Hubungan Penerapan Patient Safety dengan Kepuasan Pasien di Ruangan Rawat Inap Bedah RSUD dr. Achmad Mochtar Kota Bukittinggi Tahun 2023
DOI:
https://doi.org/10.47134/jeae.v1i4.331Keywords:
Penerapan Patient Safety, Kepuasan PasienAbstract
Keselamatan pasien (Patient Safety) yaitu tidak adanya bahaya yang dapat dicegah pada pasien selama proses perawatan kesehatan dan pengurangan resiko bahaya yang tidak perlu terkait dengan perawatan kesehatan seminimal mungkin. Penerapan Patient safety merupakan salah satu komponen penting yang menyebabkan rasa ketidakpuasan. Berdasarkan laporan ruangan rawat inap bedah RSAM Bukittinggi tentang kepuasan pasien masih < 90%. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui hubungan penerapan patient safety dengan kepuasan pasien di ruangan rawat inap bedah RSUD Dr. Achmad Mochtar Kota Bukittinggi Tahun 2023. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan cros sectional. Populasi dalam penelitian ini 115 responden dengan jumlah sampel 53 responden, penelitian menggunakan Teknik probabily sampling dengan simple random sampling. Data dianalisis dengan menggunakan uji chi square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara penerapan patient safety berdasarkan identifikasi pasien p-value 0,001, komunikasi efektif p-value 0.007 dengan kepuasan pasien di ruangan rawat inap bedah RSAM Bukittinggi. Dan terdapat tidak ada hubungan yang signifikan antara penerapan patient safety berdasarkan pengurangan risiko infeksi p-value 0,108, pengurangan risiko cidera p-value 0,066. Diharapkan kepada perawat selalu menerapkan penerapan patient safety yang baik sehingga mampu meningkatkan kepuasan pasien dan meningkatkan mutu pelayanan rumah sakit.
References
Adityani, G., Abdurrouf, M., & Sari, D. W. P. (2020). Tingkat Pengetahuan Perawat dan Pelayanan Syariah Dalam Bidang Keperawatan di Rumah Sakit Islam Sultan Agung Semarang. Bima Nursing Journal, 1(1), 89. https://doi.org/10.32807/bnj.v1i2.498
Arsad, S. (2018). BUKU Kepemimpinan dan Manajemen Keperawatan.pdf (p. 354).
Dadurat, G., Rsup, I. G. D., Manado, R. D. K., & Kumaat, L. T. (2015). BENAR DENGAN KEPUASAN PASIEN DI INSTALASI. 3.
Desilawati, & Alini. (2020). HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN SIKAP PERAWAT DALAM MENGIDENTIFIKASI PASIEN DENGAN PELAKSANAAN IDENTIFIKASI PASIEN DI RUANG RAWAT INAP AULIA HOSPITAL PEKANBARU. Jurnal Kesehatan Tambusai, 1(1), 1–10. http://dx.doi.org/10.1016/j.cirp.2016.06.001%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.powtec.2016.12.055%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.ijfatigue.2019.02.006%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.matlet.2019.04.024%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.matlet.2019.127252%0Ahttp://dx.doi.o
Di, P., Gawat, I., Uptd, D., Sakit, R., & Bitung, M. (2022). Jurnal Rumpun Ilmu Kesehatan. 2(1), 1–6.
Fristiohady, A., Fitrawan, L. O. M., Pemudi, Y. D., Ihsan, S., Ruslin, R., Bafadal, M., Nurwati, N., & Ruslan, R. (2020). Analisis Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan di Puskesmas Puuwatu Kota Kendari menggunakan Metode SERVQUAL. Jurnal Surya Medika, 6(1), 6–12. https://doi.org/10.33084/jsm.v6i1.1442
Hilda Chandra, Nizam Ismail, A. A. (2019). Hubungan Penerapan Patient Safety dengan Kepuasan Pasien di Ruang Rawat Inap Bedah Rumah Sakit Umum Daerah Meuraxa Kota Banda Aceh. Kes Cehadum |, 1(4), 43–53. https://doi.org/https://doi.org/10.35324/jkc.v1i4.59
Imas Masturoh, SKM., M. K., & Nauri Anggita T, SKM, M. K. (2018). Metodologi Penelitian Kesehatan (S. D. Bangun Asmo Darmanto & N. Suwarno (eds.)).
Irwan, H. (2017). Buku Manajemen Keselamatan Pasien (p. 610).
Juwita, G. S., Marlinae, L., & Rahman, F. (2017). Hubungan Mutu Pelayanan Dengan Kepuasan Pasien Rawat Inap Di Rumah Sakit Umum Daerah Tamiang Layang. Jurnal Publikasi Kesehatan Masyarakat Indonesia, 4(2). https://doi.org/10.20527/jpkmi.v4i2.3841
Lombogia, A.Rottie,J.&Kurundeng,M.(2016). Hubungan prilaku dengan kemampuan perawat dalam melaksanakan keselamatan pasien (patient safety) di ruang akut instalasi gawat darurat RSUP Prof.Dr.R.D.Kandou Manado. e-journal keperawatan,2(2),1-7.Reteved from https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/jkp/article/view/12916.
Notoatmodjo, S. (2021). Metodologo Penelitian Kesehatan. 144.
Nunung, Rachmawati, hari gustian yayang. (2019). Manajemen Patient Safety Konsep & Aptikasi Patient Saf ety datam Kesehatan.
Pratiwi, Y. (2022). KORELASI PENERAPAN KESELAMATAN PASIEN DENGAN KEPUASAN PELAYANAN ANAK DI RS BHAYANGKARA MAKASSAR. Braz Dent J., 33(1), 1–12.
Rusnoto, A., Utomo, T. P., & Kudus, U. M. (2019). H UBUNGAN K OMUNIKASI D AN P ELAYANAN K EPERAWATAN. 10(2), 343–349.
Sarah, I., Meruntu, E., Wowor, R. E., Aldegonda, A., Kesehatan, F., Universitas, M., & Ratulangi, S. (2020). Hubungan antara Mutu Jasa Pelayanan Kesehatan dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan. Journal of Public Health and Community Medicine, 1(April), 27–31.
Sesrianty1, V., Machmud2, R., & Fitra Yeni2. (2019). Analisa Kepuasan Pasien Terhadap Mutu Pelayanan Keperawatan. Jurnal Kesehatan Perintis (Perintis’s Health Journal) 6 (2) 2019: 116-126, 116–126. https://doi.org/https://doi.org/10.33653/jkp.v6i2.317
Sholehah, M. (2021). Kajian literatur determinan kepuasan pasien pada pelayanan rawat jalan di rumah sakit. Universitas Muhmmadiyah Surakarta, 1–33.
Soumokil, Y., Syafar, M., & Yusuf, A. (2021). Analisis Kepuasan Pasien Di Rumah Sakit Umum Daerah Piru. Jurnal Ilmiah Kesehatan Sandi Husada, 10(2), 543–551. https://doi.org/10.35816/jiskh.v10i2.645
Taylor,J.S.(2015) Improving patient safety and satifaction with standardized bedside handoff and walking rounds. clinical journal of oncology nursing, 19(4), 414-416.doi:10.1188/15.CJON.414-416.
Vanchapo, A. R., Faathir, S., & Tangerang, H. (2022). Mutu Pelayanan Kesehatan dan Kepuasan Pasien PENERBIT: TATA MUTIARA HIDUP INDONESIA. https://www.researchgate.net/publication/364313680
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Yolanda Oktarina, Nofriadi Nofriadi, Rafnelly Rafki, Syafwandi Syafwandi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.