Studi Literatur: Pengaruh Brand Image, Electronic Word of Mouth, dan Service Quality terhadap Loyalitas Pelanggan
DOI:
https://doi.org/10.47134/jeae.v2i3.606Keywords:
Brand Image, Electronic Word of Mouth, Service Quality, LoyalitasAbstract
Pengaruh citra merek, electronic word of mouth, dan kualitas layanan terhadap loyalitas pelanggan merupakan artikel ilmiah yang didasarkan pada tinjauan literatur dalam disiplin ilmu Manajemen Pemasaran. Tujuan dari artikel ini adalah untuk mengembangkan hipotesis tentang pengaruh antar faktor yang akan digunakan dalam penelitian selanjutnya. Objek penelitian terdiri dari Google Scholar, Mendeley, perpustakaan online, dan media internet akademis lainnya. Metodologi penelitian menggunakan penelitian kepustakaan dari e-journal dan e-book yang bersifat open access. Analisis deskriptif kualitatif. Temuan dari penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) citra merek tidak selalu berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan; 2) electronic word of mouth berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan; dan 3) kualitas layanan berpengaruh dan tidak berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan.
References
Amalia, L., & Rahmadhany, S. (2023). Analisis Pengaruh Citra Merek , Pengalaman Merek terhadap Kepuasan Merek dan Loyalitas Merek Kosmetik Wardah. INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis Dan Manajemen Indonesia, 6(4), 468–479. https://doi.org/10.31842/jurnalinobis.v6i4.291 DOI: https://doi.org/10.31842/jurnalinobis.v6i4.291
Andrian, W., & Fadillah, A. (2021). Pengaruh Citra Merek, Pengalaman Merek, Dan Nilai Pelanggan Terhadap Kepuasan Pelanggan Airasia. Jurnal Ilmiah Pariwisata Kesatuan, 2(1), 53–60. https://doi.org/10.37641/jipkes.v2i1.586 DOI: https://doi.org/10.37641/jipkes.v2i1.586
Cayadi, S., & Robin, R. (2021). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Loyalitas Pelanggan (Studi Empiris: Universitas Internasional Batam). CoMBInES-Conference on Management …, 1(1).
Dewi Puspita, A. M., Sudarmiatin, & Titis Shinta Dhewi. (2022). The Effect of E-Service Quality on E-Customer Loyalty with E-WOM and Brand Image as Mediating Variables (Study on Shopee Food Consumers in Malang City). International Journal Of Humanities Education and Social Sciences (IJHESS), 2(1), 278–285. https://doi.org/10.55227/ijhess.v2i1.233 DOI: https://doi.org/10.55227/ijhess.v2i1.233
Fadhlurrahman, M. R., & Sunaryo, S. (2022). Pengaruh Electronic Word of Mouth Terhadap Loyalitas Konsumen Yang Dimediasi Oleh Brand Image Dan Trust. Jurnal Manajemen Pemasaran Dan Perilaku Konsumen, 1(1), 122–131. https://doi.org/10.21776/jmppk.2022.1.1.5 DOI: https://doi.org/10.21776/jmppk.2022.1.1.5
Fajarini, A., & Meria, L. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepercayaan dan Loyalitas Pelanggan Dimediasi Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus Klinik Kecantikan Beauty INC). Jurnal Ekonomi, 1(2), 481–491.
Jasin, M., Firmansyah, A., Anisah, H. U., Junaedi, I. W. R., & Haris, I. (2023). The effects of customer satisfaction, perceived service quality, perceived value, and brand image on customer loyalty. Uncertain Supply Chain Management, 11(2), 763–768. https://doi.org/10.5267/j.uscm.2023.1.004 DOI: https://doi.org/10.5267/j.uscm.2023.1.004
Hussain, A., Li, M., Kanwel, S., Asif, M., Jameel, A., & Hwang, J. (2023). Impact of Tourism Satisfaction and Service Quality on Destination Loyalty: A Structural Equation Modeling Approach concerning China Resort Hotels. Sustainability (Switzerland), 15(9). https://doi.org/10.3390/su15097713 DOI: https://doi.org/10.3390/su15097713
Masadah, Asngadi, & Triono Singgih, C. (2020). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Nasabah Tabungan Bank Syariah Di Kabupaten Jombang Yang Dimediasi Variabel Kepuasan. Jurnal Tabarru’: Islamic Banking and Finance, 3(2), 197–208. https://doi.org/10.25299/jtb.2020.vol3(2).5808 DOI: https://doi.org/10.25299/jtb.2020.vol3(2).5808
Rachim, F. A., Yantih, N., & Masri, I. (2023). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk dan Kualitas Layanan Terhadap Kepercayaan Konsumen yang Berdampak Pada Loyalitas (Studi Kasus Pada Klinik Kecantikan X di Cikarang). MAHESA : Malahayati Health Student Journal, 3(11), 3805–3822. https://doi.org/10.33024/mahesa.v3i11.11361 DOI: https://doi.org/10.33024/mahesa.v3i11.11361
Saputra, R. H., Mariam, S., & Ramli, A. H. (2024). The Effect Of Service Quality And Customer Satisfaction On Customer Loyalty In Coffee Shop. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 12(5), 1697–1714. https://doi.org/10.37641/jimkes.v12i5.2824 DOI: https://doi.org/10.37641/jimkes.v12i5.2824
Qomariah, N. (2024). Pengaruh kualitas layanan dan citra institusi terhadap loyalitas pelanggan (Studi pada Universitas Muhammadiyah di Jawa Timur). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)Vol. 14. No. 2, 2024(p-ISSN 2338-9605; e-2655-206X), 14, 115–129. https://doi.org/Https://Doi.Org/10.54443/Sinomika.V 1i3.285.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Khusnul Khotimah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.