Analisis Distribusi Selling-in UD. Bumi Pepaya untuk Meningkatkan Kinerja Pemasaran pada Perkebunan Pepaya di Desa Wonosobo Kecamatan Srono Kabupaten Banyuwangi
DOI:
https://doi.org/10.47134/jeae.v1i1.21Keywords:
Distribusi, Selling-in, Kinerja PemasaranAbstract
Karena perkembangan dunia bisnis yang cepat, semakin banyak bisnis yang menjadi distributor UD. Bumi Pepaya. pasar barang dan jasa. Ini memiliki efek meningkatkan jumlah item yang tersedia dalam kualitas yang berbeda. Seluruh individu di dunia, khususnya para pelaku bisnis di era globalisasi ini, yang ingin mempertahankan eksistensinya harus mengerahkan seluruh potensi dan kekuatannya agar mampu bersaing dengan yang lain karena tingkat persaingan yang sangat ketat. Dalam wawancara ini, peneliti melakukan wawancara terbuka dan mengajukan beberapa pertanyaan terkait Analisis Distribusi Selling-in Untuk meningkatkan Kinerja Pemasaran yang dilakukan UD. Bumi Pepaya yaitu dengan menerapkan 2 metode secara vertikal dan horizontal sehingga secara horizontal lebih banyak agen atau pedagang kecil yang mempercayai UD. Bumi Pepaya sebagai pemasoknya untuk memberi konsumen kepuasan terhadap buah pepaya yang dijual di tempat tersebut. Begitu pun secara vertikal petani yang telah mempercayai dan memiliki loyalitas terhadap UD. Variasi barang yang ditawarkan Bumi Pepaya kepada pelanggannya semakin berkembang. Distribusi selling-in dilakukan kepada UD. Sifat produk yaitu buah pepaya yang diproduksi oleh petani yang rentan rusak atau mudah busuk sehingga memerlukan penanganan yang baik pada saat proses pengiriman ke Bali dan Semarang merupakan salah satu faktor yang diperhatikan oleh petani Bumi Pepaya saat memilih saluran distribusi. Biaya penggunaan saluran distribusi Selling-in biaya yang ditentukan mulai awal sudah sesuai dengan kesepakatan yang telah dilakukan oleh petani dengan distributor UD. Bumi Pepaya.
References
Dwiseptiady, R. Kurniawan. (2019). Pengaruh Kualitas Strategi Pemasaran Terhadap Efektivitas Saluran Distribusi Melalui Selling-Out Dan Selling-in Kinerja Pemasaran. Kajen: Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pembangunan, 1(01), 1–14.
Ferdinand, A. (2004). Strategic Selling in Management. Research paper series. Seri Penelitian Manajemen No, 3.
Jati, Irawan Waluyo. (2009). Analisis Pengaruh Kompetensi Tenaga Penjualan Dan Kualitas Pelayanan Dalam Membangun Loyalitas Pelanggan (Studi Kasus Outlet-Outlet Pelanggan PT. Sinar Majapahit Purwokerto). Jurnal Sains Pemasaran Indonesia, VIII(2), 224–239.
Kadarningsih, Ana. (2013). Keunggulan Bersaing: Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Dan Dampaknya Pada Kinerja Selling-in (Studi Pada Outlet Binaan PT. Indosat Semarang). Media Ekonomi & Teknologi Informasi, 21(1), 1–18.
Karinda, M. V., Mananeke, L., & Roring, F. (2018). Pengaruh Strategi Pemasaran Dan Inovasi Produk Terhadap Kinerja Pemasaran Produk Indihome Pt. Telkom Area Tomohon. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 6(3).
Karundeng, T. N., Mandey, S. L., & Sumarauw, J. S. (2018). Analisis Saluran Distribusi Kayu (Studi Kasus Di Cv. Karya Abadi, Manado). Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 6(3).
Kustriantomo, Fajar, and Suryono Budi Santosa. (2015). Pengaruh Strategi Pelayanan Outlet Dan Hubungan Dengan Outlet Terhadap Kinerja Selling-in Serta Dampaknya Terhadap Kinerja Pemasaran (Studi: Outlet Yang Menjual Memory Card Sandisk Di Semarang). Diponegoro Journal of Management, 4(2), 1–12.
Manuhutu, Fadillah, Ida Ayu Putri Widawati, and Amirosa Ria Satiadji. (2022). Analisis Strategi Bauran Promosi Dan Strategi Saluran Distribusi Pada Unit Kelola Archipelago International Pada Situasi Pandemi Covid-19 Kota Denpasar, Bali. Tulisan Ilmiah Pariwisata (TULIP), 4(2), 84.
Maslichan, M., & Alliyah, S. (2020). KAJIAN OPTIMASLISASI KINERJA PEMASARAN MENGGUNAKAN MODEL SELLING-IN (Studi Kasus Pada Outlet UKM "Marning JOSSS" Di Kabupaten Rembang). BBM (Buletin Bisnis & Manajemen), 06, 55–56.
Muhammad, Munawir, Fatmawati Fatmawati, and Abdul Haris Din. (2020). Analysis of Distribution and Marketing Margin of Topo Local Shallots in North Tidore District, Tidore Islands City. Agrikan: Jurnal Agribisnis Perikanan, 13(2), 334–343.
Poernomo, Adi. (2012). Analisis Kinerja Selling – in Distributor PT. ISTW Semarang. Sari.
Rumallang, A., Jumiati, J., Akbar, A., & Nandir, N. (2019). Analisis struktur, perilaku dan kinerja pemasaran kentang di Desa Erelembang Kecamatan Tombolopao Kabupaten Gowa. Agrikultura, 30(3), 83-90.
Rusdi, M. (2019). Strategi Pemasaran untuk Meningkatkan Volume Penjualan pada Perusahaan Genting UD. Berkah Jaya. Jurnal Studi Manajemen Dan Bisnis, 6(2), 83-88.
Suciati, P., & Maulidiyanti, M. (2019). Kekuatan 7p bauran pemasaran terhadap pilihan mahasiswa berkuliah di program pendidikan vokasi universitas indonesia. Jurnal Sosial Humaniora Terapan, 2(1).
Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D.
Wijiono, Slamet, Dwi Cahyono, and Nurul Qomariah. (2018). Strategi Selling-in, Hubungan Distributor Dengan Outlet, Dan Strategi Pelayanan Outlet Pengaruhnya Terhadap Kinerja Pemasaran. Jurnal Sains Manajemen dan Bisnis Indonesia, 8(2).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Rival Bagus Prastyo, Budi Santoso, Yohanes Gunawan Wibowo

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.