Pengaruh Kepercayaan Pelanggan, Kualitas Produk, Citra Merek, dan Kepuasan Pelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan Produk Susu UHT Ultramilk di Kota Purwokerto

Authors

  • Fajar Triandini Universitas Wijayakusuma Purwokerto
  • Arinastuti Universitas Wijayakusuma Purwokerto
  • Enrico Aziezy Universitas Wijayakusuma Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.47134/umkm.v2i1.804

Keywords:

Kepercayaan Pelanggan, Kualitas Produk, Citra Merek, Kepuasan Pelanggan dan Loyalitas Pelanggan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepercayaan pelanggan, kualitas produk, citra merek dan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan produk susu UHT Ultramilk di Kota Purwokerto. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan susu UHT Ultramilk di Kota Purwokerto. Metode pengumpulan data menggunakkan kuesioner dan studi pustaka. Teknik dalam pengambilan sampel menggunakkan Teknik non-probability sampling dan menggunakkan metode purposive sampling. Dalam penelitian ini menggambil sampel sebanyak 100 responden. Teknik analisis data menggunakkan analisis regresi linier berganda dengan bantuan statistik SPSS 22. Hasil uji hipotesis pada penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) kepercayaan pelanggan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan produk susu UHT Ultramilk di Kota Purwokerto, maka hipotesis diterima (2) kualitas produk berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap loyalitas pelanggan produk susu UHT Ultramilk di Kota Purwokerto, maka hipotesis ditolak (3) citra merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan produk susu UHT Ultramilk di Kota Purwokerto, maka hipotesis diterima 4) Kepuasan pelanggan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan produk susu UHT Ultramilk di Kota Purwokerto, maka hipotesis diterima.

References

Ahn, J., & Back, K. J. (2020). The role of brand trust and brand affect in brand loyalty formation: A comparison between U.S. and Korean consumers. Journal of Hospitality Marketing & Management, 29(3), 243–262. https://doi.org/10.1080/19368623.2019.1631460

Arifin, Z., & Nugroho, A. (2023). Pengaruh kualitas produk dan citra merek terhadap loyalitas pelanggan pada produk FMCG. Jurnal Riset Ekonomi dan Bisnis, 12(2), 134–142.

Bilgin, Y. (2018). The effect of perceived value, brand trust and brand image on consumers’ repurchase intention. Marketing and Branding Research, 5(2), 157–165. https://doi.org/10.33844/mbr.2018.60366

Chen, Y. S., & Lin, M. J. J. (2022). The impact of brand experience and brand trust on brand loyalty: The moderating role of consumer characteristics. Journal of Retailing and Consumer Services, 65, 102876.

Dabbous, A., & Barakat, K. A. (2020). Assessing the impact of brand experience and customer satisfaction on brand loyalty. Journal of Retailing and Consumer Services, 53, 101966.

Eva Nurisma, R., & Khalid, Z. (2024). The Effect of Product Quality, Brand Image, and Customer Satisfaction On Customer Loyalty (As Study On Ultra Milk Consumers In Jakarta). Co-Value Jurnal Ekonomi Koperasi Dan Kewirausahaan, 15(3). https://doi.org/10.59188/covalue.v15i3.4667

Fajri, N., & Hidayat, A. (2020). Pengaruh kualitas produk, harga, dan kepuasan terhadap loyalitas pelanggan produk susu kemasan. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 8(3), 213–225.

Firmansyah, A. (2019). Dr. M. Anang Firmansyah, SE., MM. Pemasaran (Dasar dan Konsep). In Pemasaran.

Ghozali, I., & Latan, H. (2021). Partial Least Squares: Konsep, Teknik dan Aplikasi Menggunakan SmartPLS 3.0. Semarang: Badan Penerbit UNDIP.

Ghozali.2018.AplikasiAnalisisMultivariatedenganprogramIBMSPSS25. 9ed.Semarang:BadanPenerbitUniversitasDiponegoro

Hair, J. F., Hult, G. T. M., Ringle, C. M., & Sarstedt, M. (2022). A Primer on Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM). Sage Publications.

Hidayat, D., & Yulianto, E. (2023). The effect of product quality, brand image, and customer satisfaction on brand loyalty of dairy products. Indonesian Journal of Business and Entrepreneurship, 9(1), 98–106.

Jiputra, J. A., Tarigan, Z. J. H., & Siagian, H. (2020). The effect of information technology on retailer satisfaction through supply chain management practices andretailer-distributor relationship in modern retailer Surabaya. International Journal of Business Studies, 3(2), 126-134.

Jurnal, J., Mea, I., Layanan, P. K., Merek, C., Pelanggan, K., & Kepuasan, D. A. N. (2023). JIMEA | Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, dan Akuntansi) Pengaruh Kualitas Layanan, Citra Merek, Kepercayaan Pelanggan Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Produk Herbalife. 7(1), 253–274.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2016). Principles of Marketing,(16 th edition). Edinburgh Gate, Harlow, Essex CM20 2JE, England: Pearson Education Limited.

Lau, G. T., & Lee, S. H. (2019). Consumers' trust in a brand and the link to brand loyalty. Journal of Brand Management, 26(5), 532–543.

Mardiana, Erin (2022) pengaruh cita rasa, promosi, harga, dan kepercayaan merek terhadap loyalitas pelanggan susu uht ultramilk serta tinjauannya dari sudut pandang islam. diploma thesis, Universitas YARSI.

Maulana, R. A., & Fitria, N. (2023). Kepuasan pelanggan sebagai variabel intervening antara citra merek dan loyalitas pelanggan. Jurnal Ilmu Ekonomi dan Bisnis, 10(2), 113–124.

Nugroho, R., & Prasetyo, D. (2022). Pengaruh kepercayaan dan citra merek terhadap loyalitas pelanggan produk susu UHT. Jurnal Riset Pemasaran, 17(1), 39–47.

ossain, M., & Kim, M. (2021). The impact of customer satisfaction on customer loyalty in fast-moving consumer goods. Journal of Consumer Behaviour, 20(4), 912–923.

Priansa, D,J. (2017). Perilaku Konsumen Dalam Persaingan Kontenporer. Bandung: Alfabeta

Sambodo Rio Sasongko. (2021). Faktor-Faktor Kepuasan Pelanggan Dan Loyalitas Pelanggan (Literature Review Manajemen Pemasaran). Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 3(1), 104–114. https://doi.org/10.31933/jimt.v3i1.707

Sigarlaki, F. R., Rundengan, M. L., & Pandey, J. (2021). Analisis pengaruh atribut kemasan terhadap minat beli susu cair Ultra Milk (studi kasus pada konsumen Freshmart Express Airmadidi Superstore). Zootec, 41(2), 433. https://doi.org/10.35792/zot.41.2.2021.35973

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

usumawati, A., & Kurniawan, R. (2022). Brand trust as a mediator in the relationship between brand image and loyalty. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 24(2), 155–162.

wiastanti, A., & Permata, A. (2021). Hubungan antara kepercayaan merek dan loyalitas pelanggan susu UHT lokal. Jurnal Ilmu Manajemen dan Pemasaran, 15(1), 71–80.

Downloads

Published

2025-07-05

How to Cite

Triandini, F., Arinastuti, A., & Aziezy, E. (2025). Pengaruh Kepercayaan Pelanggan, Kualitas Produk, Citra Merek, dan Kepuasan Pelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan Produk Susu UHT Ultramilk di Kota Purwokerto. Journal of Micro, Small and Medium Enterprises, 2(1), 10. https://doi.org/10.47134/umkm.v2i1.804

Issue

Section

Articles