Implementasi Teknik Bisnis dalam Meningkatkan Daya Jual Produk Toko Abdi, Kota Prabumulih

Authors

  • Zhila Jannati Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Sumaina Duku Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Sandy Susmajaya Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang

DOI:

https://doi.org/10.47134/jbea.v2i2.702

Keywords:

Teknik Bisnis, Daya Jual Produk, Usaha Kecil, Strategi Pemasaran, Toko Abdi, Prabumulih

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan teknik bisnis dalam meningkatkan daya jual produk di Toko Abdi, Kota Prabumulih. Dalam menghadapi persaingan yang semakin ketat di era modern, usaha kecil seperti Toko Abdi dituntut untuk mampu beradaptasi dan mengimplementasikan strategi yang tepat guna mempertahankan dan meningkatkan penjualan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Toko Abdi menerapkan berbagai teknik bisnis, seperti strategi harga grosir, program loyalitas pelanggan, pelayanan berbasis kekeluargaan, serta promosi sederhana melalui banner dan pesan instan. Teknik-teknik tersebut terbukti mampu meningkatkan volume penjualan dan loyalitas pelanggan. Kendala utama yang dihadapi toko adalah fluktuasi harga bahan pokok dan keterbatasan dalam anggaran promosi. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan teknik bisnis yang terencana dan sesuai dengan karakteristik pasar lokal dapat membantu usaha kecil seperti Toko Abdi untuk bertahan dan berkembang di tengah persaingan pasar yang semakin kompleks

References

Arifudin, Dani, Linda Heryanti, dan Dian Pramesti. "Pelatihan Desain Mockup Dan Logo Sebagai Branding Produk Untuk Meningkatkan Nilai Jual Bagi UMKM." Jurnal Masyarakat Mandiri. 2021.

Baker, Michael J., dan Susan Hart. The Marketing Book. Edisi ke-7. Elsevier, 2008.

Chaffey, Dave, dan Fiona Ellis-Chadwick. Digital Marketing: Strategy, Implementation and Practice. London: Pearson, 2019.

Clausewitz, Carl von. On War (Vom Kriege). Edisi II. Bogor: JasaKertas, 2019.

Cruzado, E. (2023). Suki: A Feasibility Study on Developing a Platform Application for Local Public Markets. 2023 IEEE International Conference on Industrial Engineering and Engineering Management, IEEM 2023, 508-512. https://doi.org/10.1109/IEEM58616.2023.10406646

David, Fred R. Strategic Management: Concepts and Cases. Re-Translate Indonesia: Jayakarsa Media, 2020.

Fathurrohman, Muhammad, dan Sulistyorini. Implementasi Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan Islam Peningkatan Lembaga Pendidikan Islam Secara Holistik. Yogyakarta: Teras, 2022.

Grunig, J. E., dan L. A. Grunig. "11 Models Of Public Relations And Communication." Dalam Excellence In Public Relations And Communication Management. 2013.

Guffey, Mary Ellen & Loewy, Dana. (2018). Business Communication: Process and Product. Cengage Learning.

Hastuti, T.D. (2023). The Readiness of Lasem Batik Small and Medium Enterprises to Join the Metaverse. Computers, 12(1), ISSN 2073-431X. https://doi.org/10.3390/computers12010005

Herdiansyah. Metode Penelitian Kualitatif Untuk Ilmu Sosial. Jakarta: Salemba Humanika, 2020.

Hulu, R. D. L., M. F. Habib, R. S. Tia, F. M. Husna, dan S. Suhairi. "Pentingnya Teknik Lobi Dan Negosiasi Dalam Komunikasi Bisnis." Jebiman: Jurnal Ekonomi, Bisnis, Managemen Dan Akuntansi. Vol. 1, no. 5, 2023, h. 567-574.

Kotler, Philip, dan Gary Armstrong. Principles of Marketing. Boston: Pearson, 2018.

Kotler, Philip, dan Kevin Lane Keller. Marketing Management. Edisi ke-15. Boston: Pearson, 2016.

Lee, D. (2022). Business transaction recommendation for discovering potential business partners using deep learning. Expert Systems with Applications, 201, ISSN 0957-4174. https://doi.org/10.1016/j.eswa.2022.117222

Lovelock, C., dan J. Wirtz. Services Marketing: People, Technology, Strategy. Pearson, 2016.

Majid, Abdul. Implementasi Kurikulum 2013 Kajian Teoritis dan Praktis. Bandung: Interes Media, 2020.

Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2019.

Pennekamp, J. (2023). Offering Two-way Privacy for Evolved Purchase Inquiries. ACM Transactions on Internet Technology, 23(4), ISSN 1533-5399. https://doi.org/10.1145/3599968

Peppers, Don, dan Martha Rogers. The One to One Future: Building Relationships One Customer at a Time. Doubleday, 1993.

Purwanto, dan Sulistyastuti. Implementasi Kebijakan Publik: Konsep dan Aplikasinya di Indonesia. Yogyakarta: Gava Media, 2016.

Ramadhantya, A. P. "Strategi Manajemen Konflik Dan Komunikasi Interpersonal Dalam Mengatasi Permasalahan Hubungan Friendzone." Comserva: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat. Vol. 3, no. 6, 2023, h. 2199-2220.

Riduwan. Metode dan Teknik Menyusun Tesis. Bandung: Alfabeta, 2014.

Robbins, S. P., dan T. A. Judge. Organizational Behavior. Pearson, 2017.

Downloads

Published

2025-05-28

How to Cite

Zhila Jannati, Sumaina Duku, & Sandy Susmajaya. (2025). Implementasi Teknik Bisnis dalam Meningkatkan Daya Jual Produk Toko Abdi, Kota Prabumulih . Journal of Business Economics and Agribusiness, 2(2), 9. https://doi.org/10.47134/jbea.v2i2.702

Issue

Section

Articles