Peningkatan Nilai Tambah Ubi Lokal melalui Inovasi Camilan Meltubi di Surabaya
DOI:
https://doi.org/10.47134/jpem.v2i3.722Keywords:
Inovasi Produk, Ubi Lokal, Camilan Modern, Nilai Tambah, MeltubiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sejauh mana inovasi produk camilan Meltubi dapat meningkatkan nilai tambah ubi lokal, khususnya ubi jalar ungu, di Kota Surabaya. Meltubi merupakan produk camilan berbasis bahan lokal yang dikembangkan untuk menjawab tantangan rendahnya daya saing produk tradisional di pasar modern. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan pengumpulan data melalui kuesioner yang disebarkan kepada 30 responden yang merupakan konsumen potensial produk camilan lokal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi konsumen terhadap Meltubi tergolong positif. Sebanyak 83,3% responden menyukai cita rasa produk, 73,3% menyatakan minat beli ulang, dan sebagian besar menganggap desain kemasan menarik meskipun masih membutuhkan inovasi. Temuan ini menunjukkan bahwa inovasi rasa, penyajian, dan pengemasan mampu memberikan nilai tambah terhadap produk ubi lokal. Selain itu, Meltubi dinilai berpotensi menjadi produk unggulan khas daerah dan oleh-oleh kekinian dari Surabaya. Penelitian ini merekomendasikan pengembangan varian rasa, peningkatan desain kemasan, serta promosi yang menyasar segmen pasar muda untuk memperluas jangkauan dan meningkatkan daya saing produk di masa mendatang.
References
Aisah, D. N., Ananta, J. P., Nabilla, S. Y., Palguni, M. I., Ananda, B. P. R., Priambada, L. A., & Handayani, L. (2024). BROWBIE: Diversifikasi Produk Ubi sebagai Sarana Peningkatan Nilai Jual Makanan Tradisional. Jurnal Pengabdian dan Kewirausahaan, 8(2), 109–113. https://doi.org/10.30813/jpk.v8i2.6221 DOI: https://doi.org/10.30813/jpk.v8i2.6221
Ampuero, O., & Vila, N. (2021). Consumer perceptions of product packaging. Journal of Consumer Marketing, 38(1), 67–77. https://doi.org/10.1108/JCM-01-2020-3599
Aprilia, R., & Sukarelawati, S. (2022). Strategi Pengembangan Produk Pangan Lokal Berbasis Inovasi dan Kearifan Lokal. Jurnal Manajemen dan Bisnis, 17(3), 245-259.
Gita Nur Aisyah Putri, Nabila Nurul Aulia, Nuriana Salsabila, Rihadatul Aisy, Sherly Indrawati, Willy Faisal Madani, Rida Oktorida Khastini. (2023). Pemanfaatan Ubi Jalar sebagai Alternatif Karbohidrat yang Meningkatkan Ekonomi Warga Banten. Jurnal SEMAR (Jurnal Ilmu Pengetahuan Teknologi, dan Seni bagi Masyarakat), 12(1), 47. https://doi.org/10.20961/semar.v12i1.62162 DOI: https://doi.org/10.20961/semar.v12i1.62162
Jaeger, S. R., Machín, L., & Ares, G. (2022). Consumer segmentation based on food choice motives: Impact on product perception and purchase intent. Appetite, 168, 105737. https://doi.org/10.1016/j.appet.2021.105737 DOI: https://doi.org/10.1016/j.appet.2021.105737
Maher, L., Sester, C., & Couture, P. (2022). Cultural authenticity and consumer acceptance of hybrid food innovations. Journal of Consumer Behaviour, 21(3), 553–565. https://doi.org/10.1002/cb.1989 DOI: https://doi.org/10.1002/cb.1989
Muhammad Agung Hudaya, & Awin Mulyati. (2024). Strategi Pemasaran pada Inovasi Produk Berbasis Ubi: Ubique: Ubi Crème Brulee. Jurnal Manajemen Kewirausahaan Dan Teknologi, 1(4), 150–155. https://doi.org/10.61132/jumaket.v1i4.406 DOI: https://doi.org/10.61132/jumaket.v1i4.406
Muhammad Rafly Raihan Dimyanto. (2025). MENGANGKAT POTENSI UBI MADU DENGAN STRATEGI PEMASARAN KREATIF: STUDI KASUS UBIQUE. Musytari : Jurnal Manajemen, Akuntansi, Dan Ekonomi, 13(12), 31–40. https://doi.org/10.8734/musytari.v13i12.10163
Park, J., Kim, H. Y., & Lee, J. (2022). Journal of Retailing and Consumer Services, 65, 102882. https://doi.org/10.1016/j.jretconser.2021.102882 DOI: https://doi.org/10.1016/j.jretconser.2021.102882
Reinoso-Carvalho, F., Dakduk, S., Wagemans, J., & Spence, C. (2021). The role of visual aesthetics and convenience in shaping food perceptions among young consumers. Food Quality and Preference, 92, 104229. https://doi.org/10.1016/j.foodqual.2021.104229 DOI: https://doi.org/10.1016/j.foodqual.2021.104229
Riski Annisa, Raja Sabaruddin, Panny Agustia Rahayuningsih, Monikka Nur Winnarto. (2023). Pemanfaatan Transformasi Digital Mindset dalam Kewirausahaan UMKM untuk Pengembangan Ekonomi Lokal. SOROT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 2(2), 79. https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/sorot DOI: https://doi.org/10.32699/sorot.v2i2.4855
Silayoi, P., & Speece, M. (2021). Packaging and purchase decisions: An exploratory study on the impact of involvement level and time pressure. British Food Journal, 123(5), 1671–1689. https://doi.org/10.1108/BFJ-05-2020-0431
Siregar, A., Masri, I., Hatta, I. H., Mandagie, Y. R. O., Mulyadi, M., & Mukri, C. (2024). Meningkatkan Nilai Ekonomi Lokal melalui Keripik Ubi Jalar yang Inovatif. BERDAYA: Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(3), 369-376. https://doi.org/10.36407/berdaya.v6i3.1349
Sudianto, Sutopo. (2025). Kolaborasi Bisnis Digital dan Inovasi Teknologi Pangan untuk Meningkatkan Kuaitas dan Nilai Tambah Produk Rumput Laut di UMKM Winanaz Dusun Karapyak Desa Bagolo Kabupaten Pangandaran. Jurnal Pengabdian Masyarakat Ilmu Komputer, 2(20), 87-88. DOI: https://doi.org/10.70248/jpmik.v2i2.2117
Varela, P., Ares, G., & Gambaro, A. (2021). Understanding consumers’ food choices in dynamic markets: The role of sensory and emotional drivers in product success. Food Research International, 147, 110505. https://doi.org/10.1016/j.foodres.2021.110505
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Mutiara Wahyu Lailasari, Tita Rizky Anaulia, Maulita Fajar, Farah Qisma Fawzia, Sonja Andarini, Indah Respati Kusumasari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.