Pembinaan Masyarakat melalui Penyuluhan tentang Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dan Etika Batuk yang Benar pada Siswa SDN Toyomarto III, Singosari, Kabupaten Malang
DOI:
https://doi.org/10.47134/jpem.v2i3.801Keywords:
PHBS, Etika batuk, Penyuluhan, Promosi Kesehatan, Sekolah DasarAbstract
Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) serta etika batuk yang benar merupakan aspek penting dalam pencegahan penyakit menular, khususnya di lingkungan sekolah dasar yang rawan terhadap penyebaran penyakit infeksi saluran pernapasan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan kesadaran siswa SDN Toyomarto III Singosari mengenai PHBS dan etika batuk yang benar melalui kegiatan penyuluhan dan pembinaan masyarakat. Kegiatan dilakukan dalam bentuk penyuluhan interaktif, demonstrasi, dan simulasi etika batuk serta praktik cuci tangan yang benar. Evaluasi dilakukan melalui pre-test dan post-test kepada 60 siswa kelas 4–6. Terdapat peningkatan pengetahuan siswa sebesar 40% setelah kegiatan penyuluhan. Siswa mampu mempraktikkan teknik batuk yang benar dan cuci tangan sesuai standar WHO. Penyuluhan tentang PHBS dan etika batuk yang benar terbukti efektif dalam meningkatkan pengetahuan dan kesadaran siswa. Kegiatan ini mendukung terciptanya lingkungan sekolah yang sehat dan minim risiko penularan penyakit.
References
Anwar, A. F., et al. (2022). Determinants of Handwashing Practices among School-Aged Children. BMC Public Health, 22(1), 1172.
CDC. (2020). Cover Your Cough: Etiquette to Stop the Spread of Germs. Centers for Disease Control and Prevention.
Contento, I.R. (2007). Pendidikan nutrisi: Kunci untuk mempromosikan kebiasaan makan yang sehat. Jurnal Pendidikan dan Perilaku Nutrisi, 39 (3), 154-160.
Dinas Kesehatan Kota Malang. (2020). Profil Kesehatan Kota Malang Tahun 2019.
Ghosh, S., & Gupta, S. (2014). Dampak pendidikan kesehatan terhadap pengetahuan dan praktik mengenai etiket batuk di kalangan anak sekolah. Jurnal Internasional Kedokteran Masyarakat dan Kesehatan Masyarak, 1 (2), 100-104.
Handayani, S. et al. (2020). Etika Batuk dan Kebersihan Tangan di Era Pandemi. Media Kesehatan Masyarakat Indonesia, 19(3), 230–238.
Irawati, N. (2022). Strategi Promosi Kesehatan di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat, 11(4), 275–283.
Kearney, J.M., McElhone, S., & McCarthy, S. (2015). Peran sekolah dalam mempromosikan makan sehat: Tinjauan literatur. Penelitian Pendidikan Kesehatan, 30 (3), 439-455.
Kementerian Kesehatan RI. (2019). Panduan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Jakarta: Kemenkes.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2020). Buku Panduan Sekolah Sehat. Jakarta.
Khoirunnisa, L. & Rachman, A. (2023). School-Based Health Interventions and Its Effectiveness. Global Journal of Health Science, 15(1), 55–64.
McLeroy, K.R., et al. (1988). An Ecological Perspective on Health Promotion Programs. Health Education Quarterly, 15(4), 351–377. DOI: https://doi.org/10.1177/109019818801500401
Notoatmodjo, S. (2012). Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku. Jakarta: Rineka Cipta.
Nurhayati, A., & Susanti, D. (2023). Multisectoral Approach to Health Behavior Change in Schools. Journal of Health Promotion, 11(1), 12–21.
Oktavia, M., et al. (2021). Analisis Efektivitas Edukasi PHBS Terhadap Siswa. Jurnal Keperawatan dan Kesehatan, 12(1), 18–27.
Organisasi Kesehatan Dunia (2020). Inisiatif kesehatan sekolah global: Kerangka kerja untuk program kesehatan sekolah yang efektif. Diperoleh dari [situs web WHO].
Prasetyo, B., & Arifah, I. (2022). Peningkatan Perilaku PHBS melalui Media Interaktif. Jurnal Promkes, 10(1), 23–30.
Putri, L. M., & Rahayu, T. (2021). Edukasi PHBS untuk Siswa Sekolah Dasar dalam Pencegahan COVID-19. Jurnal Pengabdian Kesehatan, 3(2), 45–50.
Rahmawati, D., et al. (2020). Effectiveness of School-Based Health Education in Improving Hand Hygiene. Journal of Public Health Research, 9(1), 32–38.
Sallis, J.F., Prochaska, J.J., & Taylor, W.C. (2006). Tinjauan korelasi aktivitas fisik anak-anak dan remaja. Pengobatan Pencegah, 43 (5), 369-380.
Supardi, I. (2021). Pengaruh Simulasi terhadap Pengetahuan dan Sikap PHBS pada Anak Sekolah. Jurnal Kesehatan Masyarakat Indonesia, 16(2), 115–122.
UNICEF. (2021). School Hygiene and Sanitation Guidelines. New York.
WHO. (2020). Hand Hygiene in Communities. Geneva: World Health Organization.
Widodo, A., et al. (2021). Integration of Health Values in Elementary School Curriculum. Indonesian Journal of Health Promotion, 9(2), 87–96.
Yuliani, I., et al. (2021). The Effect of Simulation-Based Education on PHBS Behavior. Health Education Journal, 80(5), 510–519.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.