Promotions and Quality Drive ShopeePay Loyalty in Sidoarjo (Promosi dan Kualitas Mendorong Loyalitas Pengguna ShopeePay di Sidoarjo)
DOI:
https://doi.org/10.47134/jbhi.v1i4.259Keywords:
Promosi, Kualitas Layanan, Kepuasan Pelanggan, Loyalitas PelangganAbstract
Penelitian ini menginvestigasi dampak dari promosi, kualitas layanan, dan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan di kalangan pengguna Shopeepay di Sidoarjo. Dengan menggunakan pendekatan kuantitatif, data dikumpulkan dari 96 responden melalui kuesioner. Analisis dilakukan dengan menggunakan SPSS 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa promosi, kualitas layanan, dan kepuasan pelanggan secara positif dan signifikan mempengaruhi loyalitas pelanggan. Hal ini menggarisbawahi pentingnya strategi promosi yang efektif, layanan berkualitas tinggi, dan kepuasan pelanggan dalam menumbuhkan loyalitas di antara pengguna e-wallet. Temuan ini menunjukkan bahwa meningkatkan faktor-faktor ini dapat meningkatkan loyalitas pelanggan, memberikan wawasan yang berharga bagi penyedia layanan e-wallet yang bertujuan untuk meningkatkan retensi dan loyalitas pelanggan.
References
Anggraini, F., & Budiarti, A. (2020). Pengaruh harga, promosi, dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan dimediasi kepuasan pelanggan pada konsumen Gojek. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 8(3).
Arianto, N. (2019). Pengaruh promosi dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan serta berdampak terhadap loyalitas pelanggan. KREATIF: Jurnal Ilmiah Prodi Manajemen Universitas Pamulang, 7(1), 44.
Arikunto, S., Rahawarin, & Chistifora. (2015). Pengaruh komunikasi, iklim organisasi dan gaya kepemimpinan transformasional kepala sekolah terhadap kinerja guru SMA. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 3(2), 173–188.
Balqis, D. S., & Hariasih, M. (2023). The influence of location, food quality, service quality, and price on purchase decisions at food stalls in Sidoarjo. Academia Open, 8. https://doi.org/10.21070/8
Dharma, R. (2017). Pengaruh kualitas pelayanan, kepercayaan, dan kepuasan terhadap loyalitas pelanggan pada PT. Padang Tour Wisata Pulau Padang. Jurnal EKOBISTEK Fakultas Ekonomi, 6(2), 349–359.
Ferdinand, A. (2014). Metode penelitian manajemen (5th ed.). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Firmansyah, M. A. (2020). Buku komunikasi pemasaran (T. T. Medita, Ed.; 1st ed.). CV. Penerbit Qiara Media.
Ghozali, I. (2018). Aplikasi analisis multivariate dengan program IBM SPSS 25 (Edisi 9). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2012a). Manajemen pemasaran edisi 13 jilid 1 (A. M. W. Hardani, Ed.; 13th ed.). Erlangga.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2012b). Marketing management (14th ed.). Prentice Hall.
Kurniawan, A. L., & Sari, D. K. (2022). The influence of service quality, company image and customer relationship on customer satisfaction expedition in Sidoarjo Regency. Indonesian Journal of Law and Economics Review, 17, 10–21070.
Perkasa, M. A. H. (2021). Survei Snapcart: ShopeePay tumbuh pesat selama kuartal I-2021. Www.Marketeers.Com.
Putri, F. K., Tumbel, A. L., & Djemly, W. (2021). Pengaruh kualitas pelayanan dan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan pada PT. Matahari Department Store di Mantos 2. Jurnal EMBA, 9(1), 1428–1438.
Saharani, A., & Indayani, L. (2023). The influence of product quality, price and promotion on purchase decisions of cosmetic products in Sidoarjo. Indonesian Journal of Innovation Studies, 21, 10–21070.
Saputri, A., Jeni, N., Apriani, V., & Sudrajat, A. (2021). Pengaruh kualitas layanan terhadap loyalitas pelanggan yang dimediasi oleh kepuasan pelanggan (J&T Express). Value: Jurnal Manajemen dan Akuntansi, 16(1), 95–103.
Sujarweni, V. W. (2015). SPSS untuk penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.
Sugiyono. (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Supertini, N. P. S., Telagawati, N. L. W. S., & Yulianthini, N. N. (2020). Pengaruh kepercayaan dan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan pada Pusaka Kebaya di Singaraja. Prospek: Jurnal Manajemen dan Bisnis.
Tjiptono, F. (2015). Strategi pemasaran. Yogyakarta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Muhammad Rizki Bachtiar, Lilik Indayani, Dewi Komala Sari, Misti Hariasih

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.