Membeli Sayuran Organik. Universitas Brawijaya.
Rayhan, F. (2025, 16 Januari). Inovasi Makanan Sehat untuk Menarik Generasi Milenial. Autolaris.
Retnoningsih, D., Ma’rifah, A., & Shinta, A. (2022). Generasi Milenial Penguasa Industri Pangan. Seminar Nasional Pengembangan Agribisnis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.
Sayid Agil Jenar Sakti, I. F Romadhoni, Niken Purwidiani, & Andika Kuncoro Widagdo. (2024). Inovasi Produk Kue Kering Sebagai Camilan Sehat dengan Penambahan Daun Sirih Cina. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia, 2(4), 420–439. DOI: https://doi.org/10.55606/jubpi.v2i4.3340
Subagio, D. P. W., Hastari, S., & Widhiastuti, H. (2022). Kekuatan Authenticity pada Makanan Lokal Tradisional serta Hubungannya dengan Pride dan Loyalty Gen Milenial. Jurnal Manajemen dan Pemasaran, 6(1), 12–20. DOI: https://doi.org/10.29259/jmbs.v19i4.16652
World Health Organization. (2020). Healthy diet: Factsheet. https://www.who.int/news-room/fact-sheets/detail/healthy-diet
Yuli, S. B. C., Arifin, Z., & Widagdo, B. (2023). Penguatan Pemasaran Digital dan Variasi Produk Bagi Pemilik Usaha "Healthy Food". Janayu: Jurnal Inovasi Ekonomi, 7(1), 45–56. https://doi.org/10.22219/janayu.v4i3.29383 DOI: https://doi.org/10.22219/janayu.v4i3.29383
Yulianto Putra, Edy & Fitri, Alissya & Adeline, & Angie, & Raisy,. (2022). Inovasi Camilan Sehat Sweetpomo Untuk Memperbaiki Asupan Gizi Masyarakat Di Pandemi Covid-19. Sehat Rakyat: Jurnal Kesehatan Masyarakat. 1. 14-27. 10.54259/sehatrakyat.v1i1.872. DOI: https://doi.org/10.54259/sehatrakyat.v1i1.872
Yunus, M., Ibrahim, M., Musnadi, S., Buchari, A. M., Maihani, S., Syauqi, T. M., ... & Sawitri, R. (2024). Manajemen strategi. Deepublish.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Muhammad Ragil Ardiansyah, Didan Achmad Aditya, Raden Dzakwan Zhafar, Ahmad Iqbal Khaqiqi, Sonja Andarini, Indah Respati Kusumasari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.