Analisis Strategi Komunikasi Pemasaran Meningkatkan Penjualan Roti Bakar Mentari di Mayor Ruslan Palembang

Authors

  • Muhammad Randicha Hamandia Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Sri Hertimi Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Miftakhul Jannah Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang

DOI:

https://doi.org/10.47134/umkm.v1i4.701

Keywords:

Komunikasi, Pemasaran, Penjualan

Abstract

Melatarbelakangi Permasalahan penjualan pada usaha roti bakar mentari yang terkait dengan dimensi pada IMC, memberikan penjelasan tentang bagaimana proses pemasaran yang dilakukan oleh penjual maupun kepada pembeli, untuk mengetahui bagaimana pemasaran ini berjalan dengan baik dapat dilakukan melalui personal selling dalam menentukan strategi komunikasi pemasaran yang efektif. Tujuan dalam penelitian pertama, untuk menganalisis menganalisis strategi komunikasi pemasaran pada Roti Bakar Mentari. Kedua, untuk mengetahui Peningkatan Penjualan Penjualan Roti Bakar Mentari di Mayor Ruslan Palembang. Penelitian menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara angket dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan yaitu 1) Dengan menggunakan tiga strategi komunikasi pemasaran ini segmentasi, targeting, dan positioning) bekerja bersama dalam strategi komunikasi pemasaran Roti Bakar Mentari untuk mencapai tujuan bisnis mereka, seperti meningkatkan penjualan, memperluas pangsa pasar, atau membangun loyalitas pelanggan. 2) Peningkatan penjualan roti bakar dapat dicapai dengan kombinasi strategi pemasaran yang efektif, fokus pada kualitas produk dan layanan, inovasi yang berkelanjutan, dan pemahaman mendalam tentang target pasar

References

A Shimp, Terence. (2023). Advertishing Promotion and Suplamental Aspek of Integgrated Marketing Communication, Penerjemahan Refyani Sahyani, Periklanan Promosi dan Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: Erlangga.

Agus, Muhammad Arianda. (2021). Pola Komunikasi dalam Organisasi pada Yayasan Muatiara Azzam Palembang,Skripi Prodi Ilmu Komunikasi. Palembang: Perpustakaan UIN Raden Fatah Palembang.

Ani, Wasrif. (2021). Strategi Komunikasi Indosat Ooredoo Dalam Meningkatkan Jumlah Pelanggan di Kota Samarinda, (Online), Vol. 4 No. 4. 31-32

Anjar, Adista Diany. (2023). Keberadaan Pasar Kaget terhadap Pedagang dan Masyarakat (Studi pada Pasar Kaget Jalan Achmad Yani Km 10 Kecamatan Kertak Hanyar Kabupaten Banjar Kalimantan Selatan). Jurnal JIEB: Ilmu Ekonomi Bisnis. Jilid.9 No.3 November.

Aulia, Ainda Wildan & Sylvie Nurfebiaraning. (2021). Strategi Komunikasi Pemasaran Sustainable Fashion Brand Iameccu melalui Media Sosial Instagram. Jurnal Ilmu Komunikasi (MEDIALOG). Vol. IV. No. II Agustus.

Aziz, Abdul Muhammad Azzam. (2020). Fiqh Muamalat Sistem Tranksaksi Dalam Islam. Jakarta: Sinar Grafika Offset.

Bapak Bayu Kambuna, Pemilik Usaha Roti Bakar Mentari di Mayor Ruslan Palembang, Wawancara, tanggal 30 Juli 2024.

Basu, Swastha & Irawan. (2020). Manajemen Pemasaran Modern, Edisi Kedua,Cetakan Ketiga belas. Yogyakarta: Liberty Offset.

Bayu Kambuna, Pemilik Usaha Roti Bakar Mentari Mayor Ruslan Palembang, Wawancara, tanggal 6 Februari 2025.

Delly Mustafa, Syaifuddin dan Muhammad Natsir Mallawi, Strategi Komunikasi pemasaran dalam Meningkatkan Penjualan Buku PT. Rineka Cipta Makassar, Jurnal Connected Ilmu Komunikasi, Vol. 3 Issue 1 Juny 2022.

Depertemen Agama RI, Al-Quran Dan terjemahan

Efendi, Onong Udjana. (2021). Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Endah, Sari Nursyamsi, et al. 2022. Strategi Komunikasi Pemasaran Toska Fashion dalam Meningkatkan Customer Engagent melalui Media Sosial Instagram. IKON Jurnal Ilmu Komunikasi 2022 (Universitas Persada Indonesia Y.A.I). Vol. XXVII.

Fahmi, Rizal & Syafruddin Pohan. (2022). Strategi Komunikasi Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia dalam Digitalisasi Pelayanan Kenaikan Pangkat Pegawai Negeri Sipil. Jurnal Peurawi:Media Kajian Komunikasi Islam. Vol.5 No.1.

Fakhruddin, Arif & Maria Valeria. (2022). Bauran Pemasaran. Yogyakarta: Deepublishih.

Firmansyah, Anang. (2020). Komunikasi Pemasaran. Pasuruan: CV. Penerbit Qiara Media.

Hafni, Syafrida Sahir. (2021). Metodologi Penelitian.Yogyakarta: KBM Indonesia.

Hasmawati, Fifi. (2021). Kekuatan Manajemen dalam Pengembangan Personalia. Medan Sumut: Duta Azhar.

Imelda. (2021). Peluang Sumber Modal dan Prosedur Pengajuan Pinjaman/Pembiayaan Usaha Kecil dan Mikro. Palembang: APPTI.

Islam, Darul. (2023). Strategi Komunikasi Pemasaran Membangun Kesan dan Keterlibatan Konsumen, Jawa Tengah: CV. Eureka Media Aksara.

Kloter, Philip & Kevin Lane Keller. (2020). Manajemen Pemasaran, terj. Bob Sabran. Jakarta: Erlangga.

Lollen Regina Santoso, (2021). Pengaruh Relationship terhadap Kepuasan Pelanggan dan Loyalitas Pelanggan Koran Kompas di Surabaya, Jurnal Manajemen Pemasaran Petra, Vol. 1 No.1

Lulu, Diandini Nastiti. (2020). Strategi Komunikasi Pemasara Foodstagrammer Dalam Analisis SOSTAC (Studi Kasus Pada Akun Foodstagram @Caferesto_bdg Periode Januari-April ), (Online).Vol. 3 No. 2.

Lussier R.N. (2021). Human Relation in organizations: Aplications and skills building 6 th ed, New York : McGraw-Hill/Irwin.

Machfoedz, Mahmud. (2020). Komunikasi Pemasaran Modern. Yogyakarta: Cakra Ilmu.

Made, I Darsama. (2023). Strategi Pemasaran. Bandung: CV. Intelektual Manifes Media.

Madhani, Luluk Makrifatul et.al. (2021). Dampak Penggunaan media Sosial Tiktok Terhadap perilaku Islami Mahasiswa di Yogyakarta", At-Thullab Jurnal.

Makrifatul, Luluk Madhani, et.al, (2021). Dampak Penggunaan media Sosial Tiktok Terhadap perilaku Islami Mahasiswa Di Yogyakarta, At-Thullab Jurnal, 3.

Mardiyanto, Doni & Giarti. (2020). Analisis Strategi Komunikasi Pemasaran (Studi Kasus Strategi Komunikasi Pemasaran Merchandise di Kedai Digital 8 Solo), Jurnal Edunomika, Vol. 3 No. 1

Morrisan. (2020). Teori Komunikasi Massa, Bogor: Ghalia Indonesia.

Mustafa, Delly & Syaifuddin dan Muhammad Natsir Mallawi. (2022). Strategi Komunikasi pemasaran dalam Meningkatkan Penjualan Buku PT. Rineka Cipta Makassar, Jurnal Connected Ilmu Komunikasi, Vol. 3 Issue 1 Juny.

Nastiti, Diandini Lulu. (2020). Strategi Komunikasi Pemasara Foodstagrammer Dalam Analisis SOSTAC (Studi Kasus Pada Akun Foodstagram @Caferesto_bdg Periode Januari-April 2016), (Online). Vol. 3 No. 2.

Nasution, Abdul Fattah. (2023). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Harfa.

Ngalimun. (2021). Ilmu Komunikasi: Sebuah Pengantar Praktis. Yogyakarta: PT. Pustaka Baru Press.

Ngatno. (2021). Manajemen Pemasaran. Semarang: EF. Press Digimedia.

Novita, Dian. (2021). Konstruksi Realita Sosial Profesi Duta Pada Niai-nilai Keagamaan Di Kota Kayuagung (Studi Pada Kelurahan Paku Kayuagung OKI), Skripsi Komunikasi Penyiaran Islam. Palembang: Perpustakaan UIN Raden Fatah Palembang.

Nugroho, Ardi Listyawan. (2021). Pengaruh Modal Usaha. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Philip Kloter & Kevin Lane Keller. (2020). Manajemen Pemasaran, terj. Bob Sabran. Jakarta: Erlangga.

Riyanto, Bambang. (2020). Dasar-dasar Pembelanjaan Perusahaan, Edisi 4, Yogyakarta: PFE.

Shimp, Terence A. (2023). Advertishing Promotion and Suplamental Aspek of Integgrated Marketing Communication, Penerjemahan Refyani Sahyani, Periklanan Promosi dan Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: Erlangga.

Simamora, Bilson. (2020). Riset pemasaran. Jakarta: Gramedia Utama.

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suwandi. (2022). Manajemen Pemasaran Implementasi Strategi Pemasaran di Era Society 5.0. Bone: CV. Eureka Media Aksara.

Swastha, Basu. (2021). Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta : BPEE

Tjiptono, Fandy. (2021). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: ANDI.

Tutik, Roshiana. (2023). Peran Selling Skill dalam Meningkatkan Pembiayaan Murabahah pada Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Pembantu Barru. Skripsi Parepare: Institut Agama Islam Negeri.

Udjana, Onong Efendi. (2021). Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Wardani, Surti. (2023). Analisis Strategi Komunikasi Pemasaran dalam Meningkatkan Kinerja Ekonomi Perusahaan, Jurnal Ilmiah Manajemen Profetik. Vol 1, No.2, Agustus.

Wibowo, Agus. (2022). Manajemen Media Pemasaran. Semarang: Universitas STEKOM.

Wibowo, Ayuningtyas Putri. (2023). Strategi Komunikasi Pemasaran Indihome Medan dalam Menarik Minat Pelanggan. Jurnal AT-TAZAKKI. Vol.1 No.1.

Yulianti E. (2022). Analisis Strategi Komunikasi Pemasaran dalam Meningkatkan Minat Beli Konsumen (Studi Kasus pada Donat Madu Cihanjuang di Cabang Samratulangi Bandar Lampung). Universitas Lampung

Zuchri, Abdussamand. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. Makkasar: Syakir Media Press.

Downloads

Published

2025-05-28

How to Cite

Muhammad Randicha Hamandia, Sri Hertimi, & Miftakhul Jannah. (2025). Analisis Strategi Komunikasi Pemasaran Meningkatkan Penjualan Roti Bakar Mentari di Mayor Ruslan Palembang. Journal of Micro, Small and Medium Enterprises, 1(4), 9. https://doi.org/10.47134/umkm.v1i4.701

Issue

Section

Articles