Dukungan Selebriti Gagal Mempengaruhi Keputusan Pembelian di Korea Selatan

Authors

  • Della Natasa Audri Program Studi Manajemen, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Jawa Timur, Indonesia
  • Supardi Supardi Program Studi Manajemen, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Jawa Timur, Indonesia
  • Dewi Komala Sari Program Studi Manajemen, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Jawa Timur, Indonesia
  • Risky Eka Febriansah Program Studi Manajemen, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Jawa Timur, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.47134/jbhi.v1i4.258

Keywords:

Fitur Produk, Citra Merek, Keputusan Pembelian, Dukungan Selebriti

Abstract

Penelitian ini mengeksplorasi pengaruh fitur produk, peran BTS sebagai duta merek, dan citra merek terhadap keputusan pembelian. Meskipun ada penelitian ekstensif tentang strategi pemasaran, dampak spesifik dari dukungan selebriti masih belum didefinisikan secara jelas, terutama dalam konteks perilaku pembelian. Penelitian ini bertujuan untuk mengisi kesenjangan pengetahuan ini dengan menguji secara kuantitatif bagaimana komponen pemasaran yang berbeda mempengaruhi pilihan konsumen. Dengan menggunakan sampel 105 responden yang dipilih secara acak, data dikumpulkan melalui kuesioner dan dianalisis menggunakan metode Partial Least Square (PLS) melalui Smart-PLS versi 4.0. Temuan menunjukkan bahwa fitur produk dan citra merek secara signifikan mempengaruhi keputusan pembelian, sedangkan kehadiran duta merek, dalam hal ini BTS, tidak. Hasil ini menunjukkan bahwa meskipun atribut produk tertentu dan persepsi merek secara keseluruhan secara signifikan mempengaruhi pembelian konsumen, dukungan selebriti mungkin tidak secara seragam mempengaruhi proses pengambilan keputusan. Hal ini mengindikasikan adanya kebutuhan bagi merek untuk menilai kembali peran dukungan selebriti dalam strategi pemasaran mereka.

References

Ahmadi, E. A. (2020). Analisis pengaruh kualitas, fitur, dan desain produk terhadap keputusan pembelian Honda Genuine Parts di Jun's Motor Surabaya. Mak. J. Manaj., 6(2), 148–156. doi: 10.37403/mjm.v6i2.172.

Alamsyah, N., & Saino, S. (2021). Pengaruh fitur produk dan promosi cashback terhadap keputusan pembelian. Akuntabel, 18(4), 624–634. Retrieved from https://journal.feb.unmul.ac.id/index.php/AKUNTABEL/article/view/9888

Alvatwa, N. I., Fadilah, M., & Cahyani, P. D. (2021). Citra merk, fitur dan kualitas produk dalam keputusan pembelian smartphone Xiaomi. Jesya (Jurnal Ekonomi dan Ekonomi Syariah), 4(2), 816–825. doi: 10.36778/jesya.v4i2.392.

Amin, M., & Yanti, R. F. (2021). Pengaruh brand ambassador, e-WOM, gaya hidup, country of origin dan motivasi terhadap keputusan pembelian produk skincare Korea Nature Republic. Invest J. Inov. Bisnis dan Akunt., 2(1), 1–14. doi: 10.55583/invest.v2i1.111.

Anam, M. S., Nadila, D. L., Anindita, T. A., & Rosia, R. (2020). Pengaruh kualitas produk, harga dan brand image terhadap keputusan pembelian produk hand and body lotion merek Citra. Jesya (Jurnal Ekonomi dan Ekonomi Syariah), 4(1), 120–136. doi: 10.36778/jesya.v4i1.277.

Andini, R., & Trianasari, N. (2021). The effect of brand ambassador and brand image on purchase decision process of e-commerce Tokopedia (case study on Boy Group BTS and Girl Group Blackpink as brand ambassador). e-Proceeding Manag., 8(4), 3146–3153.

Arfah, Y. (2022). Keputusan pembelian produk. Retrieved April 7, 2023, from https://books.google.com/books?id=nTxlEAAAQBAJ&printsec=frontcover&hl=id#v=onepage&q&f=false

Aryaty, D., & Budiatmo, A. (2019). Pengaruh kualitas produk dan citra merek (brand image) terhadap keputusan pembelian smartphone Samsung Galaxy Series J. J. Chem. Inf. Model., 53(9), 1689–1699. Retrieved from http://garuda.ristekbrin.go.id/documents/detail/1436860

Asyhari, & Yuwalliatin, S. (2021). The influence of green marketing strategy on purchasing decision with mediation role of brand image. J. Apl. Manaj., 19(3), 535–546. doi: 10.21776/ub.jam.2021.019.03.07.

Dr. Firmansyah, M. A., SE. (2019). Buku pemasaran produk dan merek. Buku Pemasar. Prod. dan Merek, August, 336.

Ermalina, E. (2020). Pengaruh harga dan fitur produk terhadap keputusan pembelian telepon pintar. J. Manaj. Strateg. dan Apl. Bisnis, 3(1), 11–20. doi: 10.36407/jmsab.v3i1.115.

Handayani, E. D., & Kurnianingsih, H. (2021). Pengaruh gaya hidup, fitur, desain dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian smartphone merek Samsung. J. Manaj. Dewantara, 5(2), 152–161. Retrieved from https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/manajemendewantara/article/view/11317/4515

Hasian, G., & Pramuditha, C. A. (2022). Pengaruh brand ambassador, brand awareness, brand image, dan brand loyalty terhadap keputusan pembelian smartphone Samsung di Palembang (studi kasus pada masyarakat kota Palembang). Publ. Ris. Mhs. Manaj., 3(2), 115–121. doi: 10.35957/prmm.v3i2.2313.

Hidayah, S. A., & Apriliani, R. A. E. P. (2019). Analisis pengaruh brand image, harga, kualitas, produk, dan daya tarik promosi terhadap minat beli ulang konsumen batik Pekalongan (studi pada pasar grosir Setono batik Pekalongan). J. Econ. Bus. Eng., 1(1), 24–31.

Juliandi, A. (2018). Structural equation model partial least square (SEM-PLS) menggunakan SmartPLS. Jangan Belajar, 1(was), 1.

Kurniawati, T., Irawan, B., & Prasodjo, A. (2019). Analisis pengaruh kualitas pelayanan, harga, dan brand image terhadap kepuasan konsumen restoran Pizza Hut cabang Jember. e-Journal Ekon. Bisnis dan Akunt., 6(2), 147. doi: 10.19184/ejeba.v6i2.11159.

Liya, K. K., Karmila, H., Budiono, H., & Sanjaya, V. F. (2021). Pengaruh Hallyu Wave, brand ambassador, brand image dan WOM terhadap keputusan pembelian pada Mie Sedap Selection Korean Spicy Chicken. Revenue J. Manaj. Bisnis Islam, 2(1), 11–26. doi: 10.24042/revenue.v2i1.7700.

Lukitaningsih, A., Lukitaningsih, A., & Lestari, F. (2023). Pengaruh brand image, brand trust dan brand ambassador terhadap keputusan pembelian produk smartphone. Forum Ekon., 25(1), 89–96. Retrieved from https://journal.feb.unmul.ac.id/index.php/FORUMEKONOMI/article/view/12311

Misbak, M. J., & Hendrayati, H. (2022). Surviving without a brand ambassador: Apple after Steve Jobs. Proc. 6th Glob. Conf. Business, Manag. Entrep. (GCBME 2021), 657(Gcbme 2021), 257–261. doi: 10.2991/aebmr.k.220701.050.

Nasri, H. (2020). Pengaruh brand ambassador BTS terhadap purchase intention yang dimediasi oleh brand awareness Tokopedia di Indonesia. J. Ilm. Mhs. FEB, 8(02), 2–13.

Nugroho, N. E. (2021). Pengaruh citra merek, persepsi kualitas, fitur produk terhadap keputusan pembelian melalui kepercayaan konsumen pada smartphone Samsung Galaxy A10s (The influence of brand image, quality perception, product features on purchase decisions through consumer trust). J. Ekbis, 22(2), 223. doi: 10.30736/je.v22i2.844.

Nurwanti, & Aulia, P. (2022). Pengaruh brand ambassador BTS terhadap brand image Samsung di Kota Bandung (The influence of BTS as brand ambassador toward brand image Samsung in Bandung City). Vol. 9, no. 4, 2090–2099.

P., A., & C., M. M. (2019). Pengaruh brand ambassador dan brand image terhadap keputusan. Manajemen, 12(1), 12.

Populix. (2022). Research gap: Pengertian, jenis, dan cara menemukannya. Retrieved April 11, 2023, from https://info.populix.co/articles/research-gap-adalah

Pradana, D., Hudayah, S., & Rahmawati, R. (2018). Pengaruh harga kualitas produk dan citra merek (brand image) terhadap keputusan pembelian motor. Kinerja, 14(1), 16. doi: 10.29264/jkin.v14i1.2445.

Rasjidi, R. (2017). Metodologi penelitian. Univ. Islam Jakarta, 1–186.

Rozi, F., Sari, D. K., & Cover, J. (2022). Table of content. Chinese J. Aeronaut., 7(11), i–ii. doi: 10.21070/acopen.7.2022.3040.

Salsabila, S., Lina, L. F., & Novita, D. (2022). Pengaruh kredibilitas brand ambassador terhadap keputusan perawatan pada klinik kecantikan di Bandar Lampung.

Setijadi, S., & Wijaya, W. S. K. (2021). Pengaruh merek, harga, fitur produk dan gaya hidup terhadap keputusan pembelian smartphone Xiomi di Toko Cendana Cell Banjarnegara. Medikonis, 12(2), 67–79. doi: 10.52659/medikonis.v12i2.55.

Sipayung, T., & Syahreza, B. (2021). Analisis persepsi konsumen tentang atribut produk serta pengaruhnya terhadap keputusan pembelian smartphone Oppo (studi kasus pada Toko Tia Ponsel di Kota Pematangsiantar). Manaj. J. Ekon., 3(1), 11–24. doi: 10.36985/manajemen.v3i1.475.

Sonia, & Alamsyah, A. (2021). Analisis mekanisme penyebaran informasi menggunakan model social network analysis dan epidemi susceptible-infected (studi kasus: Brand ambassador …). eProceedings, 8(2), 824–832. Retrieved from https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/management/article/download/14751/14528

Suciarto. (2018). Pengembangan produk, branding dan pemberian label pada kemasan produk. Retrieved from http://repository.unika.ac.id/17829/

Sugiyono, P. D. (2019). Metode penelitian pendidikan (kuantitatif, kualitatif, kombinasi, R&D dan penelitian pendidikan). Metod. Penelit. Pendidik., 67.

Tanady, E. S., & Fuad, M. (2020). Analisis pengaruh citra merek dan kualitas layanan terhadap keputusan pembelian Tokopedia di Jakarta. Manaj. Pemasar., 9(021), 113–123.

Wardhana. (2022). Brand image dan brand awareness. Brand Mark. Art Brand., January, 105–116.

Downloads

Published

2024-05-27

How to Cite

Audri, D. N., Supardi, S., Sari, D. K., & Febriansah, R. E. (2024). Dukungan Selebriti Gagal Mempengaruhi Keputusan Pembelian di Korea Selatan. Journal of Business and Halal Industry, 1(4), 1–15. https://doi.org/10.47134/jbhi.v1i4.258

Issue

Section

Articles

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.