Analisis Faktor Keberhasilan Event Organizer Dalam Menyelenggarakan Acara(Studi Kasus Cv Soundtrack Indonesia)

Authors

  • Adam Muarif Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Achmad Syarifudin Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Muhammad Randicha Hamandia Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang

DOI:

https://doi.org/10.47134/jbhi.v1i4.414

Keywords:

Faktor Keberhasilan, Event Organizer, Keberhasilan Acara

Abstract

Didalam dunia event management peran event organizer dan bekerja sama dengan banyak pihak sangat penting untuk berjalannya sebuah acara yang efektif dan sukses. Tujuan penelitian ini untuk menganalisa proses pengelolaan acara yang digarap oleh event organizer mulai dari tahap persiapan, pelaksanaan, serta evaluasi sehingga dapat mencapai keberhasilan suatu acara. Dan ilmu manajemenlah yang berperan sangat penting dalam berbagai acara. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dokumentasi. Dalam penelitian ini menggunakan teori event management GoldBlatt. Pada hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, Proses pengelolaan penyelenggaraan event pada CV.Soundtrack Indonesia mencapai keberhasilan yaitu dengan terdiri dari lima langkah yaitu; Research, Design, Planning, Coordination, Evalution. Pada tahap Research CV. soundtrack Indonesia melakukan analisis SWOT, tahap Design melakukan brainstorming dengan metode mind maping, tahap Planing menerapkan unsur 5W+1H, tahap Coordination mengkoordinasi pihak-pihak yang terlibat dalam pelaksanaan event tersebut, Evalution 3 tahap dalam evaluasi event yaitu:1.Tahap Persiapan, 2. Tahap Pelaksanaan merupakan tahap evaluasi pada hari H, saat berlangsungnya acara 3. tahap akhir merupakan tahap evaluasi mengenai dampak atau hasil event. Faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan event-event yang diselenggarakan oleh CV Soundtrack Indonesia yaitu tim event yang mumpuni, rundown acara, materi acara yang kuat, ualitas layanan, tempat event yang tepat dan nyaman, promosi yang baik.

References

Abson, E. (2017). How event managers lead: applying competency school theory to event management. Event Management, 21, 403-419.

Adawiyah,Sa’diah.(2020).Manajement Event.Bintang Pustaka Madani.Yogyakarta

Ginting, R. I., & Nasyuha, A. H. (2020). Sistem Pendukung Keputusan Kelayakan Event Organizer Dalam Menjalankan Event IBC (Intensive Bible Course) Di Yayasan Giving Indonesia Menggunakan Metode Multi Objective Optimazation On The Basis Of Ratio Analysis. Syntax: Journal of

Gupta, S. (2016). The Impact of Technology on Event Organizers. International Journal of Event Management Research, 6(2), 35-50.

Hafidz, I. N. (2017). CEO Chief Event Organizer. Penerbit Gava Media. Yogyakarta.

Hasanti, I. D. (2019). Analisis Komunikasi Organisasi Antara Event Project Team dan Account Executive di Event Organizer Twisbless. Jurnal Komunika: Jurnal Komunikasi, Media Dan Informatika, 8(1), 32-41.

Herwandi, A. T., Darsono, M. C., & Sienatra, K. B. (2021). Faktor kesuksesan event organizer musik dari sisi kepuasan pelanggan. JURNAL EKUIVALENSI, 7(1), 18-37.

Hill, D., & Williams, P. (2020). Partnership and Collaboration in Event Management. Journal of Strategic Event Management, 12(1), 15-30.

Lau, C. (2016). Meetings, incentives, conventions and exhibitions (MICE). Hong Kong: Polytechnic Institute.

Software Engineering, Computer Science and Information Technology, 1(2), 76-81.

Kilkenny, S. (2011). The complete guide to successful event planning. Atlantic Publishing Company.

Kusuma, C. S. D. (2016). Modul Manajemen Event. 1–51.

Mahendra, N. R. R. (2019). IdentifikasiI Faktor–faktor Yang Mempengaruhi Kesuksesan Usaha Pengusaha Event Organizer Topeng the Event di Semarang (Doctoral dissertation, Unika Soegijapranata Semarang).

Matthews, Doug. (2008). An Introduction to Special Events and Special Event Production. 10.1016/B978-0-7506-8243-5.50005-1.

Miller, E. (2015). Environmental Sustainability in Event Organizing. Sustainable Event Planning Journal, 8(4), 287-301.

Pangkey, I. S., Mulyono, H., & Kalangi, J. S. (2021). Strategi Komunikasi Bisnis Dalam Meningkatkan Pelanggan Event Organizer Onet Twenty One Organizer Desa Suwaan Minahasa Utara Provinsi Sulawesi Utara. Acta Diurna Komunikasi, 3(2).

Riyanto,Dkk. (2021).Analisis SWOT sebagai penyusunan Strategi Organisasi. Bintang Pustaka Madani.Yogyakarta

Rosita, N. H., & Yulianti, I. (2016). Brand dalam Implikasi Bisnis. Universitas Brawijaya Press.

Rosady Ruslan, Metode Penelitian Public Relations dan Komunikasi (Jakart: Raja Grafindo Persada, 2010), h. 24.

Saifuddin Azwar, Metode Penelitian (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2010), h. 36.

Sirajuddin Saleh, Analisis Data Kualitatif, ed. by Hamzah Upu, 1st edn (Bandung: Pustaka Ramadhan, 2017).Hlm 75

Wan Yusoff, W. Z., Ismail, M. F., Rahman, I. A., & Gwamna, E. S. (2015). Critical Success Factors (CSFs) of Meeting, Incentive, Convention and Exhibition (MICE) Event Management. Advanced Science Letters, 21(5), 1317-1320.

Downloads

Published

2024-07-23

How to Cite

Adam Muarif, Achmad Syarifudin, & Muhammad Randicha Hamandia. (2024). Analisis Faktor Keberhasilan Event Organizer Dalam Menyelenggarakan Acara(Studi Kasus Cv Soundtrack Indonesia). Journal of Business and Halal Industry, 1(4), 8. https://doi.org/10.47134/jbhi.v1i4.414

Issue

Section

Articles