Implementasi Prinsip 5C dalam Operasi Bisnis

Authors

  • Aldif Athalla Naufal Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Ainur Rochmania Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

DOI:

https://doi.org/10.47134/jpem.v1i1.312

Keywords:

Komunikasi Perusahaan, Keberlanjutan, Keterlibatan Pemangku Kepentingan, CSR, Standar Lingkungan

Abstract

Studi ini meneliti efektivitas strategi komunikasi korporat dalam menyebarkan prinsip 5C—Komunitas, Negara, Iklim, Pelanggan, dan Perusahaan—menggunakan metode kualitatif deskriptif. Riset berfokus pada entitas korporat yang menggunakan sampling purposif untuk mengkaji dampak dari komunikasinya. Analisis menunjukkan bahwa komitmen perusahaan terhadap kesejahteraan komunitas mencakup penciptaan lapangan kerja bagi lokal dan inisiatif CSR yang substansial. Secara nasional, kepatuhan terhadap undang-undang pajak dan kontribusi terhadap pengembangan ekonomi mendefinisikan dedikasinya terhadap negara. Upaya perlindungan iklim dibuktikan dengan kepatuhan terhadap standar lingkungan dalam transportasi dan praktik hemat energi dalam operasi kantor. Hubungan pelanggan diperkuat melalui penetapan harga yang transparan dan penyelesaian masalah secara efisien, meningkatkan kepuasan secara keseluruhan. Secara internal, perusahaan menumbuhkan keterlibatan dan kepemilikan karyawan, secara signifikan meningkatkan moral tempat kerja. Implikasi dari temuan ini menegaskan peran penting strategi komunikasi terintegrasi dalam memajukan praktik bisnis berkelanjutan yang menguntungkan berbagai pemangku kepentingan.

References

Ahmadi, R. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif (1st ed.). Yogyakarta: Ar-ruzz Media.

Andhini, F. A., & Yuliandari, W. S. (2014). Pengaruh Karakteristik Kualitatif Laporan Keuangan Dan Penilaian Prinsip 5C Calon Debitur Terhadap Efektivitas Pemberian Kredit Pada PT. BPR Artha Bersama …. EProceedings …. https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/management/article/view/3717

Anisah, N. (2017). Analisis Penilaian Prinsip 5C Calon Debitur dan Pengawasan Pembiayaan (Monitoring) Terhadap Efektivitas Pemberian Pembiayaan Pada KSPS BMT BIF …. digilib.uin-suka.ac.id. https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27277

Argenti, P. A. (2010). Corporate Communication. Jakarta: Salemba Humanika.

Aryanti, K. D. (2021). PENGARUH PRINSIP 5C KREDIT DAN PENGAWASAN KREDIT TERHADAP KEPUTUSAN PEMBERIAN KREDIT PADA BUMDESA DI KECAMATAN …. repo.undiksha.ac.id. https://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/7855

Cornelissen, J. (2014). Corporate Communication: A Guide to Theory & Practice (4th ed.). Dorchester: Henry Ling Limited.

Damayanti, L. (2020). Penerapan Prinsip 5C Dalam Pemberian Pembiayaan Mikro Untuk Meminimalisir Pembiayaan Bermasalah (Studi Pada BRI Syariah KCP Metro). repository.metrouniv.ac.id. https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/3827/

Fandy, T. (2016). Service, Quality & Satisfaction. Yogyakarta: Andi.

Febriyanti, D. C. (2018). Peran Corporate Communication PT Krakatau Steel (Persero), Tbk. Jurnal Komunikasi, 2(1), 39–47.

Gili, M. K. (2022). Penerapan Analisis Prinsip 5C dalam Mengurangi Risiko Kredit Bermasalah pada Bank BRI Cabang Ende Unit Nusantara. eprints.perbanas.ac.id. http://eprints.perbanas.ac.id/9808/

Jumarni, J., & Sariani, L. (2021). ANALISIS URGENSI PRINSIP 5C (CHARACTER, CAPACITY, CAPITAL, COLLATERAL, CONDITION) DALAM MEMINIMALISIR RISIKO PEMBIAYAAN (STUDI PADA …. Islamic Banking and Finance. https://jurnal.iain-bone.ac.id/index.php/ibf/article/view/3004/0 DOI: https://doi.org/10.30863/ibf.v1i1.3004

Kaplan, A., & Haenlein, M. (2010). User of the World, Unite! The Challenges and Opportunities of Social Media. Business Horizons, 53(1), 59–68. DOI: https://doi.org/10.1016/j.bushor.2009.09.003

Kuncoro, M. (2013). Metode Riset Untuk Bisnis dan Ekonomi (ed. 3). Jakarta: Erlangga.

Mardiasmo. (2012). Perpajakan. Yogyakarta: Andi.

Ningtyas, D. W. (2022). Penerapan Prinsip 5C Pada Resiko Pembiayaan Murabahah Di BMT Istiqomah Tulungagung dan BMT Pahlawan Tulungagung. Musyarakah: Journal of Sharia Economic (MJSE). https://journal.umpo.ac.id/index.php/MUSYROKAH/article/view/6816 DOI: https://doi.org/10.24269/mjse.v2i2.6816

Nova, F. (2009). Crisis Public Relations: Bagaimana PR Menangani Krisis Perusahaan. Jakarta: Grasindo.

Novitasari, H. E. A. (2021). Penerapan Prinsip 5C pada Prosedur Pemberian Kredit Pundi Kencana di PT. Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Kantor Cabang Pembantu Sooko Mojokerto. eprints.perbanas.ac.id. http://eprints.perbanas.ac.id/8221/

Nurmantu, S. (2014). Pengantar Perpajakan. Jakarta: Kelompok Yayasan Obor.

Nurul, P. (2022). ANALISIS IMPLEMENTASI PRINSIP 5C PADA PEMBIAYAAN MUSYARAKAH (STUDI KASUS DI BPRS KHASANAH UMMAT PURWOKERTO). eprints.uinsaizu.ac.id. https://eprints.uinsaizu.ac.id/13474/1/Nurul%20Pangesti_Analisis%20Implementasi%20Prinsip%205C%20Pada%20Pembiayaan%20Musyarakah%20%28Studi%20Kasus%20di%20BPRS%20Khasanah%20Ummat%20Purwokerto%29.pdf

Pienrasmi, H. (2016). Pemanfaatan Social Media oleh Praktisi Public Relations di Yogyakarta. Jurnal Komunikasi, 9(2), 100–110. DOI: https://doi.org/10.20885/komunikasi.vol9.iss2.art6

Putra, M. D., & Ningsih, W. W. (2023). Pelaksanaan Prinsip 5C dalam Penyaluran Dana Pembiayaan Murabahah. El-Kahfi| Journal of Islamic …. https://mannawasalwa.ac.id/ejournal/index.php/elkahfi/article/view/128

Putri, K. S. (2019). Strategi Komunikasi Corporate Communication PT. Riau Andalan Pulp and Paper dalam Mensosialisasikan Prinsip 5C Melalui Media Sosial Twitter. Jurnal FISIP, 6(1), 1–10.

Rahayu, R. P. (2019). Analisis Penerapan Prinsip 5C Dalam Keberhasilan Pembiayaan Mikro IB Di BRI Syariah Kantor Cabang Pembantu (KCP) Ngawi. etheses.iainponorogo.ac.id. http://etheses.iainponorogo.ac.id/5816/1/RINA%20PUJI%20RAHAYU.pdf

Resmi, S. (2011). Perpajakan: Teori dan Kasus. Jakarta: Salemba Empat.

Sembirin, A. M., & Jannah, N. (2022). Penerapan Prinsip 5c pada Pembiayaan Murabahah di SUMUT Syariah KCP HM Yamin. JIKEM: Jurnal Ilmu Komputer …. https://ummaspul.e-journal.id/JKM/article/download/4051/1520

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sulistyorini, S., Octavia, A. N., & ... (2022). Analisis Implementasi Prinsip 5C dan 7P dalam Upaya Pencegahan Pembiayaan Murabahah Bermasalah di KSPPS Hudatama Semarang. Jurnal Akuntansi Dan …. https://jurnal.stie-aas.ac.id/index.php/jap/article/view/5522

Syawal, M. (2018). Analisa Penerapan Prinsip 5C dalam Meminimalisir Risiko Pembiayaan Murabahah (Studi pada Kantor Pusat PT. BPRS Hikmah Wakilah Banda Aceh). repository.ar-raniry.ac.id. https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/5395/

Syuderajat, F., & Puspitasari, K. (2017). Pengelolaan Media Sosial oleh Unit Corporate Communication PT GMF Aeroasia. Jurnal Komuniti, 9(2), 120–130.

Wardianti, L., & Sartika, D. (2024). Pengaruh Prinsip 5C Terhadap Keputusan Pemberian Pembiayaan Pada Bank Aceh Syariah Cabang Singkil. Innovative: Journal Of Social Science …. http://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/9443

Downloads

Published

2024-06-05

How to Cite

Naufal, A. A., & Rochmania, A. (2024). Implementasi Prinsip 5C dalam Operasi Bisnis. Jurnal Pemberdayaan Ekonomi Dan Masyarakat, 1(1), 11. https://doi.org/10.47134/jpem.v1i1.312

Issue

Section

Articles

Categories

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 

You may also start an advanced similarity search for this article.