Modal Intelektual Meningkatkan Nilai Perusahaan di Industri Farmasi Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.47134/jpem.v1i3.279Keywords:
Modal Intelektual, Tanggung Jawab Sosial Perusahaan, Nilai Perusahaan, Pertumbuhan Perusahaan, Farmasi IndonesiaAbstract
Penelitian ini menginvestigasi peran moderasi pertumbuhan perusahaan dalam hubungan antara Intellectual Capital (IC) dan Corporate Social Responsibility (CSR) terhadap nilai perusahaan pada perusahaan farmasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Penelitian ini membahas kesenjangan pengetahuan dalam memahami bagaimana IC dan CSR mempengaruhi nilai perusahaan, terutama dalam konteks sektor farmasi di negara berkembang. Dengan menggunakan pendekatan kuantitatif, penelitian ini menggunakan analisis Partial Least Square (PLS) pada sampel 8 perusahaan selama 5 tahun, yang menghasilkan 40 observasi yang dipilih melalui purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa IC secara signifikan meningkatkan nilai perusahaan, sedangkan CSR tidak. Selain itu, pertumbuhan perusahaan tidak memoderasi dampak IC maupun CSR terhadap nilai perusahaan. Hasil ini menunjukkan bahwa perusahaan farmasi di Indonesia harus fokus pada penguatan modal intelektual mereka untuk meningkatkan nilai perusahaan, sementara inisiatif CSR mungkin perlu dievaluasi kembali untuk efektivitasnya dalam konteks ini.
References
Abdillah, W., & Jogiyanto. (2015). Partial Least Square (PLS)-Alternatif Structural Equation Modeling (SEM) dalam Penelitian Bisnis (1st ed.).
Abrianti, R. (2018). Pengaruh Profitabilitas, dan Growth Perusahaan terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) pada Perusahaan Sektor Property, Real Estate dan Building Construction yang Terdaftar di BEI. Akuntansi, 2(1), 1–13.
Adang, F. (2019). Pengaruh intellectual capital, corporate social responsibility, dan sales growth terhadap firm value, 48–75. DOI: https://doi.org/10.52859/jba.v6i1.42
Al-Shaer, H., Uyar, A., Kuzey, C., & Karaman, A. S. (2023). Do Shareholders Punish or Reward Excessive CSR Engagement? Moderating Effect of Cash Flow and Firm Growth. International Review of Financial Analysis, 88(November), 102672.
https://doi.org/10.1016/j.irfa.2023.102672 DOI: https://doi.org/10.1016/j.irfa.2023.102672
Angelika, E., & Sari, A. R. (2020). Pengaruh Intellectual Capital terhadap Profitabilitas dengan Pertumbuhan Perusahaan sebagai Variabel Moderasi (Studi pada Perusahaan Makanan dan Minuman yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2016-2018). Jurnal Riset Mahasiswa Akuntansi, 8(2), 1–19. DOI: https://doi.org/10.21067/jrma.v8i2.5233
Ariesta, A. (2022). Intip pergerakan saham farmasi pasca larangan penjualan obat sirop. IDX Channel. https://www.idxchannel.com/market-news/intip-pergerakan-saham-farmasi-pasca-larangan-penjualan-obat-sirop
Bella, L. K. G., & Suaryana, I. G. A. (2017). Pengaruh IOS dan pengungkapan CSR pada nilai perusahaan dengan pertumbuhan perusahaan sebagai variabel pemoderasi. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 19(1), 508–535.
Cholifah, S., & Kaharti, E. (2021). Pengaruh kinerja keuangan, corporate social responsibility, good corporate governance terhadap nilai perusahaan pada perusahaan farmasi tahun 2016-2019. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 3(5), 888–900. http://journal.stieputrabangsa.ac.id/index.php/jimmba/index DOI: https://doi.org/10.32639/jimmba.v3i5.940
Damayanti, I. S. A., & Wahyuni, I. (2022). Intellectual capital terhadap nilai perusahaan dengan profitabilitas sebagai variabel intervening pada perusahaan farmasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2016-2020. Jurnal Mahasiswa Entrepreneurship, 1(9), 1753–1764. DOI: https://doi.org/10.36841/jme.v1i9.2221
Dan, E., & Wahyuni, E. P. (2019). Pengaruh kepemilikan manajerial, ukuran perusahaan, profitabilitas, kebijakan dividen, keputusan investasi, struktur modal dan intellectual capital terhadap nilai perusahaan pada perusahaan keluarga yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2016–2019. Agah, 8(5), 55.
Dzikir, A., Syahnur, & Tenriwaru. (2020). Pengaruh corporate social responsibility terhadap nilai perusahaan dengan profitabilitas sebagai variabel moderasi (studi empiris pada sektor pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2016-2018). Ajar, 3(2), 219–235. DOI: https://doi.org/10.35129/ajar.v3i02.134
Evriadi, V. A. (2020). Pengaruh corporate social responsibility, intellectual capital, dan gender diversity eksekutif terhadap firm value. Molecules, 2(1), 1–12.
Fahrany, A. N. (2021). Pengaruh corporate social responsibility dan intellectual capital terhadap nilai perusahaan dengan profitabilitas sebagai variabel moderasi (studi pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia). E-Theses UIN Malang, 2013–2015.
Faiqoh, S., & Mauludy, M. I. A. (2018). Penerapan GRI-G4 sebagai Pedoman Baku Sistem Pelaporan Berkelanjutan bagi Perusahaan di Indonesia. Jurnal Akuntansi Universitas Jember, 16(2), 111. https://doi.org/10.19184/jauj.v16i2.7260 DOI: https://doi.org/10.19184/jauj.v16i2.7260
Gantino, R., & Alam, L. R. (2020). Pengaruh Intellectual Capital dan Corporate Social Responsibility terhadap Nilai Perusahaan Dimoderasi oleh Kinerja. Esensi Jurnal Bisnis dan Manajemen, 10(2), 215–230. https://doi.org/10.15408/ess.v10i2.18858 DOI: https://doi.org/10.15408/ess.v10i2.18858
Hasan, M. M., & Habib, A. (2017). Corporate Life Cycle, Organizational Financial Resources and Corporate Social Responsibility. Journal of Contemporary Accounting and Economics, 13(1), 20–36. https://doi.org/10.1016/j.jcae.2017.01.002 DOI: https://doi.org/10.1016/j.jcae.2017.01.002
Hasbar, M. A. M., Damayanti, C. R., & Nurlaily, F. (2020). Analisis pengaruh corporate social responsibility dan intellectual capital terhadap nilai perusahaan dengan profitabilitas sebagai variabel intervening. Jurnal Ilmiah, 13(3), 198–211.
Hermawan, A. S. (2003). Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif Kualitatif.
Hermawan, E. M. S., & Andriani, D. (2021). Mapping riset intellectual capital dengan analisis bibliometric. https://doi.org/10.21070/2021/978-623-6081-28-0 DOI: https://doi.org/10.21070/2021/978-623-6081-28-0
Hermawan, P. W. S., Hanif, A., Biduri, S., & Nurasik. (2019). Intellectual capital, corporate social responsibility, and good corporate governance on banking financial performance in Indonesia. Afebi Accounting Review, 3(2), 101. https://doi.org/10.47312/Aar.V3i02.193 DOI: https://doi.org/10.47312/aar.v3i02.193
Hermawan, S. (2020). Monograf Pengukuran Kinerja Keuangan dan Peran Intellectual Capital, 21(1). DOI: https://doi.org/10.30812/rekan.v1i1.663
Houston, B. D. (2009). Dasar-Dasar Manajemen Keuangan (10th ed.). Jakarta: Publisher.
Indira, I., Rodhiyah, M., Kartikasari, E. D., & Mahmudah, A. (2022). Pengaruh growth opportunity, intellectual capital, ROA dan leverage pada firm value, 489–500. DOI: https://doi.org/10.29062/mahardika.v20i3.412
Izzah, M. N., Purwohedi, U., & Muliasari, I. (2020). Pengaruh karakteristik perusahaan, komite audit dan firm growth terhadap intellectual capital disclosure. Jurnal Akuntansi, Perpajakan dan Audit, 1(2), 160–178. https://doi.org/10.21009/Japa.0102.02 DOI: https://doi.org/10.21009/japa.0102.02
Karlena, D. (2019). Pertumbuhan Perusahaan sebagai Variabel Moderasi Pengaruh Tata Kelola dan Modal Intelektual terhadap Nilai Perusahaan. [Journal name not provided], (19), 1–24.
Kurniawan, R. (2018). Pengaruh corporate social responsibility, profitabilitas dan keputusan investasi terhadap nilai perusahaan dengan growth opportunity sebagai variabel pemoderasi. Bitkom Research, 63(2), 1–3. [Online]. Available: URL. DOI: https://doi.org/10.21067/mbr.v2i1.2042
Lumbangaol, G. A., Firmansyah, A., & Irawati, A. D. (2021). Intellectual capital, corporate social responsibility, and firm value in Indonesia’s banking industries. Jurnal Riset Akuntansi Terpadu, 14(1). https://doi.org/10.35448/jrat.v14i1.10229 DOI: https://doi.org/10.35448/jrat.v14i1.10229
Maryanti, E., Rahayu, R. A., & Mujirahayu, I. P. (2022). Profitabilitas, leverage, corporate social responsibility dan pertumbuhan perusahaan terhadap nilai perusahaan. Journal of Business Management Education, 7(2), 141–154. DOI: https://doi.org/10.35838/jrap.2022.009.02.16
Maula, R. N., Tarmedi, E., & Tanuatmodjo, H. (2019). Pengaruh modal intelektual (intellectual capital) dan tanggung jawab sosial perusahaan terhadap nilai perusahaan. Journal of Business Management Education, 4(2), 49–58. https://doi.org/10.17509/jbme.v4i2.17319 DOI: https://doi.org/10.17509/jbme.v4i2.17319
Musfiroh, L., Ichsanuddin, D., & Suhartini, D. (2018). Corporate governance, intellectual capital, financial performance dan firm value pada perusahaan farmasi di BEI. Jurnal Mebis (Manajemen dan Bisnis), 3(2), 14–25. https://doi.org/10.33005/mebis.v3i2.34 DOI: https://doi.org/10.33005/mebis.v3i2.34
Nugrahanto, B. R. (2018). Pengaruh intellectual capital terhadap nilai perusahaan industri manufaktur farmasi yang terdaftar pada Bursa Efek Indonesia (BEI) periode tahun 2013-2017. Bitkom Research, 63(2), 1–3. [Online]. Available: URL.
Pagaddut, J. G. (2020). The Effect of Corporate Social Responsibility on Firm Value in the Context of Mergers and Acquisitions Using PLS-SEM. International Journal of Management, 11(9), 1161–1166. https://doi.org/10.34218/ijm.11.9.2020.109
Puspita, G., & Wahyudi, T. (2021). Modal intelektual (intellectual capital) dan nilai perusahaan pada industri manufaktur. Owner, 5(2), 295–306. https://doi.org/10.33395/owner.v5i2.471 DOI: https://doi.org/10.33395/owner.v5i2.471
Rabaya, A. J. R., Saleh, N. M., & Hamzah, N. (2020). Intellectual Capital Performance and Firm Value: The Effect of MFRS 139. South East Asian Journal of Management, 14(1), 1–22. https://doi.org/10.21002/seam.v14i1.11851 DOI: https://doi.org/10.21002/seam.v14i1.11851
Saputra, D., Permata, P. I., & Yudha, M. A. (2021). The effect of capital structure, investment decisions and CSR on company value with growth opportunity as moderating variable. Jurnal Ilmiah Manajemen Procuratio, 9(1), 16–32.
Saputra, W. S. (2018). Pengaruh corporate governance, corporate social responsibility dan intellectual capital terhadap nilai perusahaan. National Conference on Creative Industry, September, 17. https://doi.org/10.30813/ncci.v0i0.1313 DOI: https://doi.org/10.30813/ncci.v0i0.1313
Sari, D. K., Hermawan, S., Fitriyah, H., & Nurasik. (2022). Does profitability, firm size, and intellectual capital affect firm value? Journal of Accounting Finance, 15(2), 195–209. DOI: https://doi.org/10.35448/jrat.v15i2.16813
Spence, M. (1973). Job market signaling. The Quarterly Journal of Economics, 87. https://doi.org/10.1055/S-2004-820924 DOI: https://doi.org/10.2307/1882010
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.
Valerina, S. D. P., Hermawan, S., & Fitriyah, H. (2022). Can managerial ownership as a moderating variable on the effect of intellectual capital on company value? Evidence from banking companies in Southeast Asia. Jurnal Akuntansi, 11(1), 1–25. http://ejournal.stiemj.ac.id DOI: https://doi.org/10.37932/ja.v11i1.525
Wahyuningsih, D. (2020). Pengaruh corporate social responsibility (CSR), profitabilitas dan intellectual capital terhadap nilai perusahaan. Journal of Business Management, 274–282.
Yanti, B., & Siswanto, R. (2018). Pengaruh corporate social responsibility (CSR) terhadap nilai perusahaan pada perusahaan konstruksi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Manajemen dan Kewirausahaan, 9(3), 1. https://doi.org/10.31317/jmk.9.3.1-17.2018 DOI: https://doi.org/10.31317/jmk.9.3.1-17.2018
Downloads
Published
How to Cite
License
Copyright (c) 2024 Yunita Multi Nengtyas, Sigit Hermawan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.