Perencanaan dan Pengembangan Portofolio “Fruit Crack” Buah Kering Premium Berbasis Bahan Lokal
DOI:
https://doi.org/10.47134/jbea.v2i4.778Keywords:
Buah Kering, Strategi Pemasaran, Analisis Pasar, Manajemen Rantai PasokanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk merencanakan dan mengembangkan portofolio produk "Fruit Crack" yaitu buah kering premium yang berbasis bahan lokal. Fokus utama dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi strategi pemasaran yang efektif dalam mempromosikan Fruit Crack sebagai produk premium, melakukan analisis pasar untuk menentukan segmen konsumen yang tepat, serta mengatasi tantangan yang dihadapi dalam rantai manajemen pasokan untuk produk berbasis bahan lokal. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif-deskriptif, dengan pengumpulan data melalui studi pustaka dan observasi sekunder dari jurnal dan buku yang relevan. Penelitian ini tidak mengumpulkan data primer, melainkan menganalisis informasi yang sudah ada untuk memberikan wawasan yang berharga bagi pengembang produk dan pemasar. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan rekomendasi yang inovatif dan berkelanjutan dalam pengembangan produk, serta meningkatkan daya saing dan kepuasan pelanggan. Dengan demikian, penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi pada pemahaman yang lebih baik mengenai strategi pemasaran dan manajemen rantai pasokan dalam konteks produk berbasis bahan lokal.
References
Aditiya Pratama Daryana, Vina Gabriella Saragih, Amalia Akita, Deddy Ray Girsang. (2025). Tren Healthy Fast Food : Analisis Model Bisnis Dan Potensi pertumbuhan di era gaya hidup sehat di kota medan . JURNAL MANAJEMEN DAN BISNIS (JMB) .
ALWI, A. ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PERUSAHAAN AMDK.
Daryanto. (2021). Manajemen Pemasaran: Konsep, Strategi dan Implementasi. Gava Media.
Hariansyah, N. (2021). Segmentasi pasar dalam komunikasi pemasaran Islam. Al-Hikmah: Jurnal Ilmu Dakwah dan Pengembangan Masyarakat , 19 (2), 127-138. DOI: https://doi.org/10.35719/alhikmah.v19i2.73
Khairaniyatul Iftitah, Eka Saputra , dan Dwi Yuli Pujiastuti. (2025). Karakteristik dan Masa Simpan Fruit Leather Berbahan Baku Buah Pedada . JMCS (Journal of Marine and Coastal Science).
Mardiyana, Murni Handayani, Fadillah. (2022). Pengaruh Penambahan Hidrokoloid CMC terhadap Karakteristik Fruit Leather Jambu Air . TEKNOTAN (Jurnal Industri Teknologi Pertanian). DOI: https://doi.org/10.24198/jt.vol16n3.5
Muh Arsyad dan Rum Supu. (2022). Pengaruh Lama Pengeringan Terhadap Karakteristik Fisikokimia . Perbal: Jurnal Pertanian Berkelanjutan . DOI: https://doi.org/10.30605/perbal.v10i1.1540
Nasution, F. I., Rahman, A. F., Laila, W., Nasirly, R., & Arsi, F. (2025).Pemodelan karakteristik pengeringan pada proses pengeringan nanas (Ananas comosus). Jurnal Teknik Industri Terintegrasi, 8(1), 1371–1377. DOI: https://doi.org/10.31004/jutin.v8i1.42020
Nisa, FZ, Wati, SFA, Rahmadani, A., Setiawan, AD, & Sekti, MP (2023, November). Studi Literatur: Strategi dan Tantangan dalam Penerapan Supply Chain Management. Dalam Prosiding Seminar Nasional Teknologi dan Sistem Informasi (Vol. 3, No. 1, pp. 21-33). DOI: https://doi.org/10.33005/sitasi.v3i1.585
Rusdi, M. (2019). Strategi Pemasaran untuk Meningkatkan Volume Penjualan pada Perusahaan Genting UD. Berkah Jaya. Jurnal Studi Manajemen Dan Bisnis , 6 (2), 83-88. DOI: https://doi.org/10.21107/jsmb.v6i2.6686
Saidi, I. A., & Wulandari, F. E. (2019). Pengeringan Sayuran dan Buah-buahan. Sidoarjo: Umsida Press. DOI: https://doi.org/10.21070/2019/978-602-5914-67-6
Saputra, A. (2020). Analisa kinerja mesin oven pengering buah berkapasitas 1 kg. Surya Teknika, 7(2), 147–155. DOI: https://doi.org/10.37859/jst.v7i2.2382
Simanjuntak, LF, Hasugian, AB, Hutagalung, SLB, Sitanggang, CB, Pinem, DA, & Anggiani, E. (2025). MANAJEMEN RANTAI PASOK BERKELANJUTAN DALAM INDUSTRI MAKANAN: STUDI LITERATUR TENTANG PRAKTIK DAN TANTANGAN. Jurnal Rumpun Manajemen Dan Ekonomi , 2 (2), 186-197.
Simanjuntak, LF, Hasugian, AB, Hutagalung, SLB, Sitanggang, CB, Pinem, DA, & Anggiani, E. (2025). MANAJEMEN RANTAI PASOK BERKELANJUTAN DALAM INDUSTRI MAKANAN: STUDI LITERATUR TENTANG PRAKTIK DAN TANTANGAN. Jurnal Rumpun Manajemen Dan Ekonomi , 2 (2), 186-197.
Widhajati, E., Rahmawati, D., & Isroiyah, L. (2024). MENENTUKAN SEGMEN PASAR MELLUI PENGENALAN PRODUK BAGI PELAKU USAHA. JANITA: JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT , 4 (2), 65-70. DOI: https://doi.org/10.36563/pengabdian.v4i1.1001
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Riska Kartika Suci, Kholifatur Rida Alisya, Sindi Amelia, Dafa Ramadhani Ahmad, Dinda Yovita Cyntia, Rusdi Hidayat N, Maharani Ikaningtyas

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.