Peran Analisis SWOT dalam Pengembangan Strategi Bisnis Start-Up: Perspektif Administrasi Bisnis pada PT. Goto Gojek Tokopedia (GoTo)

Authors

  • Najwa Sekar Maulidha Administrasi Bisnis, Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Danas Marici Fawaz Administrasi Bisnis, Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Annisa Fitri Maharani Administrasi Bisnis, Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Nadia Nasyiatul ‘Aisyiyah Administrasi Bisnis, Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Viola Natalia Girsang Administrasi Bisnis, Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Rusdi Hidayat Nugroho Administrasi Bisnis, Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.47134/jeae.v2i4.756

Keywords:

Startup, Analisis SWOT, Strategi Bisnis

Abstract

Startup Indonesia telah berkembang dengan cepat dan memberikan kontribusi besar kepada perekonomian negara. PT. Goto Gojek Tokopedia (GoTo), salah satu startup terbesar di Indonesia, menunjukkan bagaimana analisis dan strategi bisnis yang tepat dapat membantu startup berhasil. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mempelajari bagaimana analisis SWOT berfungsi dalam perencanaan dan pengembangan strategi bisnis, dengan contoh startup GoTo, yang telah melakukan IPO. Artikel ini membahas ide dan langkah-langkah perencanaan bisnis dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Ini juga membahas bagaimana analisis SWOT digunakan dalam pengambilan keputusan strategis dan bagaimana ia dapat diterapkan dalam bisnis GoTo. Artikel ini juga membahas manfaat dan kekurangan analisis SWOT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis SWOT dapat membantu startup memahami kondisi internal dan eksternal secara lebih akurat, sehingga mereka dapat membuat strategi bisnis yang kompetitif dan adaptif. Namun, analisis ini memiliki kelemahan saat berhadapan dengan dinamika pasar yang cepat berubah dan kompleksitas teknologi digital. Oleh karena itu, analisis SWOT harus digunakan bersama dengan pendekatan strategis lain untuk memastikan bahwa startup dapat bertahan.

References

Abdulwase R, Ahmed F, Nasr F, et al. The role of business strategy to create a competitive advantage in the organization. Open Access J Sci. 2020;4(4):135‒138. DOI: 10.15406/oajs.2020.04.00162 DOI: https://doi.org/10.15406/oajs.2020.04.00162

Arif, M. E., & Anggraeni, R. (2023). Strategi Bisnis. UB Press.

Bygrave, W. D., & Zacharakis, A. (2010). Entrepreneurship, 2nd ed. Amerika Serikat: John Wiley & Sons, Incorporated.

Cholistiana, N. (2024). Peran Analisis Swot Dalam Perumusan Strategi Bisnis Untuk Ukm Dalam Menghadapi Persaingan Global. Jurnal Inovasi Global, 2(7), 751-764. DOI: https://doi.org/10.58344/jig.v2i7.118

Darmawan, D. (2024). Perencanaan Bisnis. Jakarta: Bumi Aksara.

Jannah, M., Faizah, A. N., Indraputri, A. J., Puspita, V. E., Hidayat, R., & Ikaningtyas, M. (2024). Pentingnya Analisis Swot dalam Suatu Perencanaan dan Pengembangan Bisnis. IJESPG (International Journal of Engineering, Economic, Social Politic and Government), 2(2), 9-17.

Maulida, E., Djuanda, G., Silalahi, I. V., Yasa, N. N. K., Rahmayanti, P. L. D., Tasrim, Wardhana, A., Widagda, I. G. N. J. A., Aprilia, H. D., Yusiana, E., Atika, & Ismail, R. S. (2021). Manajemen strategik (H. F. Ningrum, Ed.). Media Sains Indonesia.

Nazhiifah, N. & Sutabri, T. (2024). Pengembangan Bisnis Startup Menggunakan Metode SWOT pada Platform Aplikasi Goto Gojek Tokopedia. Router: Jurnal Teknik Informatika dan Terapan, 2(4), 168-176 DOI: https://doi.org/10.62951/router.v2i4.301

Palguandi, N. M. D. K. R. (2023). Strategi Pengembangan Bisnis Startup Menggunakan SWOT Analysis (Studi Kasus pada Startup yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia). Journal on Education, 5(2), 1958-1964. DOI: https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.837

Sagala, P. M., Tarigan, K. M. B., Andarini, S., & Kusumasari, I. R. (2024). Analisis Pentingnya Perencanaan dan Pengembangan Bisnis dalam Meningkatkan Kinerja Perusahaan. KARYA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 150–159.

Shobirin, M., & Ali, H. (2019). Infrastructure Development Strategy in Improving Passenger Services at Soekarno Hatta Cengkareng International Airport. Journal of Information Systems Management Economics, 1(2), 155-168. DOI: https://doi.org/10.31933/jemsi.v1i2.66

Surveyandini, M. (2022). The Results of the SWOT Analysis Approach in Formulating Company Strategy at the American English Course Purwokerto. ProBisnis: Jurnal Manajemen, 13(1), 7-14. DOI: https://doi.org/10.35335/probisnis.v13i1.22

Wardhana, A., Nugroho, D. T., & Sari, M. P. (2024). Evaluasi strategi dan kebijakan bisnis: Teori dan praktik dalam dunia usaha. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Zainuri, R., & Setiadi, P. B. (2023). Tinjauan Literatur Sistematis: Analisis Swot Dalam Manajemen Keuangan Perusahaan. Jurnal Maneksi (Management Ekonomi Dan Akuntansi), 12(1), 22-28. DOI: https://doi.org/10.31959/jm.v12i1.1364

Downloads

Published

2025-06-25

How to Cite

Maulidha, N. S., Fawaz, D. M., Maharani, A. F., ‘Aisyiyah, N. N., Girsang, V. N., & Nugroho, R. H. (2025). Peran Analisis SWOT dalam Pengembangan Strategi Bisnis Start-Up: Perspektif Administrasi Bisnis pada PT. Goto Gojek Tokopedia (GoTo). Journal of Economics, Assets, and Evaluation, 2(4), 12. https://doi.org/10.47134/jeae.v2i4.756

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.