Meningkatkan Kualitas Layanan Publik di Indonesia

Authors

  • Tiara Agustin Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Lailul Mursyidah Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

DOI:

https://doi.org/10.47134/jpem.v1i1.326

Keywords:

Kualitas Pelayanan Publik, Administrasi Kepegawaian, Pelayanan Kenaikan Pangkat

Abstract

Penelitian ini mengevaluasi kualitas layanan promosi di Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Sidoarjo, dengan fokus pada tantangan proses promosi manual dan solusi inovatif yang diterapkan untuk mengatasinya. Sistem Pengelolaan Kenaikan Pangkat (SIPEKAT) diperkenalkan untuk memperstreamline operasi, memanfaatkan teknologi untuk meminimalisir penggunaan kertas dan meningkatkan efisiensi layanan. Menggunakan pendekatan metode campuran, penelitian ini menggabungkan analisis kuantitatif menggunakan metode servqual dengan analisis kualitatif melalui model data interaktif. Temuan menunjukkan bahwa meskipun terdapat beberapa ketidaksesuaian dalam kualifikasi pegawai dan masalah jaringan sesekali, kualitas layanan promosi secara signifikan telah ditingkatkan, selaras dengan keputusan kabupaten Sidoarjo tentang pengelolaan promosi. Studi ini menekankan peran kritikal integrasi teknologi dan pelatihan khusus dalam memajukan layanan administratif berbasis online, merefleksikan implikasi yang lebih luas untuk efisiensi administratif di lembaga pemerintah daerah.

 

References

Agunggunanto, E. Y., Arianti, F., & ... (2016). Pengembangan desa mandiri melalui pengelolaan badan usaha milik desa (BUMDes). … Ekonomi Dan Bisnis. http://ejournal.unisnu.ac.id/JDEB/article/view/395

Arianto, N. (2018). Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan dan loyalitas pengunjung dalam menggunakan jasa Hotel Rizen Kedaton Bogor. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 1(2), 123-134. DOI: https://doi.org/10.32493/jpkpk.v1i2.856

Creswell, J. W. (2010). Research design: pendekatan kualitatif, kuantitatif, dan mixed. Yogyakarta: PT Pustaka Pelajar.

Fakhriadi, H. M., & Sudjanarti, D. (2024). PEMBUATAN E-CATALOGUE SEBAGAI MEDIA PROMOSI DI INSTAGRAM MENGGUNAKAN APLIKASI CANVA PADA UMKM YY KEBAB KERTOSONO. JEBIMAN: Jurnal Ekonomi, Bisnis …. https://jebiman.joln.org/index.php/jebiman/article/view/142

Gie, T. L. (1992). Pengertian, kedudukan dan perincian ilmu administrasi. Yogyakarta: Penerbit Liberty.

Haiqal, R. A., & Fauzi, A. (2024). PERANCANGAN DESAIN FEEDS INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA PROMOSI DENGAN MENGGUNAKAN PHOTOSHOP PADA DEPOT TONGSENG KURNIA …. Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan …. https://ejurnal.kampusakademik.co.id/index.php/jiem/article/view/1484

Hamonangan, H. (2020). Analisis Penerapan Prinsip 5C Dalam Penyaluran Pembiayaan Pada Bank Muamalat KCU Padangsidempuan. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & …. http://journal.stiemb.ac.id/index.php/mea/article/view/518

Hermawan, H. (2016). Dampak pengembangan Desa Wisata Nglanggeran terhadap ekonomi masyarakat lokal. Jurnal Pariwisata. https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/jp/article/view/1383 DOI: https://doi.org/10.31219/osf.io/xhkwv

Imron, A. M. (2008). Administrasi kepegawaian negara di Indonesia. Malang: Agritek YPN.Keputusan Bupati Sidoarjo Nomor 800/307/404.6.1/2015 tentang sistem pengelolaan kenaikan pangkat.

Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara (KepMenpan) Nomor 63/KEP/M.PAN/7/2003 tentang pedoman umum dan penyelenggaraan publik.

Lesawati, L., Hosen, A., & Ferina, Z. I. (2019). Peranan Laporan Keuangan Dan Penilaian Prinsip 5c Terhadap Efektifitas Pemberian Kredit Pada PT. Bank Bengkulu Cabang Tais. Assets: Jurnal Ekonomi …. http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/assets/article/view/10125 DOI: https://doi.org/10.24252/.v9i1.10125

Lukman, S. (2001). Manajemen kualitas pelayanan. Jakarta: STIA LAN Press.

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). An expanded sourcebook: Qualitative data analysis. London: Sage Publications.

Mursyidah, L., & Rodiyah, I. (2020). Pelaksanaan survey kepuasan masyarakat Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Sidoarjo. Jawa Timur.

Noermawati, J., Pratiwi, A., Rozikan, R., & ... (2019). Pemberdayaan kelompok hadroh dalam peningkatan status sosial dan ekonomi masyarakat di indonesia. Seminar Nasional Hasil …. https://jurnal.poliupg.ac.id/index.php/snp2m/article/download/1462/1360

Nuralia, L., & Imadudin, I. (2017). Pengaruh Akulturasi Budaya Terhadap Dualisme Sistem Ekonomi Masyarakat Kampung Tua di Kecamatan Abung Timur, Kabupaten Lampung Utara. Patanjala. https://www.neliti.com/publications/291757/pengaruh-akulturasi-budaya-terhadap-dualisme-sistem-ekonomi-masyarakat-kampung-t DOI: https://doi.org/10.30959/patanjala.v9i1.347

Oktavianti, S., & Domai, T. (2018). Revitalisasi sistem informasi manajemen kepegawaian dalam pengelolaan kenaikan pangkat (Studi pada Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Sidoarjo).

Parasuraman, A., Zeithaml, V. A., & Berry, L. (2011). A conceptual model of service quality and its implication for future research. Journal of Marketing, 49. DOI: https://doi.org/10.2307/1251430

Puspitasari, D. P. D. (2024). PERTIMBANGAN PARADIGMA FEMINISME DALAM PEMBUATAN KEBIJAKAN PUBLIK: TREN DAN AGENDA PENELITIAN KE DEPAN. Ganaya: Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora. http://www.jayapanguspress.com/index.php/ganaya/article/view/32

Rahayu, F. S., Samsiah, S., & Hinggo, H. T. (2021). Analisis Prinsip 5C dan 7P dalam Pemberian Kredit untuk Meminimalisir Kredit Bermasalah dan Meningkatkan Profitabilitas: Studi Kasus pada Swamitra …. Prosiding Seminar Nasional Ekonomi, Bisnis & ….

Sari, N. F. (2018). Implementasi layanan sistem pengelolaan kenaikan pangkat (SIPEKAT) di Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Sidoarjo.

Sinambella, L. P. (2007). Reformasi dan teori pelayanan publik. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Sukmaningrum, D. A. S. (2023). Analisa Kelayakan Nasabah Menggunakan Metode Prinsip 5C Dalam Pembiayaan KPR. Jurnal Ekonomi Manajemen Dan …. https://ojs.ejournalunigoro.com/index.php/JEMeS/article/view/613

Sutopo, S. A. (2009). Pelayanan prima. Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia, Jakarta.

Tjiptono, F. (2017). Pemasaran jasa. Jawa Timur: Banyumedia Publishing.

Vazwan, M. R. (2024). EFEKTIVITAS INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA PROMOSI PADA “DAN INI KOPI” DENGAN PENDEKATAN SWOT. Neraca: Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi. http://jurnal.kolibi.org/index.php/neraca/article/view/1311

Wahyuni, W. (2022). Analisis Sentimen terhadap Opini Feminisme Menggunakan Metode Naive Bayes. Jurnal Informatika Ekonomi Bisnis. https://www.infeb.org/index.php/infeb/article/view/162 DOI: https://doi.org/10.37034/infeb.v4i4.162

Wati, S. K., Pristiyono, P., & Gulo, N. (2024). Analisis Penggunaan Media Sosial Sebagai Alat promosi Ditinjau Dari Instagram, Facebook, Tiktok dan WhatsApp. EKOMA: Jurnal Ekonomi …. https://journal-nusantara.com/index.php/EKOMA/article/view/3628

Widyaningrum, N. E., Utomo, S. P., & ... (2019). PENERAPAN PRINSIP 5C DALAM MENANGANI KREDIT BERMASALAH PADA PT BPR ARTAMULYA BUMIMUKTI SIDOARJO. Publikasi Ilmiah …. https://jurnalmahasiswa.unipasby.ac.id/index.php/pia/article/view/89

Downloads

Published

2024-06-12

How to Cite

Agustin, T., & Mursyidah, L. (2024). Meningkatkan Kualitas Layanan Publik di Indonesia. Jurnal Pemberdayaan Ekonomi Dan Masyarakat, 1(1), 13. https://doi.org/10.47134/jpem.v1i1.326

Issue

Section

Articles

Categories

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.