Analisis Review Pengunjung Hotel Syariah Daerah Tapal Kuda Berbasis Online
DOI:
https://doi.org/10.47134/jbhi.v1i1.28Keywords:
Konsep Syariah, Fasilitas, Faktor PenentuAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat ketertarikan pengunjung hotel syariah terhadap konsep syariah yang di sajikan oleh pihak hotel syariah, serta faktor-faktor apa saja yang menjadi penentu pengunjung hotel syariah memilih memesan kamar di perhotelan syariah di daerah tapal kuda yaitu terdapat 6 hotel syariah yaitu Hotel Dalwa Syariah Pasuruan, Hotel Sevendream Syariah Jember, Hotel Tentrem Syariah Probolinggo, Hotel Istiqlah Syariah Banyuwangi, Hotel Reddoorz Syariah Bondowoso, Hotel Khayyira Syariah Lumajang. Data yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu 200 review dari 3 aplikasi yaitu aplikasi google maps aplikasi traveloka dan aplikasi tiket,com. Dengan sampel pengunjung hotel syariah yang melakukan review pada 3 aplikasi tersebut. Hasil penelitian menunjukan ketertarikan pengunjung hotel syariah didaerah tapal kuda sebesar 18,48% terhadap konsep syariah hotel syariah yang ada didaerah tapal kuda. Faktor yang menjadi penentu pengunjung hotel syariah memesan kembali yakni terdapat 9 faktor antara lain kebersihan hotel, kenyamanan pengunjung hotel syariah, dekat dengan mushola/ ada fasilitas mushola, penyediaan fasilitas al quran dan sejadah, kelengkapan fasilitas, playground, berkonsep Islam.
This study aims to see the interest of sharia hotel visitors to sharia concepts presented by sharia hotels, as well as what factors determine which sharia hotel visitors choose to book rooms at sharia hotels in the horseshoe area, namely there are 6 sharia hotels. The data obtained in this study are 200 reviews of 3 applications, namely the Google Maps application, the Traveloka application and the Tiket.com application. With a sample of sharia hotel visitors who reviewed these 3 applications. The results showed that the interest of sharia hotel visitors in the horseshoe area was 18,48% towards the sharia concept of sharia hotels in the horseshoe area. Factors that determine sharia hotel visitors re-order, namely there are 9 factors including hotel cleanliness, convenience of sharia hotel visitors, close to a prayer room/mushola facilities, provision of Al Quran and prayer mats, complete facilities, playground, Islamic concept.
References
Abdhul, Y. (2023, maret 17). Retrieved mei 22, 2023 from Depublishstore.com: https://deepublishstore.com/blog/teknik-pengumpulan-sampel/
Aditya Pratomo, A. G. (2017). Hotel Concept Analysis Of Syariah On Hotel Sofyan Jakarta As World Best Family Friendly Hotel, 354-357.
Deisita Memah, A. T. (2015). mahasiswa. ANALISIS STRATEGI PROMOSI, HARGA, LOKASI, DAN FASILITAS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN RUMAH DI CITRA LAND MANADO, 1623-1273.
Hadi jatmiko, S. R. (2020). STUDI POTENSI PENGEMBANGAN HOTEL BERBASIS SYARIAH, 2685-6026 .
Hadi Jatmiko, S. R. (2020). Studi Potensi Pengembangan Hotel Berbasi Syariah, 2685-6026.
Inda Ayu Kade Werdika Damayanti Solihin, M. S. (2021). Purbalingga: EUREKA MEDIA AKSARA.
Karanita, I., & Aprilia, L. R. (2021). Akademik Pariwisata NHI Bandung. Pengaruh Persepsi Dan Preferensi Tamu Terhadap Keputusan Menginap Di Hotel Syariah, 167-186.
Kumparan. (2019, November 1). Kumparan Trevel. Retrieved Juli Jumaat, 2023 from Kumparan.com: https://kumparan.com/kumparantravel/tak-hanya-muslim-penginapan-syariah-juga-diminati-traveler-non-muslim-1sAVf2Fyvhz/2
Kurun, K. (2020, desember rabu). Mahkamah Agung Republik Indonesia. Diambil kembali dari Pengadilan Agama Kuala Kurun: https://pa-kualakurun.go.id/berita/arsip-berita-pengadilan/1043-kebersihan-sebagian-dari-iman-peran-ppnpn-pa-kuala-kurun-demi-mewujudkan-5r1n
Maulidina, M. (2021). Analisis PreferensI Konsumen Terhadap Keputusan Memilih HotelSyariah.
Piri, H. G. (2013). Mahasiswa. KUALITAS PELAYANAN JASA PENGARUHNYA TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN, 504-512.
Ramdhani, A. R. (2022). pengaruh produk media sosial terhadap keputusan menginap terhadap hotel syariah di bandung jawa barat, 95-108.
Riyan Pradesyah, k. (2018). Analisis Penerapan Fatwah MUI Wisata Halal (Studi Kasus Hotel Syariah Medan).
Rizki Alhamdi, N. O. (2022). Analisis Review Hotel Oyo Di Padang Dari Situs Pemesanan Kamar "BOOKING.COM", 23-27.
Untung Sriwidodo, R. T. (2010). mahasiswa, karyawan . PENGARUH DIMENSI KUALITAS PELAYANAN JASA TERHADAP KEPUASAN NASABAH, 164-173.
Wdyarini, F. K. (desember 2014). variabel yang mempengaruhi keputusan pemilihan hotel syariah, 83-94.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.