Strategi Komunikasi Pemasaran Jasa Ekspedisi PT Putra Kalistail Banyuwangi dalam Meningkatkan Pelayanan pada Pelanggan
DOI:
https://doi.org/10.47134/jeae.v1i1.24Keywords:
Strategi Komunikasi, Komunikasi Pemasaran, Pelayanan, Ekspedisi BanyuwangiAbstract
Ekspedisi Putra Kalisetail sebagai lembaga yang bergerak di bidang ekspedisi bidang jasa menggunakan berbagai teknik pemasaran untuk mengkomunikasikan produknya. Word of Mouth dan sponsorship merupakan salah satu strategi pemasaran yang diterapkan. WOM (word of mouth) berperan penting dalam kegiatan pemasaran karena berpengaruh positif dan negatif terhadap persepsi konsumen. Pelayanan merupakan faktor terpenting dalam menentukan kepuasan pelanggan karena kualitas pelayanan dirasa memiliki hubungan erat yang dapat mempengaruhi kepuasan pelanggan atas suatu jasa yang diberikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran jasa PT Putra Kalisetail Expedition dalam meningkatkan kepercayaan pelanggan, faktor pendukung strategi Marketing Communication PT Putra Kalisetail Expedition yang mempengaruhi peningkatan konsumen PT Putra Kalisetail Expedition, serta pola kemitraan dibangun oleh PT Putra Kalisetail Expedition pada pelanggan. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data yang digunakan diperoleh melalui metode wawancara dan observasi serta diperoleh pula melalaui sumber publikasi, buku dan jurnal akademik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi word-of-mouth dan sponsorship merupakan strategi yang efektif untuk meningkatkan pelayanan kepada pelanggan, namun tidak dipungkiri jika diperlukan perusahaan akan menggunakan strategi lain, seperti menggunakan media sosial yang berguna untuk memperluas jaringan. lebih jauh. Faktor-faktor yang dapat mempengaruhi keberhasilan PT Putra Kalisetail Expeditions adalah kepemilikan armada angkut sendiri, jam terbang yang cukup, dan sistem pelayanan yang dimiliki oleh PT Putra Kalisetail Expedition yang membuat pelanggan senang menggunakan layanannya.
References
Adawiyah, D. P. R., & Arif, Moch. C. (2022). ‘Strategi Komunikasi Pemerintah Kabupaten Sampang dalam Merukunkan Penganut Sunni-Syiah’, Jurnal Komunikasi, Volume 15 Nomor (2).
Aeni, D.S. (2022). ‘Integrated Marketing Communication’, Jurnal Pengkajian Penelitian Analisis Model Komunikasi Pemasaran Terpadu.
Cangara, H. (2016), ‘Teori Komunikasi AntarPribadi. Jurnal Ilmu Komunikasi’, Pengantar Ilmu Komunikasi (Edisi Kedua), Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Dwi Kartikawati, D.K. (2021), ‘Implementasi Strategi Komunikasi Pemasaran Produk Cawang AC Pro PT Gobel Dharma Nusantara di Masa Pandemi Korona’, LUGAS Jurnal Komunikasi.
Dwi Seftia, C., Meiwanda, G., Pekanbaru, I., & Riau, U. (2022), ‘Public Service Agility in the New Normal Era in Pekanbaru Public Service Mall’, Jurnal 20 Nomor 1.
Febriani, N. (2021). ‘Instagram terhadap generasi Z’, Jurnal Mahasiswa UMA Volume 5 Nomor (2)
Gantiano, H. E. (2020). ‘Analisis Dampak Strategi Komunikasi NonVerbal’, Jurnal Dharma Duta Volume 17 Nomor (2).
Irfan, M., Firamadhina, F. I. R., & Akmalia, N. N. (2022). ‘Analisis Kemitraan Plan International Indonesia Menggunakan Strategi Community Relations’, Jurnal Kolaborasi Resolusi Konflik, Volume 4 Nomor (1).
Luthfi, M., & Rifa’i, M. (2018). ‘Bimwin Sebagai Strategi Komunikasi Bimas Islam Kabupaten Ponorogo Dalam Mencegah Perceraian’, Jurnal Komunikasi,Volume 12 Nomor (2)
Margaretha, S., Widayatmoko, W., & Pribadi, M. A. (2012). ‘Analisis Komunikasi Pemasaran Terpadu PT. Cubes Consulting dalam Membangun Brand Association’, Jurnal ASPIKOM Volume 1 Nomor (5)
Muna, C. N. (2020). ‘Integrated Marketing Communication pada Heri Pemad Management Studi Kasus International ARTJOG MMXIX’, Jurnal Tata Kelola Seni, Volume 6 Nomor (1).
Notoatmodjo, Soekidjo, (2003) ‘Pendidikan dan Perilaku Kesehatan’, Jakarta: Rineka Cipta
Sinuhaji, V. V., Siti, N., Siregar, S., & Jamil, B. (2019). ‘Aktivitas Komunikasi Pemasaran Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Karo Dalam Meningkatkan Kunjungan Wisatawan (Studi Deskriptif Kualitatif Wisata Bukit Gundaling Berastagi) Marketing Communication Activities of the Karo District Tourism and Culture’, Jurnal Mahasiswa UMA Volume 1 Nomor (2).
Solsolay, A. (2016). ‘Aktivitas Komunikasi Pemasaran Terpadu (IMC) Pemerintah Kota Ambon dalam Mengkomunikasikan Brand “Ambon City Of Music” Melalui Kegiatan Tiga Pilar IMC’, Jurnal The Messenger Volume 8 Nomor (2).
Susanto, A., & Sunardi, A. (2017). ‘Aktifitas Bauran Komunikasi Pemasaran di Perusahaan Jamu Ibu Tjipto’, Jurnal Komunikator, Volume 9 Nomor (1).
Tenerman, E. Y. (2022). ‘Strategi Komunikasi Kepala Desa Dalam Mengembangkan Wisata Sawah di Desa Pematang Johar Communication Strategy Village Head in Develoving Rice Field Tourism In The Pematang Johar Village’, Jurnal Sinar Manajemen
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.