Kepuasan Berkendara dalam Layanan Perbaikan Sepeda Motor di Indonesia

Authors

  • Muhammad Nur Habib Santoso Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Herlinda Maya Kumala Sari Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

DOI:

https://doi.org/10.47134/umkm.v1i1.399

Keywords:

Kualitas Layanan, Kepuasan Pelanggan, Layanan Otomotif, Dampak Harga, Strategi Lokasi

Abstract

Penelitian ini menyelidiki dampak dari kualitas layanan, lokasi, dan harga terhadap kepuasan pelanggan di Bengkel Rojo Utomo Motor Duran di Karangpuri, Wonoayu. Meskipun banyak penelitian tentang kepuasan pelanggan, hanya sedikit penelitian yang secara simultan mengevaluasi ketiga faktor ini dalam konteks bengkel sepeda motor. Dengan menggunakan pendekatan kuantitatif, penelitian ini mengambil sampel sebanyak 96 konsumen dengan menggunakan teknik pengambilan sampel non-probabilitas berdasarkan rumus Lemshow. Data dianalisis melalui analisis deskriptif dengan SPSS 25.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas layanan, lokasi, dan harga secara signifikan meningkatkan kepuasan konsumen di bengkel Duran. Hasil ini menggarisbawahi pentingnya faktor-faktor ini dalam industri jasa otomotif dan menyarankan bisnis untuk mengelola aspek-aspek ini secara strategis untuk meningkatkan kepuasan pelanggan.

References

Anggraini. (2019). Kepuasan pelangan pada PT. Hasjrat Abadi Ranotana Analysis of the Effect of Service Quality, Price and Location on Customer Satisfaction in PT. Hasjrat Abadi Ranotana. Jurnal EMBA, 7(3), 3959–3968.

Asti, E., & Ayuningtyas, E. (2020). Pengaruh kualitas pelayanan, kualitas produk dan harga terhadap kepuasan konsumen. Ekomabis Jurnal Ekonomi Manajemen Bisnis, 1(01), 1–14. https://doi.org/10.37366/ekomabis.v1i01.2 DOI: https://doi.org/10.37366/ekomabis.v1i01.2

Berliana, P. N., Suharyati, & Handayani, T. (2020). Analisis pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan pelanggan (Studi kasus pada JNE Cabang Corolet, Daerah Tangerang Selatan). Prosiding Seminar Nasional Bisnis dan Manajemen, 1(1), 440–546.

Christono, B. (2019). H2 kepuasan pelanggan (Y) harga (X2). Jurnal Penelitian, 8(1), 1–17. DOI: https://doi.org/10.52644/joeb.v8i1.13

Donovan, S. R., & Fadillah, A. (2020). Pengaruh kualitas pelayanan, lokasi, dan harga terhadap kepuasan pelanggan Hotel 101 Suryakencana Bogor. Jurnal Ilmiah Pariwisata Kesatuan, 1(1), 1–8. https://doi.org/10.37641/jipkes.v1i1.322 DOI: https://doi.org/10.37641/jipkes.v1i1.322

Dwi, & Safavi, R. (2021). Pengaruh kualitas pelayanan dan citra merek terhadap kepuasan konsumen Kartu Prabayar. Jurnal Manajemen, 13(1), 142–150.

Ekasari, R., & Putri, T. A. (2021). Pengaruh kualitas pelayanan, persepsi harga, dan lokasi terhadap keputusan pembelian konsumen. Iqtishadequity Jurnal Manajemen, 3(2), 266. https://doi.org/10.51804/iej.v3i2.937 DOI: https://doi.org/10.51804/iej.v3i2.937

Ekonomi, F., Bisnis, D., Putih, U. G., Bebangka, B., Pegasing, K., & Tengah, A. (2022). Gajah Putih Journal of Economics Review (GPJER) Analisis pengaruh harga dan lokasi terhadap kepuasan pelanggan pada bengkel Andika Teknik Kemili Bebesen Takengon. Gajah Putih Journal of Economics Review (GPJER), 4(1), 20–32. DOI: https://doi.org/10.55542/gpjer.v4i1.209

Firdiansyah, D., & Prawoto, E. (2021). Studi pada Toserba Danareal Wonosobo Jawa Tengah. Jurnal Toserba Danareal, 2(2), 314–320.

Ghozali. (2019). Aplikasi analisis multivariate dengan program IBM SPSS 25. E-Proceeding Management, 6(1), 1050–1057.

Gunarsih, C. M., & Tamengkel, L. F. (2021). Pengaruh harga terhadap keputusan pembelian konsumen di Toko Pelita Jaya Buyungon Amurang. Jurnal Pelita Jaya Buyungon Amurang, 2(1), 69–72.

Indahsari, L. N., & Roni, M. (2022). Margin: Jurnal Bisnis Islam dan Perbankan Syariah Pengaruh kualitas pelayanan, harga, dan lokasi terhadap. Margin: Jurnal Bisnis Islam dan Perbankan Syariah, 1.

Jatmiko, M. R. (2019). Faktor-faktor yang berpengaruh terhadap kepuasan konsumen toko. Anindyaguna Ekonobisnis Jurnal, 27–36. Retrieved from https://jurnal.stieanindyaguna.ac.id/index.php/article/download/7/3

Juliana, R. E., Nurlenawati, N., & Others. (2020). Pengaruh harga dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan bengkel Body Repair Abdi Jaya Motor Karawang. Jurnal Mahasiswa, pp. 118–132. Retrieved from http://journal.ubpkarawang.ac.id/mahasiswa/index.php/jmma/article/view/77

Jurnal, J., & Mea, I. (2021). JIMEA | Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, dan Akuntansi). Jurnal Ilmiah MEA, 5(3), 1171–1184.

Khairani, D. A. (2021). Pengaruh harga, kualitas produk dan promosi terhadap keputusan pembelian pada PT Sirkah Purbantara Utama. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, 10(19), 1–18. DOI: https://doi.org/10.22437/jmk.v10i01.12653

Mahrizon, D. (2022). Sistem pengambilan keputusan kepuasan pelanggan Bengkel Motor Berkah dengan metode Simple Additive Weighting. Jurikom (Jurnal Riset Komputer), 9(5), 1460. https://doi.org/10.30865/jurikom.v9i5.5018 DOI: https://doi.org/10.30865/jurikom.v9i5.5018

Manengal, B., Kalangi, J. A. F., & Punuindoong, A. Y. (2021). Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan Bengkel Motor Ando Tombatu. Jurnal Productivity, 2(1), 42–46. Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/productivity/article/view/32285

Marpaung, F. K., Hutagalung, I. N., Tinambunan, M. M., Siahaan, N. J., & Siregar, L. H. (2021). Pengaruh kualitas pelayanan, harga, dan lokasi terhadap kepuasan pelanggan PT. Dwi Karya Sartika. Jurnal Paradigma Ekonomi, 16(1), 81–96. https://doi.org/10.22437/jpe.v16i1.12082 DOI: https://doi.org/10.22437/jpe.v16i1.12082

Minarti, A. (2019). Analisis pengaruh kualitas pelayanan dan lokasi terhadap kepuasan pelanggan pada bengkel resmi Yamaha Watansoppeng. Jurnal Ilmiah Metansi Manajemen dan Akuntansi, 2(2), 31–37.

Minarti, A., et al. (2019). Analisis pengaruh kualitas pelayanan dan lokasi terhadap kepuasan pelanggan pada bengkel resmi Yamaha Watansoppeng. Jurnal Ilmiah Metode Manajemen dan Akuntansi, 2(2), 31–37.

Najib, M. A., Setianingsih, W. E., & Saidah, N. (2022). Pengaruh kualitas pelayanan, harga dan lokasi terhadap kepuasan pelanggan (pada Bengkel Ahhas Cahaya Motor Jajag Banyuwangi). Jurnal Mahasiswa Entrepreneurship, 1(11), 2319. https://doi.org/10.36841/jme.v1i11.2561 DOI: https://doi.org/10.36841/jme.v1i11.2561

Noviyanti, I., Sunarsi, D., & Wijoyo, H. (2021). Pengaruh harga dan lokasi terhadap keputusan pembelian pada Alfamart Cabang Cipondoh. Jurnal Ekonomi Manajemen dan Akuntansi Teknologi, 4(1), 43–54. https://doi.org/10.32500/jematech.v4i1.1447 DOI: https://doi.org/10.32500/jematech.v4i1.1447

Nurfi'ah, S. (2022). Pengaruh kualitas pelayanan, harga, dan lokasi terhadap kepuasan pelanggan Maulana Laundry. Seminar Nasional Manajemen, Ekonomi dan Akuntansi, 262–269. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/senmea/article/view/2168

Olivia, D., & Amah, N. (2019). Seminar Inovasi Manajemen, Bisnis dan Akuntansi I. Seminar Inovasi Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 442–453. Retrieved from https://jurnal.stieanindyaguna.ac.id/index.php/article/download/7/3

Pratama, D. F. (2021). Pengaruh harga, pelayanan, lokasi terhadap loyalitas pelanggan dengan kepuasan pelanggan sebagai variabel intervening (Studi kasus di Bengkel Makmur Motor). Jurnal Industri dan Sistem Optimasi, 4(2), 102–108. DOI: https://doi.org/10.51804/jiso.v4i2.102-108

Pratiwi, A., Junaedi, D., & Prasetyo, A. (2019). Pengaruh harga terhadap keputusan pembelian konsumen: Studi kasus 212 Mart Cikaret. El-Mal Jurnal Kajian Ekonomi dan Bisnis Islam, 2(2), 150–160. https://doi.org/10.47467/elmal.v2i2.345 DOI: https://doi.org/10.47467/elmal.v2i2.473

Putri, N. D. P. D., Novitasari, D., Yuwono, T., & Asbari, M. (2021). Pengaruh kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 15(1), 1267–1283. https://doi.org/10.58217/joce-ip.v15i1.226 DOI: https://doi.org/10.58217/joce-ip.v15i1.226

Rahmah, C. A. (2020). Dengan jumlah sampel yaitu 87 orang. Jurnal Manajemen Tools, 12(2), 30–44.

Rizkiana, C., Setyawan, Y., & Souisa, J. (2023). Analisis pengaruh kepercayaan, kualitas pelayanan, dan promosi terhadap kepuasan pelanggan (Studi pada Bengkel Mobil Sinar Audio Semarang). Journal Volume, 2(2). DOI: https://doi.org/10.30640/inisiatif.v2i2.810

Sholikah, I., Safitri, U. R., & T n K, A. F. A. (2020). Pengaruh kualitas pelayanan, harga dan lokasi terhadap kepuasan konsumen (Studi kasus pada konsumen Paras Snack di Kabupaten Boyolali tahun 2019). Ekobis: Jurnal Ilmu Manajemen dan Akuntansi, 8(2), 41–48. https://doi.org/10.36596/ekobis.v8i2.475 DOI: https://doi.org/10.36596/ekobis.v8i2.475

Sidiq, F. (2020). Studi pada Bengkel Iksan Motor Sragen. Jurnal Iksan Motor Sragen, 2020.

Silaen. (2019). Metodologi penelitian sosial untuk penulisan skripsi dan tesis. Jurnal Akuntansi dan Manajemen Bisnis, 2(2), 141–148. https://doi.org/10.56127/jaman.v2i2.243 DOI: https://doi.org/10.56127/jaman.v2i2.243

Siregar, M. K. S. (2020). Pengaruh citra merk, harga dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan. Jurnal Ekonomi Bisnis Manajemen Prima, 1(2), 111–118. https://doi.org/10.34012/jebim.v1i2.906 DOI: https://doi.org/10.34012/jebim.v1i2.906

Sondak, C., Tumbel, A., & Lintong, D. (2021). Analisis pengaruh promosi penjualan dan harga terhadap kepuasan pelanggan di PT. Indogrosir Manado. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 9(2), 754–764.

Sugiyono. (2019). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, R&D. Informatics Journal of Computer Science, 15(1), 39. https://doi.org/10.52958/iftk.v15i1.1299 DOI: https://doi.org/10.52958/iftk.v15i1.1299

Tanjung, A. (2020). = 0.977 < Nilai T. Jurnal Statistika, 05(03), 1–18.

Yulianthini, N. (2020). Pengaruh kepercayaan dan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan pada Pusaka Kebaya di Singaraja. Jurnal Pusaka Kebaya, 2(1), 61–73. https://doi.org/10.5614/jpusaka.2020.2.1.5 DOI: https://doi.org/10.23887/pjmb.v2i1.26201

Downloads

Published

2024-07-10

How to Cite

Santoso, M. N. H., & Sari, H. M. K. (2024). Kepuasan Berkendara dalam Layanan Perbaikan Sepeda Motor di Indonesia. Journal of Micro, Small and Medium Enterprises, 1(1), 27. https://doi.org/10.47134/umkm.v1i1.399

Issue

Section

Articles

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.