Analisis RBV (Resources Based View) untuk Menentukan Keunggulan Bersaing Perusahaan Pada UD. Tiga Putra

Authors

  • Febri Rahmatullah Universitas Muhammadiyah Jember
  • Bayu Wijayantini Universitas Muhammadiyah Jember
  • Yohanes Gunawan Wibowo Universitas Muhammadiyah Jember

DOI:

https://doi.org/10.47134/jeae.v1i1.23

Keywords:

Analisis RBV, VRIO framework, Sustainable Competitive Advantage

Abstract

Permasalahan dalam melakukan analisis internal perusahaan adalah saat kita tidak punya dasar yang cukup beralasan untuk menentukan sumber daya perusahaan apakah sebagai sebuah kekuatan atau kelemahan. Kita harus mempunyai kriteria tertentu sehingga sumber daya tersebut layak dikatakan sebagai sebuah kekuatan atau kelemahan. Tujuan penelitian ini untuk menentukan keunggulan kompetitif melalui pendekatan teori RBV, RBV berfokus pada pemahaman mengenai potensi sumber daya dan kapabilitas. Penelitian ini dilakukan dengan menempatkan sumber daya dan kapabilitas ke dalam empat kategori VRIO, VRIO merupakan alat untuk menentukan sifat dari sumber daya dan kapabilitas. Hasil analisis VRIO digunakan sebagai dasar untuk mengidentifikasi kompetensi yang dimiliki. Untuk mencapai keunggulan kompetitif berkelanjutan (Sustainable competitive advantage) sumber daya dan kapabilitas tersebut harus memiliki empat atribut penting yaitu: Valuable, Rare, Inimitable dan Organized. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dan kualitatif, data dikumpulkan dengan menggunakan metode observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan UD. Tiga Putra memiliki kekuatan yang bersifat strategis pada 10 sumber daya dan kapabilitas yang berada pada level Sustainable competitive advantage. Kemudian pada tingkatan lain, terdapat 1 sumber daya berada pada level Competitive disadvantage. 1 sumber daya berada pada level Competitive Parity. 6 sumber daya dan kapabilitas berada pada level Temporary competitive advantage. Keunggulan kompetitif dapat diciptakan dan dipertahankan melalui kombinasi unik dari berbagai sumber daya dan kapabilitas perusahaan. Diharapkan agar perusahaan dapat mempertahankan 10 keunggulan bersaing yang berada pada level Sustainable competitive advantage dan menjadi titik fokus perusahaan, serta mengembangkan kemampuan perusahaan yang bersifat Competitive parity, Temporary competitive, dan Unused Competitive advantage agar bisa menjadi Sustainable competitive advantage.

References

Ahmad, R. (2013). Analisis Resources Based View Dalam Strategi Menentukan Keunggulan Posisi Program Studi Magister Ilmu Hukum Universitas Pembangunan Panca Budi Medan. Jurnal manajemen tools, Vol. 12(1), hal. 167-181. Diakses pada 7 Oktober 2022, Dari https://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/41863

Barney, J. B. (1991). Firm Resources and Sustained Competitive Advantage. Journal of Management, Vol. 17, pp.99–120

Barney, J. B. (1995). Looking Inside for Competitive Adventage. Academy of Management Executive, Vol. 9, Issue 4, page. 49-61

Barney, J.B. 2010. “Gaining and Sustaining Competitive Advantage”, Fourth Edition. Addison Wesley, Massachusetts.

Butarbutar dkk. (2017). Analisis Perumusan Strategi Bersaing Telkomsel Regional Jawa Barat Menggunakan Konsep ‘Resource-Based View Of The Firm’ Dengan Kerangka VRIO. Vol. 1(2), Hal. 1-10. Diakses pada 7 Oktober 2022, Dari https://journal.ithb.ac.id/JABS/article/view/169

Collins, David J. dan Montgomery, Cynthia. (2005). Corporate Strategy: A Resource Based Approach. McGraw-Hill Companies, Inc.

Coulter, Mary, 2002, Manajemen, Jakarta: Gramedia.

Crown. (2007). Manajemen Strategik. Jakarta: PT. Grasindo

De burin, L. (2016), dalam artikel VRIO: From Firm Resources to Competitive Advantage, diakses pada tanggal 7 Oktober 2022, Dari https://www.business-to-you.com/VRIO-from-firm-resources-to-competitive-advantage/

Diantika dkk. (2019). Analisis Strategi Resource Based View (RBV) Dalam Rangka Meningkatkan Daya Saing Studi Kasus PT. Asia Surya Perkasa Pangkalpinang. Vol. 6 (4), hal. 278-287. Diakses pada 7 Oktober 2022, Dari

https://e-jurnal.stie-ibek.ac.id/index.php/JIPMB/article/view/411?articlesBySameAuthorPage=2

Fajri dkk. (2017). Analisa Resource-Based View Strategy Studi Kasus Pada Stmik Widya CiPTa Dharma Samarinda. Vol. 18(1), Hal. 1-4. Diakses pada 7 Oktober 2022, Dari https://jurnal.wicida.ac.id/index.php/sebatik/article/view/83

Ferdinand. (2006). Metode Penelitian Manajemen. Semarang: Badan. Penerbit Universitas Diponegoro.

Hill, Charles W.L. and Jones, Gareth R. (2009), “Strategic Management: An Integrated Approach”, South-Western College Pub, 9 edition

Hitt, Michael et all. (2001). Manajemen Strategis; Daya Saing dan ... Perencanaan Strategis Bagi Organisasi Sosial, Pustaka Pelajar

Hitt, Michael et all. (2004). Manajemen Strategis; Daya Saing dan ... Perencanaan Strategis Bagi Organisasi Sosial, Pustaka Pelajar,

Hunger, J.D. dan Wheelen, T.L. (2012). Strategic Management and Bussiness Policy: Toward Global Sustainability (13th Edition). New York: Pearson.

Jurevicius, O. (2021). dalam artikel Resource-Based View, Diakses pada 4 Oktober 2022, Dari strategicmanagementinsight.com/tools/resource-based-view/

Kostopoulos, S., & Prastacos. (2007). The Resource-Based View Of The Firm And Innovation: Identification of Critical Linkages. Article of Management, 1–13.

Kotler, Philip. & Gary Armstrong. (2014). Principle Of Marketing, 15th edition. Pearson Prentice Hall. New Jersey

Kuncoro. (2005). Strategi Bagaimana Meraih Keunggulan Kompetitif. Erlangga. Jakarta

Lawrence R. Jauch dan William F. Glueck, 1999. Manajemen Strategis dan Kebijakan Perusahaan. Erlangga, Jakarta

Leonardus R. 2015. Keuntungan Kompetitif Organisasi Dalam Perspektif Resources Based View (RBV). ASE, 11(2A), 1-12.

Lumpkin, Dess. (2003). Strategic Management: Creating Competitive Advantages. McGrawHill Companies, Inc

Nugroho dkk. (2018). Penentuan Daya Saing Berbasis Analisis Kompetensi Inti (Studi Kasus pada Ekowisata Bakau di Jawa Timur). Vol. 12(1), Hal. 25-32. Diakses pada 12 Oktober 2022, Dari https://doi.org/10.24843/MATRIK:JMBK.2018.v12.i01.p03

Pasaribu, D. (2012). Analisa Penciptaan Keunggulan Kompetitif Dengan Pendekatan Resources Based View-(RBV). Vol. 2(2), hal. 83-93. Diakses pada 7 Oktober 2022, Dari https://docplayer.info/205011567-Analisa-penciptaan-keunggulan-kompetitif-dengan-pendekatan-resources-based-view-RBV.html

Pearce dan Robinson (2005) PEST Analysis in strategic Human Resources Planning

Philip Kotler, 2005, Manajemen Pemasaran, Jilid I dan II, PT. Indeks, Jakarta.

Porter, M.E. 1986. Competition in global industries: A concePTual framework. In M.E. Porter (Ed). Competition in global industries. Boston, MA: Harvard Business School Press.

Pratiwi, D.O., & Pradana, B.I. (2018). Analisis Resource Based View dalam Mencapai Keunggulan Kompetitif (Studi Kasus Pada Pijak Bumi Bandung). Vol. 6(2), Hal. 1-17. Diakses pada 7 Oktober 2022, Dari https://jimfeb.ub.ac.id/index.php/jimfeb/article/view/4769

Prof. Dr. Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Raduan dkk. (2009). Management, Strategic Management Theories and the Linkage with Organizational Competitive Advantage fromthe Resource-Based View. European Journal of Social Science. Vol.11(3)

Rahayu, M. & Amin, R.M. (2018). Analisis Strategi Bersaing Melalui Pendekatan Resorce Based-View Guna Mencapai Sustainable Competitive Advantage (Studi Pada Desa Wisata Sanankerto). Vol. 6(2), hal. 1-15. Diakses pada 7 Oktober 2022, Dari https://jimfeb.ub.ac.id/index.php/jimfeb/article/view/4902

Rangkuti. 2006. Teknik Mengukur dan Strategi Meningkatkan Kepuasan. Pelanggan. Jakarta : Penerbit PT Gramedia Pustaka

Rothaermel, F.T. (2012). Strategic Management: ConcePTs and Cases. McGraw-Hill/Irwin, Hal. 91

Rothaermel, F.T. (2012). Strategic Management: ConcePTs and Cases. McGraw-Hill/Irwin, Hal. 5

Samli dan Weber, (2000). Basic Marketing Research. Fourth Edition. Edisi Bahasa Indonesia (Alih Bahasa oleh E.Koswara, Dira Salam, dan Alvin Ruzhendi). Erlangga. Jakarta

Solihin, Ismail. 2012. Manajemen Strategik. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Spender; and A.J. Groen (2010), “The Resource-Based View: A Review and Assessment of Its Critiques”, Journal of Management, Vol 36, No 1, pp. 349-372.

Suliyanto. (2009). Metode Riset Bisnis, Penerbit Andi, Yogyakarta.

Wandrial, S. (2011). Analisis Internal Perusahaan (Strength & Weakness), Menggunakankonsep ‘Resource-Based View Of The Firm’ Dengan Kerangka VRIO. Vol.2(2), hal. 627-637. Diakses pada 7 Oktober 2022, Dari https://journal.binus.ac.id/index.php/BBR/article/view/1457

Wernerfelt, B. 1984. “A Resource- Based View of the Firm”. Strategic Management Journal. Vol. 5, No. 2, Pp. 171-180

Wijayantini dkk. (2018). Analisis RBV (Resources Based View) Pada Home Industry Kecamatan Wuluhan (Studi Kasus Pada Kedai Mie 98). Diakses pada 7 Oktober 2022, Dari http://repository.unmuhjember.ac.id/6485/1/15%20ARTIKEL.pdf

Yulianti dkk. (2019). Metode Analisis RBV (Resources Based View) Untuk Merumuskan Keunggulan Bersaing Pada PT Ciesta Mandiri Sejahtera Cabang Jember. Diakses pada 7 Oktober 2022, Dari http://repository.unmuhjember.ac.id/6383/1/ARTIKEL.pdf

Downloads

Published

2023-10-23

How to Cite

Rahmatullah, F., Wijayantini, B., & Wibowo, Y. G. (2023). Analisis RBV (Resources Based View) untuk Menentukan Keunggulan Bersaing Perusahaan Pada UD. Tiga Putra. Journal of Economics, Assets, and Evaluation, 1(1), 1–17. https://doi.org/10.47134/jeae.v1i1.23

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.