Strategi IMC (Integrated Marketing Communication) Untuk Meningkatkan Kepuasan & Kepercayaan Pelanggan (Studi Kasus PT Azza Sejahtera Damai Perkasa)

Authors

  • Fifi Hasmawati Universitas Islam Negeri Raden Fatah
  • Manalullaili Universitas Islam Negeri Raden Fatah
  • Muhammad Azhari Ibnu Tablia Universitas Islam Negeri Raden Fatah

DOI:

https://doi.org/10.47134/jbhi.v1i4.618

Keywords:

Strategi IMC (Integrated Marketing Commnunicaton), Pemasaran Digital, Kepuasan dan Kepercayaan

Abstract

Penelitan ini dilaksanakan Jl. Alamsyah Ratu Prawiranegara No.3887, RW.16, Kota Palembang, Sumatera Selatan. Adapun permasalahan yang diangkat (1) .Bagaimana strategi IMC (Integrated Marketing Communication) yang digunakan untuk meningkatkan kepercayaan dan kepuasan pelanggan pada PT. Azza Sejahtera Damai Perkasa Tour & Travel?. Tujuan Penelitian ini mengetahui Strategi IMC (Integrated Marketing Communication) agar meningkatkan kepercayaan dan kepuasan pelanggan dalam pembelian produk di PT. Azza Sejahtera Damai Perkasa tour & travel. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, adapun teknik pengumpulan datanya selama melakukan proses penelitian menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa PT. Azza Sejahtera Damai Perkasa menggunakan kombinasi berbagai alat komunikasi pemasaran, termasuk iklan, promosi penjualan, pemasaran langsung, hubungan masyarakat, dan pemasaran digital. Strategi ini dirancang untuk menciptakan pesan yang konsisten dan terpadu di seluruh saluran komunikasi, sehingga dapat meningkatkan visibilitas dan reputasi perusahaan. Implementasi strategi IMC ini terbukti efektif dalam membangun kepercayaan pelanggan melalui penyampaian informasi yang jelas dan terpercaya, serta meningkatkan kepuasan pelanggan.

References

Aeker, D. (2009). Manajemen Ekuitas Merek. Jakarta: Spektrum.

Agama, D. K. (2000). Al-Quran dan Terjemahan. Bandung: CV. Diponogoro.

Ardianto, D. T. (2023). Strategi Komunikasi Pemasaran Travel Picniq Tour dalam mempromosikan wisata di belitung - tanjung pandan di masa pandemi covid 19.

BPS, B. P. (2023). Data Pariwisata Indonesia. Statistik Indonesia, 1-10.

Caropobeka, R. M. (2017). Konsep dan Aplikasi Ilmu Komunikasi. Yogjakarta: CV. Andi Offset.

Caywood, C. S. (1991). Integrated Markting Communications. Evanston: Illinois.

Choiri, U. S. (2019). Metode Penelitian Kualitatif di bidang pendidikan. ponorogo: CV. Nata karya.

Cornelissen. (2008). Corporate Communication : A Guide to Theory and Practice. Los Angeles: SAGE Publications.

Cutlip, S. M. (2009). Effective Public Relations. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Dian Fitri Kusuma, M. S. (2018). Strategi pemanfaatan instagram sebagai media Komunikasi pemasaran digital yang dilakukan oleh dino donuts. Manajemen komunikasi, 3(1) halaman 18-33. DOI: https://doi.org/10.24198/jmk.v3i1.12963

Dono, B. E. (2020). Strategi Kepala Sekolah dalam meningkatkan prestasi siswa. Yogjakarta: Gue Pedia.

Dr. Dedy Ansari Harahap, S. M. (2020, April 13). Pentingnya Komunikasi Pemasaran Menciptakan Kesadaran Merek. bandung: Universitas Islam Bandung.

Engel El-Gohary, H. T. (2010). the relationship between E marketing and Performance : Towards a conceptuals framework in a small business enterprises context. jurnal bisnis dan kebijakan politik 2(2), 10-28.

Farrinadewi, E. (2008). Merek dan Psikologi Komsumen Implikasi pada strategi pemasaran . Yogjakarta: Graha Ilmu Media.

Feny Rita Fiantika, M. W. (2022). Metode Penelitian Kualitatif. Padang: PT. Global Eksekutif Teknologi.

Firmansyah, M. A. (2020). Komunikasi Pemasaran. Pasuruan: Cv. penerbit qiara media.

Hafiz, M. A. (2022, April 18). Aktivitas Komunikasi Pemasaran Dinda Hantaran Dalam Menarik Minat Jasa Dekorasi Hantaran Di Kabupaten Batu Bara. p. 9.

I, W. (2001). Ilmu komunikasi teori dan praktek. Yogyakarta: Kanisius.

I. p. (2020). Tari Pendet Pengajum. Bali: Nilacakra.

Kasman Pandiangan, M. d. (2021, 03 04). Faktor faktor yang mempengaruhi brand equity,brand trust,brand image,perceived quality, dan brand loyalty. Jurnal ilmu managemen terapan, 447-448. DOI: https://doi.org/10.31933/jimt.v2i4.459

Keller, K. A. (2009). Managemen Pemasaran Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P. (2002). Marketing Management. New Jersey: Prentice Hall Internasional Edition.

Lamb Larry F, K. B. (2005). Applied Public Relation; Cases In Stake Holder Management. London: Lawrence Erlbaum Associates.

Lupiyoadi, H. A. (2006). Managemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Penerbit Salemba.

Miftah, M. (2019). Strategi Komunikasi Efektif Dalam Pembelajaran. Jurnal Teknodik, 12(2),089-094. DOI: https://doi.org/10.32550/teknodik.v12i2.411

Mulyana, P. n. (2014). Pengaruh periklanan dan promosi penjualan terhadap keputusan pembelian. Ilmiah Manajemen Kesatuan, 119-128.

Nickles, W. G. (2000). Marketing Principal. New Jersey: Prentice Hall.Inc Prawarnata,

P.Pelawi, D. A. (2015). Pengaruh promosi penjualan (sales promotion) dan belanja hedonis (hedonic shopping) terhadap impulsive buying produk Matahari Plaza Medan fair. Jurnal Quanomic, 10-18.

Rijali, A. (2018). Analisis data Kualitatif. Jurnal Alhadharah, Vol. 17 No 33, Hlm. 85. DOI: https://doi.org/10.18592/alhadharah.v17i33.2374

Sadeli, R. R. (2019). Pengaruh Direct Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Kopi Arabika Malabar Mountain Coffee. Jurnal Personalia,Financial, Operasional, Marketing dan Sistem Informasi,26(1), 27-38. DOI: https://doi.org/10.20884/1.jp.2019.26.1.1413

Sarastuti, D. (2017). Strategi komunikasi pemasaran online produk busana muslim queenova. Jurnal Visi Komunikasi , Volume 16 Hlm.71-90.

Sholehuddin, S. (2019). Angka Partisipasi Kuliah Masyarakat Jawa Tengah Terhadap Ptkin. Pekalongan: Penerbit Nem.

Sri Astuti Pratminingsih, C. L. (2013). Factors Influencing Customer Loyalty Towards Online. International Journal of Trade Economics and Finance 4 (3), 104-110. DOI: https://doi.org/10.7763/IJTEF.2013.V4.268

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tresnawati, Y. &. (2018). Pemetaan Konten Promosi Digital. Profesi Humas : Jurnal Ilmiah, 102. DOI: https://doi.org/10.24198/prh.v3i1.15333

Wahyudi, D. &. (2013). Analisis Personal Selling Pada PT. Prudential Life Assurance Medan. Jurnal Bis-A: Jurnal Bisnis Administrasi 2(2), 21-29.

Widyaningrum, S. T. (2012). Analisis Equitas merek (Brand equity) melalui komunikasi pemasaran terpadi (integrated marketing communication- imc) pada PT. Nascomo Majapahit Semarang. Jurnal Adminitrasi Bisnis Universitas Diponogoro, Volume 1 (1) Hlm. 66.

Downloads

Published

2024-06-30

How to Cite

Hasmawati, F., Manalullaili, & Tablia, M. (2024). Strategi IMC (Integrated Marketing Communication) Untuk Meningkatkan Kepuasan & Kepercayaan Pelanggan (Studi Kasus PT Azza Sejahtera Damai Perkasa). Journal of Business and Halal Industry, 1(4), 18. https://doi.org/10.47134/jbhi.v1i4.618

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.