Meningkatkan Keterlibatan Konsumen di Indonesia Melalui Pemasaran Digital Strategis dan Keunggulan Produk

Authors

  • Muchlis Dzul Machdani Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Kumara Adji Kusuma Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Alshaf Pebrianggara Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

DOI:

https://doi.org/10.47134/umkm.v1i1.400

Keywords:

Pemasaran Digital, Kualitas Produk, Perilaku Konsumen

Abstract

Penelitian ini menyelidiki dampak pemasaran digital, kualitas produk, dan harga terhadap keputusan pembelian konsumen untuk produk UMKM Pawon Seafood Mojokerto. Meskipun pengaruh faktor-faktor ini telah diakui terhadap perilaku konsumen, masih sedikit penelitian yang secara khusus mengeksplorasi pengaruh gabungannya dalam konteks usaha kecil dan menengah di Mojokerto. Dengan menggunakan pendekatan kuantitatif, penelitian ini menggunakan purposive sampling untuk memilih 96 responden dan mengumpulkan data melalui kuesioner. Analisis regresi linier berganda yang dilakukan dengan menggunakan SPSS, mengkonfirmasi bahwa pemasaran digital, kualitas produk, dan harga secara signifikan mempengaruhi minat beli konsumen. Temuan ini menggarisbawahi pentingnya strategi pemasaran terintegrasi untuk meningkatkan keterlibatan konsumen dan memberikan wawasan yang dapat ditindaklanjuti untuk usaha kecil yang bertujuan untuk mengoptimalkan upaya pemasaran mereka.

 

References

Aji, K. B., Dwi, B., & Nastiti, H. (2021). Journal of Sustainable. Journal of Sustainable Development, 89–98. DOI: https://doi.org/10.32924/jscd.v3i2.44

Alfiah, A., Suhendar, A., & Yusuf, M. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Vinyl Flooring Merek Taco Di CV Indosanjaya Kota Bandung. Seiko: Journal of Management & Business, 6(1), 492–503. https://doi.org/10.37531/sejaman.v6i1.3926

Anam, M. S., et al. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Produk Hand And Body Lotion Merek Citra (Studi Kasus Pada Mahasiswa IAIN Salatiga). Jurnal Manajemen Pemasaran, 4(1), 120–136. DOI: https://doi.org/10.36778/jesya.v4i1.277

Boediono, M., Christian, S., & Immanuel, D. M. (2018). Omzet Sealantwax. Jurnal Manajemen Pemasaran, 3(April), 1–10.

Ekasari, R., & Mandasari, E. D. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Digital Marketing Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Lipcream Pixy. IQTISHADequity, 4(1), 1–10. DOI: https://doi.org/10.51804/iej.v4i1.1583

Elbahar, C., & Syahputra. (2021). Keputusan Pembelian Konsumen. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 8(2), 1244–1251.

Fatmaningrum, S. R., & Fadhilah, M. (2020). Pengaruh Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Minuman Frestea. Jurnal Manajemen Pemasaran, 4(1), 176–188. DOI: https://doi.org/10.33373/jmob.v1i4.3779

Febriansah, R. E. (2020). Buku Ajar Mata Kuliah Teori Pengambilan Keputusan.

Gunarsih, C. M., & Tamengkel, L. F. (2021). Pengaruh Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Di Toko Pelita Jaya Buyungon Amurang. Jurnal Manajemen Pemasaran, 2(1), 69–72.

Khoziyah, S., & Lubis, E. E. (2021). Pengaruh Digital Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Followers Online Shop Instagram @Kpopconnection. Jurnal Manajemen Pemasaran, 10(1), 39–50.

Kusuma, K. A. (2019). Pengantar Sistem Ekonomi Islam. DOI: https://doi.org/10.21070/2019/978-602-5914-90-4

Laluyan, G. I., & Setiorini, A. (2019). Implementasi Digital Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen JD.id Jakarta. Jurnal Manajemen Bisnis, 7(3). DOI: https://doi.org/10.35137/jmbk.v7i3.349

Lukita Sukamto, D. D., & Cahya, S. B. (2021). Pengaruh Digital Marketing Terhadap Minat Beli. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Kreatif, 11(3). DOI: https://doi.org/10.57084/jmb.v3i01.741

Muangsal. (2019). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian. Atrabiz: Jurnal Administrasi Bisnis, 5(2), 25–39. https://doi.org/10.38204/atrabis.v5i2.247 DOI: https://doi.org/10.38204/atrabis.v5i2.247

Pramudita, T., et al. (2022). Determinasi Kepuasan Pelanggan Dan Loyalitas Pelanggan: Harga Dan Kualitas Produk (Literature Review Manajemen Pemasaran). Jurnal Manajemen Pemasaran, 3(1), 424–436. DOI: https://doi.org/10.38035/jmpis.v3i1.1004

Rahayu, S. (2022). Pemanfaatan Aplikasi Mendeley Dan Google Form. Jurnal Manajemen Pendidikan, 6(1), 662–677. DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v6i1.6576

Saragih, A. (2018). Pengaruh Kualitas Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Manajemen Bisnis Krisnadwipayana, 6(3), 26–33. https://doi.org/10.35137/jmbk.v6i3.220 DOI: https://doi.org/10.35137/jmbk.v6i3.220

Sari, D. K., Pebrianggara, A., & Oetarjo, M. A. S. (2021). Buku Ajar Digital Marketing.

Sopiyan. (2022). Pengaruh Digital Marketing Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian. Coopetition: Jurnal Ilmiah Manajemen, 13(2), 249–258. https://doi.org/10.32670/coopetition.v13i2.1057 DOI: https://doi.org/10.32670/coopetition.v13i2.1057

Sriyanto, A., & Utami, D. A. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek Dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Dadone Di Jakarta. Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 5(2), 163–175.

Tarigan, B. I., et al. (2022). Keputusan Pembelian Pada Cafe Saroha Di Kota Manado: Effect Of Product Differentiation, Price And Facilities On Purchase Decisions At Cafe Saroha In Manado City. Jurnal EMBA, 10(1), 491–499.

Wulandari, R. D., & Iskandar, D. A. (2018). Keputusan Pembelian Pada Produk Kosmetik. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 3(1), 11–18. DOI: https://doi.org/10.36226/jrmb.v3i1.81

Downloads

Published

2024-07-10

How to Cite

Machdani, M. D. ., Kusuma, K. A., & Pebrianggara, A. (2024). Meningkatkan Keterlibatan Konsumen di Indonesia Melalui Pemasaran Digital Strategis dan Keunggulan Produk. Journal of Micro, Small and Medium Enterprises, 1(1), 18. https://doi.org/10.47134/umkm.v1i1.400

Issue

Section

Articles