Mengkaji Dampak Citra Merek, Duta Merek, dan Kualitas pada Keputusan Pembelian

Authors

  • Cindi Suryaning Pratiwi Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Herlinda Maya Kumala Sari Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

DOI:

https://doi.org/10.47134/umkm.v1i1.404

Keywords:

Brand Image, Brand Ambassador, Kualitas Produk, Keputusan Pembelian

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh brand image, brand ambassador, dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian pada produk skincare Everwhite, Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah konsumen yang pernah membeli produk skincare Everwhite di Sidoarjo Jawa Timur. Pengambilan sample 96 responden. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu sumber data primer dan sekunder, dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan bantuan software SmartPLS versi4.0. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa brand image dan brand ambassador secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada produk skincare Everwhite, serta kualitas produk secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada produk skincare Everwhite

References

Alkemega, S., & Ramadhan, M. F. (2023). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian iPhone (Studi Kasus pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Bandar Lampung). Jurnal Ekonomi dan Manajemen Teknologi, 7(2), 462-472. DOI: https://doi.org/10.35870/emt.v7i2.1113

Aprianti, W., & Tjiptodjojo, K. I. (2023). Pengaruh Brand Ambassador, Brand Awareness dan Brand Image terhadap Keputusan Pembelian Skincare Scarlett Whitening. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(2), 1275-1282. DOI: https://doi.org/10.54371/jiip.v6i2.1645

Arianty, N., & Andira, A. (2021). Pengaruh Brand Image dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 4(1), 39-50.

Dunan, H., Antoni, M. R., Jayasinga, H. I., & Redaputri, A. P. (2020). Analisis Faktor-Faktor yangMempengaruhi Penjualan "Waleu" Kaos Lampung di Bandar Lampung. Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Informatika, 17(2), 167-185. DOI: https://doi.org/10.26487/jbmi.v17i2.10626

Ernawati, R., Dwi, A. B., & Argo, J. G. (2021). Analisis Pengaruh Promosi, Harga, dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian pada Situs E-Commerce Zalora di Jakarta. Business Management Analysis Journal, 4(2), 200-218. DOI: https://doi.org/10.24176/bmaj.v4i2.6663

Farrel, M., & Sunaryo. (2022). Pengaruh Brand Ambassador Aktor Kim Seon Ho Terhadap Minat Beli Konsumen Produk Skincare Everwhite Dengan Brand Image Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Manajemen Pemasaran dan Perilaku Konsumen, 1(2), 201-210. DOI: https://doi.org/10.21776/jmppk.2022.01.2.08

Fazirah, E., & Susanti, A. (2022). Pengaruh Brand Ambassador, Brand Image Dan Kualitas ProdukTerhadap Keputusan Pembelian Pada Kosmetik Wardah Di Kota Surakarta. Jurnal EkobisDewantara, 5(3), 246-254.

Indah. (2021). Hadirkan Produk Lokal Berkualitas Jessica Lin, Co-Founder Everwhite. Women's Obsession. https://www.womensobsession.com/detail/1068/hadirkan-produk-lokal-berkualitas

Jayanti, D. D., Welsa, H., & Cahyani, P. D. (2020). Pengaruh Electronic Word Of Mouth Dan Celebrity Endorsment Terhadap Purchase Intention Dengan Brand Image Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada Produk Naava Green Skin Care Cabang Yogyakarta). Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, dan Akuntansi, 4(2), 670-687.

Kristanto, H., & Pudjoprastyono, H. (2021). Pengaruh Kualitas Produk dan Citra Merek terhadapMinat Beli Laptop Acer Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas PembangunanNasional "Veteran" Jawa Timur. Jurnal STEI Ekonomi, 30(2), 11-19. DOI: https://doi.org/10.36406/jemi.v30i02.462

Kumbara, V. B. (2021). Determinasi Nilai Pelanggan Dan Keputusan Pembelian: Analisis Kualitas Produk, Desain Produk Dan Endorse. Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 2(5), 604-630. DOI: https://doi.org/10.31933/jimt.v2i5.568

Lawu, S. H., Andriani, R., & Febriana, R. (2021). Dampak Brand Ambassador Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Administrasi Kantor, 9(2), 183-192. DOI: https://doi.org/10.51211/jak.v9i2.1591

Lukitaningsih, A., & Lestari, F. (2023). Pengaruh Brand Image, Brand Trust, dan Brand Ambassador Terhadap Keputusan Pembelian Produk Smartphone. Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi, 25(1), 89-96.

Masinambow, R. P., Tampi, J. R. E., & Tamengkel, L. F. (2021). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen CV. Prayer Mebel Desa Tewasen Kabupaten Minahasa Selatan. Jurnal Productivity, 2(2), 92-97.

Maulana, A., & Lestariningsih, M. (2022). Pengaruh Harga, Brand Ambassador Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Scarlett Whitening. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, 11(9), 1-17.

Mutia, A. (2022). Makin Meroket Pendapatan Produk Kecantikan dan Perawatan Diri di RI Capai Rp. 111.83 Triliun Pada 2022. Databoks. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/12/05/makin-meroket-pendapatan-produk-kecantikan-dan-perawatan-diri-di-ri-capai-rp11183-triliun-pada-2022

Oktavia, C. (2023). Pengaruh Brand Ambassador Song Jong Ki Dan Brand Image Scarlett Whitening Terhadap Minat Beli Konsumen. Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 5(2), 248-262. DOI: https://doi.org/10.35814/publish.v2i1.4903

Oktavia, E. B., Fatimah, F., & Puspitadewi, I. (2022). Pengaruh Harga, Brand Ambassador, Brand Image, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Scarlett Whitening Indonesia Di Tokopedia. Jurnal Ekonomi & Bisnis GROWTH, 20(2), 361-375. DOI: https://doi.org/10.36841/growth-journal.v20i2.2108

Pandiangan, K., Masiyono, & Atmogo, Y. D. (2021). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Brand Equity: Brand Trust, Brand Image, Perceived Quality, & Brand Loyalty. Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 2(4), 471-484. DOI: https://doi.org/10.31933/jimt.v2i4.459

Purwati, A., & Cahyanti, M. M. (2022). Pengaruh Brand Ambassador dan Brand Image TerhadapMinat Beli Yang Berdampak Pada Keputusan Pembelian. IQTISHADUNA: Jurnal Ilmiah Ekonomi Kita, 11(1), 32-46. DOI: https://doi.org/10.46367/iqtishaduna.v11i1.526

Rahmawan, G., & Hidayat, R. (2020). Faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian pada pengguna tokopedia. Jurnal Manajemen, 12(2), 227-232.

Rahmayanti, R. N., & Andriana, A. N. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Brand Ambassador dan Iklan Terhadap Keputusan Pembelian Produk MS Glow. Jurnal Ekonomi, Keuangan, Investasi dan Syariah, 4(4), 1143-1151.

Rahmayanti, R. N., & Andriana, A. N. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Brand Ambassador dan Iklan Terhadap Keputusan Pembelian Produk MS Glow. Jurnal Ekonomi, Keuangan, Investasi dan Syariah, 4(4), 1143-1151. DOI: https://doi.org/10.47065/ekuitas.v4i4.3309

Rozaili, & Zulkifli. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Promosi Dan Desain Terhadap Keputusan Pembelian Kendaraan Bermotor Yamaha N-Max. Jurnal JRR, 1(1), 21-28.

Sagir, J., Pandika, N. S., & Darwini, S. (2021). Pengaruh Brand Ambassador dan Country of OriginTerhadap Minat Beli Konsumen pada Skin Care Korea. Journal of Economics and Business, 7(1), 125-142. DOI: https://doi.org/10.29303/ekonobis.v7i1.72

Sari, J. P. I. (2021). Skincare Indonesia Everwhite Tunjuk Kim Soen Ho Jadi Brand Ambassador. Bisnis.

https://m.bisnis.com/amp/read/20210503/106/1389609/skincare-indonesia-everwhite-tunjuk-kim-seon-ho-jadi-brand-ambasador

Sigar, D., Soepeno, D., & Tampenawas, J. (2021). Pengaruh Brand Ambassador, Viral Marketing Dan Brand Trust Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Nike Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Unsrat. Jurnal EMBA, 9(4), 841-850.

Sinaga, L. R., & Pramanda, N. I. (2019). Analisis Pengaruh Brand Name, Service Quality, Dan Promotion Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Miniso Tunjungan Plaza Surabaya. JMTT, 11(1). DOI: https://doi.org/10.20473/jmtt.v11i1.8530

Susanti, I. D., Janah, Y., & Tenri Waru, A. P. D. (2022). Pengaruh Public Figure Sebagai Brand Ambassador Terhadap Keputusan Pembelian Skincare MS Glow. Jurnal Administrasi Bisnis, 2(1), 35-39. DOI: https://doi.org/10.31294/jab.v2i1.1167

Susanto, L., Yanti, Y., Viriany, V., & Wirianata, H. (2020). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa Akuntansi Mengikuti Uskad. JBA, 7(2), 124–141. DOI: https://doi.org/10.52859/jba.v7i2.80

Susilo, E. F., Gerungan, A., & Sundah, P. M. (2023). Pengaruh Kim Seon Ho Sebagai Brand Ambassador Terhadap Keputusan Pembelian Everwhite. Jurnal Kinesik, 10(1), 29-42.

Tannia, P. V., & Yulianthini, N. N. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Desain Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Merek PCX. Jurnal Manajemen dan Bisnis, 3(2), 87-94. DOI: https://doi.org/10.56127/jaman.v2i3.324

Tumanggor, S., Hadi, P., & Sembiring, R. (2022). Pembelian Impulsif Pada E-Commerce Shopee (Studi Pada Konsumen Shopee Di Jakarta Selatan). JBB, 11(2). DOI: https://doi.org/10.14414/jbb.v11i2.2733

Ummat, R., & Hayuningtias, K. A. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Brand Ambassador Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Nature Republic. Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Keuangan, 4(6), 2279-2291.

Ummat, R., & Hayuningtias, K. A. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Brand Ambassador Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Nature Republic. Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Keuangan, 4(6), 2279-2291).

Yunita, P., & Indriyatni, L. (2022). Pengaruh Brand Image, Daya Tarik Iklan, Dan Celebrity Endorser Terhadap Keputusan Pembelian MS Glow (Studi Kasus Pada Pelanggan MS Glow Kota Semarang). Prosiding Seminar Nasional UNIMUS, 5, 279-287.

Downloads

Published

2024-07-11

How to Cite

Pratiwi, C. S. ., & Sari, H. M. K. (2024). Mengkaji Dampak Citra Merek, Duta Merek, dan Kualitas pada Keputusan Pembelian. Journal of Micro, Small and Medium Enterprises, 1(1), 22. https://doi.org/10.47134/umkm.v1i1.404

Issue

Section

Articles