Pengaruh E-Service Quality dan Perceived Value Terhadap Loyalitas Pelanggan Go-Jek (Go-Food)
DOI:
https://doi.org/10.47134/jeae.v1i1.25Keywords:
E-service Quality, Perceived Value, Loyalitas PelangganAbstract
Di era yang semakin modern sekarang ini banyak sekali perkembangan pada berbagai bidang, seperti teknologi informasi dan komunikasi bahkan proses transaksi jual beli melalui dunia digital. Seiring dengan perkembangan teknologi sebagai alat komunikasi menyebabkan semakin tingginya pertumbuhan pengguna internet, maka terjadinya persaingan jasa transportasi pengantar makanan yang salah satunya jasa transportasi pengantar makanan online berupa Gojek (Go-Food). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari tiga variabel yaitu e-service quality, dan perceived value terhadap loyalitas pelanggan dimana hipotesis dalam penelitian ini e-service quality, perceived value terhadap loyalitas pelanggan secara parsial. Objek penelitian ini adalah Gojek yang ada di Universitas Muhammadiyah Jember Fakultas Ekonomi dan Bisnis khususnya untuk GOFOOD. Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah kuantitatif dengan jumlah populasi sebanyak 96 responden menggunakan teknik Purpossive Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara serta kuisioner. Analisis yang digunakan meliputi uji validitas dan uji reabilitas, analisis linier berganda, uji asumsi klasik (uji normalitas, uji multikolonieritas, uji heteroskedastisitas), uji hipotesis (uji t, koefisiensi determinasi). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa e-service quality tidak berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan, sedangkan perceived value berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan.
References
Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariette degan Program IBM SPSS 23 (Cetaka ke-). Badan Penerbit Uiversitas Diponegoro.
Laurent, F. (2016). Pengaruh E-Service Quality Terhadap Loyalitas Pelanggan Go-Jek Melalui Kepuasan Pelanggan. Agora, 4(2), 95–100.
Ndun, L. A. (2019). Analisis Pengaruh E-Service Quality Dan Perceived Value Terhadap Kepuasan Pelanggan Dan Loyalitas Pelanggan Layanan Internet Indihome. Jurnal Manajemen Bisnis Dan Kewirausahaan, 3(1), 78–84.
Ningsih, E. A., & Dian Dwi Laksani. (2020). Analisis Daya Saing Sektor Pertanian Indonesia (Agriculture In Indonesia : A SWOT Analysis). Prosiding PERHEPI 2014.
Puriwat, W., & Tripopsakul, S. (2017). The Impact Of E-Service Quality On Customer Satisfaction And Loyalty In Mobile Banking Usage: Case Study Of Thailand. Polish Journal of Management Studies, 15(2), 183–193. https://doi.org/10.17512/pjms.2017.15.2.17
Putri, L. H. (2016). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Pembelian Ulang Konsumen Terhadap Produk Naget Delicy. Performa, 1(2), 162–170.
Rahab, & Handayani, S. R. (2015). Peran Perceived Value Dan Kepuasan Pelanggan Dalam Upaya Membangun Loyalitas Pengguna Kartu Seluler. Januari, 30(1), 76.
Sugiyono, (2015). Memahami Penelitian Kualitatif Cetakan Kesebelas. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS Edisi Kesembilan. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Alfabeta, 1(1), 1–99.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta
Sunaryo, F. (2016). Pengaruh E-Service Quality Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan (Studi Pada Pengguna Aplikasi Go-Jek Di Kota Malang). 49, 1–9. jimfeb.ub.ac.id
Wahyusetyawati, E. (2017). Dilema pengaturan transportasi online. Jurnal RechtsVinding, April, 1–4. https://rechtsvinding.bphn.go.id
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.