Perencanaan dan Pengembangan Portofolio Produk Gantungan Kunci Kawat Bulu sebagai Strategi Peningkatan Daya Saing pada UMKM Kreatif
DOI:
https://doi.org/10.47134/jpem.v2i3.717Keywords:
Pengembangan Produk, Portofolio Produk, UMKM Kreatif, Gantungan Kunci, Kawat BuluAbstract
Dalam upaya untuk meningkatkan daya saing UMKM kreatif, artikel ini menganalisis metode perencanaan dan pengembangan portofolio produk gantungan kunci kawat bulu. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Ini dilakukan dengan melakukan penelitian literatur dan melakukan observasi langsung terhadap pelaku UMKM di bidang kerajinan tangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa UMKM masih menghadapi tantangan dalam hal inovasi desain, keterbatasan bahan baku, dan strategi pemasaran, meskipun produk ini memiliki nilai estetika dan dapat disesuaikan. Perencanaan yang baik memungkinkan pelaku usaha untuk mengelola sumber daya secara efektif dan menyesuaikan produk dengan kebutuhan pasar yang dinamis. Selain itu, pemanfaatan media sosial dan platform digital menjadi faktor kunci dalam memperluas jangkauan pasar dan meningkatkan eksposur produk secara signifikan. Namun, produk gantungan kunci kawat bulu memiliki peluang besar untuk bersaing secara luas jika digunakan untuk segmentasi pasar yang tepat, diversifikasi produk, dan tren digital marketing. Kesimpulannya, daya saing UMKM dalam industri kreatif dapat ditingkatkan secara signifikan melalui perencanaan portofolio yang matang, inovasi berkelanjutan, dan penggunaan media digital yang efektif.
References
Azzahra, S. D., Khofifah, W. N., Anggani, R., & Perwito, P. (2025). Studi Kelayakan Bisnis Pada UMKM Handycraft Gantungan kunci dan Totebag Lukis: Studi Kasus SAAJA Collection. Jurnal Ragam Pengabdian, 2(1), 19-36.
Endrawati, M., & Ahmadi, M. A. (2025). Analisis pengaruh pasar, inovasi produk, dan strategi pemasaran terhadap daya saing UMKM di pasar lokal. Musytari: Neraca Manajemen, Ekonomi, 13(7).
Fajri, A., Suharti, & Purwanto, D. (2024). Pencapaian diferensiasi produk melalui strategi inovasi dan kreativitas usaha mikro kecil dan menengah. Kreativasi: Journal of Community Empowerment, 3(2), 215–221. DOI: https://doi.org/10.33369/kreativasi.v3i2.34872
Haratua, C. S., Warti, W., Widiantari, K., Nuraeni, S., & Nuroniah, P. N. (2023). Studi Literatur: Eksplorasi Inovasi Produk UMKM dan Peran Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Meningkatkan Kepuasan Pelanggan. Journal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial.
I’tibar, M., Fahri, I., Efriani, E., Ramadona, S. R. A., & Sanjaya, M. D. (2024). Workshop Kerajinan Kawat Bulu sebagai Alternatif Usaha Rumahan di Desa Sinar Bakti. Berdesa: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 74-82. DOI: https://doi.org/10.47431/bds.v1i2.498
Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. (2021). Statistik Ekonomi Kreatif 2020/2021. Jakarta: Kemenparekraf.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2020). Marketing management (15th ed.). Pearson Education.
Kurniawan, D., & Fatmawati, N. (2024). Studi Empiris tentang Ketahanan UMKM terhadap Perubahan Tren Konsumen. Jurnal Manajemen Strategis, 6(1), 77–86.
Munizu, M., Tandiono, R., Pravitasari, E., Kardini, N. L., Hendrawan, H., Nur, T., ... & Manuaba, I. B. K. (2023). UMKM: Peran pemerintah dalam meningkatkan daya saing UMKM di Indonesia. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Pamungkas, J. A., Martuti, I. R., Luthfi, M., Ardiantoro, T., & Efendi, Z. M. (2022). Strategi Pemasaran Produk Souvenir Gantungan Kunci ke Pasar Nasional Hingga Internasional. In Prosiding Seminar Nasional Hukum, Bisnis, Sains dan Teknologi (Vol. 2, No. 1, pp. 1312-1312).
Rahmawati, D., & Pratama, B. (2022). Peran Kreativitas Produk dalam Meningkatkan Nilai Jual Produk Handmade. Jurnal Kewirausahaan, 5(3), 101–110.
Sari, D. K., Sunaryo, H., Farida, E., & Bushiri, M. I. (2023). Strategi Pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Berbasis Ekonomi Kreatif. Jurnal SOLMA.
Sari, T. R., Husniar, F., Safira, A. M., & Kamila, E. R. (2023). Strategi Pengembangan Produk Baru Sebagai Upaya Dalam Meningkatkan Daya Saing Perusahaan. Jurnal Riset Manajemen dan Akuntansi. DOI: https://doi.org/10.55606/jurima.v3i2.2156
Sifwah, M. A., Nikhal, Z. Z., Dewi, A. P., Nurcahyani, N., & Latifah, R. N. (2024). Penerapan digital marketing sebagai strategi pemasaran untuk meningkatkan daya saing UMKM. Journal of Management Accounting, Tax and Production, 2(1), 109-118. DOI: https://doi.org/10.57235/mantap.v2i1.1592
Tambunan, T. (2021). Usaha mikro, kecil dan menengah di Indonesia: Isu-isu penting. Ghalia Indonesia.
Widodo, A., & Wijayanto, A. (2023). Optimalisasi Media Sosial Sebagai Alat Promosi UMKM Kreatif. Jurnal Pemasaran Digital, 2(2), 33–41.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Zulmi Fadillah Ramadani, Dwi Maulidia Putri, Alya Hastin Nafisah, Jesslyn Olyvviane, Sonja Andarini, Indah Respati Kusumasari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.