Edutrip sebagai Sarana Peningkatan Uncertainty Preparedness Siswa Paket B di PKBM Alam Jingga

Authors

  • Febi Robianti PKBM Alam Jingga
  • Marsahid Agung Sasongko PKBM Alam Jingga
  • Herlin Kusumasari PKBM Alam Jingga
  • Nauriana PKBM Alam Jingga

DOI:

https://doi.org/10.47134/jpem.v2i3.800

Keywords:

Kesiapan Menghadapi Ketidakpastian, Program Edutrip, Strategi Koping, Ketahanan Mental

Abstract

Penelitian deskriptif kualitatif ini mengkaji peran program Edutrip dalam meningkatkan kesiapan menghadapi ketidakpastian pada siswa Paket B di PKBM Alam Jingga. Dengan teknik purposive sampling, 11 siswa yang mengikuti minimal satu sesi Edutrip dalam satu tahun akademik terakhir dipilih sebagai partisipan. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dan kuesioner reflektif terbuka. Analisis tematik dengan validasi sumber data digunakan untuk memastikan ketepatan dan kedalaman hasil penelitian. Hasil menunjukkan bahwa siswa menggunakan strategi koping ganda, yaitu kombinasi kemandirian dan meminta bantuan, dalam menghadapi ketidakpastian. Respon emosional negatif seperti panik dan menyerah menurunkan tingkat kesiapan mereka. Program Edutrip efektif memperkuat ketahanan mental, pengendalian emosi, adaptabilitas, serta keterampilan pengambilan keputusan kritis. Rekomendasi penelitian adalah melanjutkan program dengan dukungan lebih baik pada mekanisme koping emosional dan kognitif agar siswa lebih siap menghadapi tantangan tak terduga.

References

Avonturir Edutrip. (2016, June 21). Jingga Edutrip (JET) Explore Singapore - Malaysia; 8 – 11 November 2016. https://avonturiredutrip.blogspot.com/2016/06/jingga-edutrip-jet-explore-singapore.html

Az-Zahroo, F., Subandi, S., Ligery, F., & Setiawan, A. (2025). Efektivitas Pendayagunaan Dana Infaq Sedekah Produktif Dompet Dhuafa dalam Pemberdayaan Program MaggotIn. Dompet Dhuafa Research Report.

Causa, O., & Johansson, Å. (2010). Intergenerational social mobility in OECD countries. OECD Journal: Economic Studies, (2010), Article 6. https://doi.org/10.1787/eco_studies-2010-5km7jctq5htx

Cheng, S.-C., Hwang, G.-J., & Chen, C.-H. (2019). From reflective observation to active learning: A mobile experiential learning approach for environmental science education. British Journal of Educational Technology, 51(1), 148–170. https://doi.org/10.1111/bjet.12845 DOI: https://doi.org/10.1111/bjet.12845

Febi. (2015, November 2). Edutrip Jingga, Satu dari 1000 Jalan menuju Ridha-Nya. Bunga Ketimun. https://bungaketimun.blogspot.com/2015/11/edutrip-jingga-satu-dari-1000-jalan.html

Hermawan, H., Saputra, A. D., Prihatno, Sinangjoyo, N. J., Anwari, H., Wahyono, H., & Mahiswara, A. L. (2022). Pendampingan SDM Desa Wisata Garongan: Program Kerjasama Sekolah Tinggi Pariwisata AMPTA dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Tahun 2022. Jurnal Abdimas Pariwisata, 3(2), 80–104. https://doi.org/10.36276/jap.v3i2.354 DOI: https://doi.org/10.36276/jap.v3i2.354

Kurniawati, G. P., & Hidayat, D. (2023). Upaya meningkatkan motivasi belajar warga belajar Paket C pada mata pelajaran IPA melalui pendekatan kontekstual di PKBM Rini Handayani Kecamatan Tambun Selatan. Comm-Edu: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(2), 151–156. https://doi.org/10.22460/comm-edu.v6i2.14566

Monllor, J., Michels, N., & Adderley, S. (2023). Pivoting an entrepreneurship experiential learning module online: Applying a concrete experience framework. Entrepreneurship Education and Pedagogy, 7(4), 416–438. https://doi.org/10.1177/25151274231217953 DOI: https://doi.org/10.1177/25151274231217953

Musdhalifah, A., & Ali, M. (2018). Penanaman Karakter Mandiri dan Religius Melalui Program Home Stay di SMP Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat Surakarta Tahun 2017/2018. Universitas Muhammadiyah Surakarta. https://eprints.ums.ac.id/64376/

Nisya, Q. K., Hoerniasih, N., & Suminar, U. (2023). Penerapan pembelajaran kontekstual dalam meningkatkan kecakapan hidup pada program Paket C di PKBM. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS), 17(2), 100–108. https://doi.org/10.32832/jpls.v17i2.14800 DOI: https://doi.org/10.32832/jpls.v17i2.14800

Nuzulia. (2018). Analisis Manajemen Masjid Ulil Albab terhadap Maslahah Performa. Universitas Islam Indonesia. https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/11956

Rochman, A., Supriyono, Supriyanto, A., Zulkarnain, & Redjeki, E. S. (2024). Strategi pemberdayaan masyarakat berbasis kontekstual di PKBM Al Madinah Kota Kediri. Abdi Duta Masyarakat, 5(1). https://doi.org/10.33752/abidumasy.v5i01.5712 DOI: https://doi.org/10.33752/abidumasy.v5i01.5712

Samimian-Darash, L. (2016). Practicing uncertainty: Scenario-based preparedness exercises in Israel. Cultural Anthropology, 31(3), 359–386. https://doi.org/10.14506/ca31.3.06 DOI: https://doi.org/10.14506/ca31.3.06

Scoones, I. (2019). What is uncertainty and why does it matter? (STEPS Working Paper 105). STEPS Centre. https://opendocs.ids.ac.uk/articles/report/What_is_Uncertainty_and_Why_Does_it_Matter_/26432353

Temple, S. (2002). Setting a baby into the grass: A biological model of interactions between concrete and abstract learning experiences. In Proceedings of the 18th National Conference on the Beginning Design Student (p. 22). http://archives.pdx.edu/ds/psu/15523

Downloads

Published

2025-07-05

How to Cite

Robianti, F., Sasongko, M. A., Kusumasari, H., & Nauriana, N. (2025). Edutrip sebagai Sarana Peningkatan Uncertainty Preparedness Siswa Paket B di PKBM Alam Jingga. Jurnal Pemberdayaan Ekonomi Dan Masyarakat, 2(3), 12. https://doi.org/10.47134/jpem.v2i3.800

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)