Hubungan Penerapan Patient Safety dengan Kepuasan Pasien di Ruangan Rawat Inap Bedah RSUD dr. Achmad Mochtar Kota Bukittinggi Tahun 2023

Authors

  • Yolanda Oktarina Universitas Perintis Indonesia
  • Nofriadi Nofriadi Fakultas Ekonomi Bisnis dan Ilmu Sosial, Universitas Perintis Indonesia
  • Rafnelly Rafki Fakultas Ekonomi Bisnis dan Ilmu Sosial, Universitas Perintis Indonesia
  • Syafwandi Syafwandi Fakultas Ekonomi Bisnis dan Ilmu Sosial, Universitas Perintis Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.47134/jeae.v1i4.331

Keywords:

Penerapan Patient Safety, Kepuasan Pasien

Abstract

Keselamatan pasien (Patient Safety) yaitu tidak adanya bahaya yang dapat dicegah pada pasien selama proses perawatan kesehatan dan pengurangan resiko bahaya yang tidak perlu terkait dengan perawatan kesehatan seminimal mungkin. Penerapan Patient safety merupakan salah satu komponen penting yang menyebabkan rasa ketidakpuasan. Berdasarkan laporan ruangan rawat inap bedah RSAM Bukittinggi tentang kepuasan pasien masih < 90%. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui hubungan penerapan patient safety dengan kepuasan pasien di ruangan rawat inap bedah RSUD Dr. Achmad Mochtar Kota Bukittinggi Tahun 2023. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan cros sectional. Populasi dalam penelitian ini 115 responden dengan jumlah sampel 53 responden, penelitian menggunakan Teknik probabily sampling dengan simple random sampling. Data dianalisis dengan menggunakan uji chi square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara penerapan patient safety berdasarkan identifikasi pasien p-value 0,001, komunikasi efektif p-value 0.007 dengan kepuasan pasien di ruangan rawat inap bedah RSAM Bukittinggi. Dan terdapat tidak ada hubungan yang signifikan antara penerapan patient safety berdasarkan pengurangan risiko infeksi p-value 0,108, pengurangan risiko cidera p-value 0,066. Diharapkan kepada perawat selalu menerapkan penerapan patient safety yang baik sehingga mampu meningkatkan kepuasan pasien dan meningkatkan mutu pelayanan rumah sakit.

References

Adityani, G., Abdurrouf, M., & Sari, D. W. P. (2020). Tingkat Pengetahuan Perawat dan Pelayanan Syariah Dalam Bidang Keperawatan di Rumah Sakit Islam Sultan Agung Semarang. Bima Nursing Journal, 1(1), 89. https://doi.org/10.32807/bnj.v1i2.498

Arsad, S. (2018). BUKU Kepemimpinan dan Manajemen Keperawatan.pdf (p. 354).

Dadurat, G., Rsup, I. G. D., Manado, R. D. K., & Kumaat, L. T. (2015). BENAR DENGAN KEPUASAN PASIEN DI INSTALASI. 3.

Desilawati, & Alini. (2020). HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN SIKAP PERAWAT DALAM MENGIDENTIFIKASI PASIEN DENGAN PELAKSANAAN IDENTIFIKASI PASIEN DI RUANG RAWAT INAP AULIA HOSPITAL PEKANBARU. Jurnal Kesehatan Tambusai, 1(1), 1–10. http://dx.doi.org/10.1016/j.cirp.2016.06.001%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.powtec.2016.12.055%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.ijfatigue.2019.02.006%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.matlet.2019.04.024%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.matlet.2019.127252%0Ahttp://dx.doi.o

Di, P., Gawat, I., Uptd, D., Sakit, R., & Bitung, M. (2022). Jurnal Rumpun Ilmu Kesehatan. 2(1), 1–6.

Fristiohady, A., Fitrawan, L. O. M., Pemudi, Y. D., Ihsan, S., Ruslin, R., Bafadal, M., Nurwati, N., & Ruslan, R. (2020). Analisis Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan di Puskesmas Puuwatu Kota Kendari menggunakan Metode SERVQUAL. Jurnal Surya Medika, 6(1), 6–12. https://doi.org/10.33084/jsm.v6i1.1442

Hilda Chandra, Nizam Ismail, A. A. (2019). Hubungan Penerapan Patient Safety dengan Kepuasan Pasien di Ruang Rawat Inap Bedah Rumah Sakit Umum Daerah Meuraxa Kota Banda Aceh. Kes Cehadum |, 1(4), 43–53. https://doi.org/https://doi.org/10.35324/jkc.v1i4.59

Imas Masturoh, SKM., M. K., & Nauri Anggita T, SKM, M. K. (2018). Metodologi Penelitian Kesehatan (S. D. Bangun Asmo Darmanto & N. Suwarno (eds.)).

Irwan, H. (2017). Buku Manajemen Keselamatan Pasien (p. 610).

Juwita, G. S., Marlinae, L., & Rahman, F. (2017). Hubungan Mutu Pelayanan Dengan Kepuasan Pasien Rawat Inap Di Rumah Sakit Umum Daerah Tamiang Layang. Jurnal Publikasi Kesehatan Masyarakat Indonesia, 4(2). https://doi.org/10.20527/jpkmi.v4i2.3841

Lombogia, A.Rottie,J.&Kurundeng,M.(2016). Hubungan prilaku dengan kemampuan perawat dalam melaksanakan keselamatan pasien (patient safety) di ruang akut instalasi gawat darurat RSUP Prof.Dr.R.D.Kandou Manado. e-journal keperawatan,2(2),1-7.Reteved from https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/jkp/article/view/12916.

Notoatmodjo, S. (2021). Metodologo Penelitian Kesehatan. 144.

Nunung, Rachmawati, hari gustian yayang. (2019). Manajemen Patient Safety Konsep & Aptikasi Patient Saf ety datam Kesehatan.

Pratiwi, Y. (2022). KORELASI PENERAPAN KESELAMATAN PASIEN DENGAN KEPUASAN PELAYANAN ANAK DI RS BHAYANGKARA MAKASSAR. Braz Dent J., 33(1), 1–12.

Rusnoto, A., Utomo, T. P., & Kudus, U. M. (2019). H UBUNGAN K OMUNIKASI D AN P ELAYANAN K EPERAWATAN. 10(2), 343–349.

Sarah, I., Meruntu, E., Wowor, R. E., Aldegonda, A., Kesehatan, F., Universitas, M., & Ratulangi, S. (2020). Hubungan antara Mutu Jasa Pelayanan Kesehatan dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan. Journal of Public Health and Community Medicine, 1(April), 27–31.

Sesrianty1, V., Machmud2, R., & Fitra Yeni2. (2019). Analisa Kepuasan Pasien Terhadap Mutu Pelayanan Keperawatan. Jurnal Kesehatan Perintis (Perintis’s Health Journal) 6 (2) 2019: 116-126, 116–126. https://doi.org/https://doi.org/10.33653/jkp.v6i2.317

Sholehah, M. (2021). Kajian literatur determinan kepuasan pasien pada pelayanan rawat jalan di rumah sakit. Universitas Muhmmadiyah Surakarta, 1–33.

Soumokil, Y., Syafar, M., & Yusuf, A. (2021). Analisis Kepuasan Pasien Di Rumah Sakit Umum Daerah Piru. Jurnal Ilmiah Kesehatan Sandi Husada, 10(2), 543–551. https://doi.org/10.35816/jiskh.v10i2.645

Taylor,J.S.(2015) Improving patient safety and satifaction with standardized bedside handoff and walking rounds. clinical journal of oncology nursing, 19(4), 414-416.doi:10.1188/15.CJON.414-416.

Vanchapo, A. R., Faathir, S., & Tangerang, H. (2022). Mutu Pelayanan Kesehatan dan Kepuasan Pasien PENERBIT: TATA MUTIARA HIDUP INDONESIA. https://www.researchgate.net/publication/364313680

Downloads

Published

2024-06-14

How to Cite

Oktarina, Y., Nofriadi, N., Rafki, R., & Syafwandi, S. (2024). Hubungan Penerapan Patient Safety dengan Kepuasan Pasien di Ruangan Rawat Inap Bedah RSUD dr. Achmad Mochtar Kota Bukittinggi Tahun 2023. Journal of Economics, Assets, and Evaluation, 1(4), 1–14. https://doi.org/10.47134/jeae.v1i4.331

Issue

Section

Articles