Analisis Kepuasan dan Loyalitas Konsumen Produk Minuman Teh di Kedai Dichaian di Cikarang Utara Kabupaten Bekasi

Authors

  • Agata Prihaswara Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Abubakar Abubakar Universitas Singaperbangsa Karawang
  • I Ketut Manu Mahatmayana Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.47134/jbea.v1i3.367

Keywords:

Analisis kepuasan, CSI, Kedai Teh, Loyalitas Konsumen

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur tingkat loyalitas konsumen di Kedai Dichaian, Cikarang Utara. Lokasi penelitian dipilih secara sengaja menggunakan metode purposive sampling untuk memastikan kesesuaian dengan tujuan penelitian. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah non probability sampling, khususnya accidental sampling. Berdasarkan perhitungan dengan rumus Lemeshow, diperlukan 96 responden, namun jumlah ini dibulatkan menjadi minimal 100 responden. Responden yang dipilih adalah konsumen Kedai Dichaian yang telah membeli teh lebih dari sekali. Pengumpulan data dilakukan melalui dua sumber utama: data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh melalui wawancara dan kuesioner yang diberikan langsung kepada konsumen. Data sekunder diperoleh dari studi literatur yang mencakup buku, publikasi dari Badan Pusat Statistik, jurnal ilmiah, serta sumber-sumber internet yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan berbagai tingkat loyalitas konsumen di Kedai Dichaian. Ditemukan bahwa 46% responden termasuk dalam kategori switcher buyer, 41% merupakan habitual buyer, 78% adalah satisfaction buyer, 50% menunjukkan liking the brand, dan 40% termasuk dalam kategori committed buyer. Temuan ini memberikan wawasan tentang profil loyalitas konsumen yang dapat digunakan untuk meningkatkan strategi pemasaran dan mempertahankan pelanggan di Kedai Dichaian.

References

Akhmadi, M. D. D., & Martini, E. (2020). Pengaruh E-Service Quality Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan Aplikasi Ovo. Jurnal Mitra Manajemen. http://e-jurnalmitramanajemen.com/index.php/jmm/article/view/385

Bharmawan, A. S., & Hanif, N. (2022). Manajemen pemasaran jasa: strategi, mengukur kepuasan dan loyalitas pelanggan. books.google.com. https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=4LheEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA8&dq=kepuasan+dan+loyalitas&ots=g-Yd6T1qhc&sig=pf0U5PRu2RTQYQq1gD8R0zhZah0

Cardia, D. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Promosi Terhadap Loyalitas Pelanggan. E-Jurnal Manajemen, 8(11), 6762-6781.

Daulay, R., Hafni, R., & Nasution, S. M. A. (2022). Antaseden Kepuasan dan Loyalitas Penumpang Maskapai Penerbangan Low Cost Carrier di Indonesia. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan …. https://jurnal.umsu.ac.id/index.php/mbisnis/article/view/11725

Fatihudin, D., & Firmansyah, M. A. (2019). Pemasaran jasa: Strategi, mengukur kepuasan, dan loyalitas pelanggan. repository.um-surabaya.ac.id. https://repository.um-surabaya.ac.id/3361/12/(14)Buku_Pemasaran_Jasa(fulltexs).pdf

Gerson, R. F. (2010). Mengukur Kepuasan Pelanggan: Panduan Menciptakan Pelayanan Bermutu. Jakarta: PPM.

Haris, D. (2019). Kualitas dan desain produk dalam meningkatkan kepuasan dan loyalitas konsumen (studi kasus baju dagadu yogyakarta). At-Tasyri’: Jurnal Ilmiah Prodi Muamalah. http://ejournal.staindirundeng.ac.id/index.php/Tasyri/article/view/277

Haryanti, N., & Baqi, D. A. (2019). Strategi Service Quality Sebagai Media Dalam Menciptakan Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan. Journal of Sharia Economics. https://journal.uaindonesia.ac.id/index.php/JSE/article/view/72

Hati, S. W., & Juliati, A. (2019). Analisis pengaruh logistics service quality terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan pada perusahan logistik jalur nugraha ekakurir (Jne). Jurnal Akuntansi, Ekonomi Dan …. https://jurnal.polibatam.ac.id/index.php/JAEMB/article/view/1592

Helmi, M., Sriartha, I. P., & Sarmita, I. M. (2021). Strategi Pengembangan Komoditas Unggulan Subsektor Tanaman Perkebunan di Kabupaten Buleleng. Jurnal Pendidikan Geografi Undiksha, 9(1), 26-35.

Herlyana, E. (2018). Fenomena Coffee Shop Sebagai Gejala Gaya Hidup Baru Kaum Muda. Program Studi Sejarah dan Kebudayaan Islam, Fakultas Adab dan Ilmu Budaya, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Yogyakarta.

Hidayatullah, S., Windhyastiti, I., Patalo, R. G., & ... (2020). Citra destinasi: Pengaruhnya terhadap kepuasan dan loyalitas wisatawan yang berkunjung ke Gunung Bromo. … Manajemen Dan …. https://eprints.unmer.ac.id/id/eprint/2958/

Husna, N., & Novita, D. (2020). Peran Aesthetic Experential Qualities Dan Perceived Value Untuk Kepuasan Dan Loyalitas Pengunjung Wisata Bahari Di Provinsi Lampung. Jurnal Pariwisata Pesona. http://jurnal.unmer.ac.id/index.php/jpp/article/view/4732

Intan, D. R., Gurning, R. N. S., & Ginting, L. N. (2021). Pengaruh store atmosphere terhadap kepuasan dan loyalitas konsumen. Jurnal Pertanian Agros. https://www.academia.edu/download/90270342/918.pdf

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (15th ed.). New Jersey: Pearson Education.

Leke, R. M., Welsa, H., & Cahya, A. D. (2023). Pengaruh Citra Merek dan Harga terhadap Loyalitas Pelanggan Indomie Goreng dengan Kepuasan sebagai Variabel Intervening. J-MAS (Jurnal Manajemen dan Sains), 8(1), 352-359. Penerbar Swadaya, Jakarta.

Lubis, Z., & Maulidya, M. M. (2024). Kewirausahaan Paradigma dan Keterampilan Berwirausaha.

Mahyardiani, R. R., & Krisnatuti, D. (2020). Menguji kepuasan dan loyalitas pasien RSIA Budi Kemuliaan menggunakan bauran pemasaran. … Aplikasi Bisnis Dan …. https://jurnalpenyuluhan.ipb.ac.id/index.php/jabm/article/view/29935

Muis, M. R., Gultom, D. K., Jufrizen, J., & ... (2020). Model Elektronik Word of Mouth: Citra Destinasi, Kepuasan dan Loyalitas Wisatawan. … Ilmiah Manajemen Dan …. https://jurnal.umsu.ac.id/index.php/mbisnis/article/view/3694

Ningrum, P., & Purnamasari, W. (2022). Pengaruh gaya kepemimpinan dan budaya organisasi terhadap kepuasan dan loyalitas kerja karyawan. …. http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=3016073&val=27234&title

Nurhidayati, M., & Cahyani, N. K. (2021). Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan dan Loyalitas Pengguna E-Channel pada Nasabah BSI KCP Ponorogo. Etihad: Journal of Islamic …. https://jurnal.iainponorogo.ac.id/index.php/etihad/article/view/3527

Nursiti, D. (2019). Pengaruh Kinerja Karyawan Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan Chatime. Jurnal Psychomutiara. http://e-journal.sari-mutiara.ac.id/index.php/Psikologi/article/view/1173

Putra, R. (2021). Determinasi Kepuasan Pelanggan Dan Loyalitas Pelanggan Terhadap Kualitas Produk, Citra Merek Dan Persepsi Harga (Literature Review Manajemen Pemasaran). Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi. https://dinastirev.org/JEMSI/article/view/461

Qonita, R. H. (2023). Pengaruh Harga Dan Cita Rasa Terhadap Loyalitas Konsumen Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Mediasi (Studi Kasus Pada Konsumen Mie Gacoan Purwokerto) (Doctoral dissertation, UIN Prof. KH Saifuddin Zuhri).

Qorfianalda, S., & Wulandari, A. (2021). Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Dimediasi Kepuasan dan Loyalitas Kerja Karyawan. EKOMABIS: Jurnal …. https://journal.lppmpelitabangsa.id/index.php/ekomabis/article/view/211

Rahmayanti, P. L. D., & Ekawati, N. W. (2021). Pengaruh kualitas layanan dan promosi penjualan terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan menggunakan online food delivery service di bali. Jurnal Manajemen Dan Bisnis …. https://ojs.unr.ac.id/index.php/Equilibrium/article/view/714

Rosianty, Y., Lensari, D., & Fahmi, I. A. (2023). Pemahaman Masyarakat Terhadap Pengembangan Ruang Terbuka Hijau Muara Enim. Wahana Forestra: Jurnal Kehutanan, 18(2), 62-70.

Sapitri, E., Sampurno, S., & Hayani, I. (2020). Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan. … , Seni, Dan Teknologi. https://www.jurnalmandiri.lkd-pm.com/index.php/mandiri/article/view/150

Sasongko, S. R. (2021). Faktor-faktor kepuasan pelanggan dan loyalitas pelanggan (literature review manajemen pemasaran). Jurnal Ilmu Manajemen Terapan. https://dinastirev.org/JIMT/article/view/707

Siswadi, F., Hari, M., & Sufrin, H. (2019). Pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan dan loyalitas pelanggan. Jurnal Pustakawan …. https://jurnalpenyuluhan.ipb.ac.id/index.php/jpi/article/view/29246

Solikatun, S., Kartono, D. T., & Demartoto, A. (2015). Perilaku Konsumsi Kopi Sebagai Budaya Masyarakat Konsumsi (Studi Fenomenologi Pada Peminum Kopi Di Kedai Kopi Kota Semarang). Jurnal Analisa Sosiologi, 4(1).

Sumarwan, U. (2003). Perilaku Konsumen: Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Jakarta: Penerbit Ghalia Indonesia

Downloads

Published

2024-06-28

How to Cite

Prihaswara, A., Abubakar, A., & Mahatmayana , I. K. M. (2024). Analisis Kepuasan dan Loyalitas Konsumen Produk Minuman Teh di Kedai Dichaian di Cikarang Utara Kabupaten Bekasi. Journal of Business Economics and Agribusiness, 1(3), 14. https://doi.org/10.47134/jbea.v1i3.367

Issue

Section

Articles