Pengaruh Konformitas Teman Sebaya dan Minat Karir terhadap Pengambilan Keputusan Memilih Program Studi Pendidikan Akuntansi
DOI:
https://doi.org/10.47134/jampk.v2i3.630Keywords:
Konformitas Teman Sebaya, Minat Karir, Pengambilan Keputusan Memilih Program Studi Pendidikan AkuntansiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konformitas teman sebaya dan minat karir terhadap pengambilan keputusan memilih Program Studi Pendidikan Akuntansi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Akuntansi Universitas Sebelas Maret angkatan tahun 2021-2024 berjumlah 258 mahasiswa. Sampel diambil dengan menggunakan teknik proportional random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner untuk konformitas teman sebaya, minat karir dan pengambilan keputusan memilih Program Studi Pendidikan Akuntansi. Teknik analisis data menggunakan analisis korelasi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh konformitas teman sebaya dan minat karir terhadap pengambilan keputusan memilih Program Studi Pendidikan Akuntansi.
References
Amelia, N., & Banjarnahor, H. (2023). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa Akuntansi Untuk Berkarir Sebagai Akuntan Publik. eCo-Buss, 6(1), 271-286. DOI: https://doi.org/10.32877/eb.v6i1.784
Arikunto. 2015. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta.
Hasanah, A. (2023). Kesesuaian minat karir dengan keputusan memilih jurusan di perguruan tinggi. Journal of Classroom Action Research, 5(Special Issue), 198-202.
Hidayat, K. dan Bashori, K. (2016). Psikologi Sosial Aku Kami, dan Kita. Jakarta: Erlangga.
Istiqomah, I., Hariani, L. S., & Afian, A. (2018). Pengaruh konformitas teman sebaya, motivasi dan minat karir terhadap pemilihan Program Studi akuntansi di perguruan tinggi. Jurnal Riset Pendidikan Ekonomi, 3(2). DOI: https://doi.org/10.21067/jrpe.v3i2.3801
Kasan, I. A. (2022). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perencanaan Karir Di Kelas X Sma Negeri 1 Tilamuta. Pendas Mahakam: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 7(2), 83-89. DOI: https://doi.org/10.24903/pm.v7i2.1111
Lent, R. W. (2002). Social cognitive career theory. Career choice and development/Jossey-Bass, 4, 255-311.
Lent, R. W., Brown, S. D., & Hackett, G. (1994). Toward a unifying social cognitive theory of career and academic interest, choice, and performance. Journal of vocational behavior, 45(1), 79-122. DOI: https://doi.org/10.1006/jvbe.1994.1027
Makkawaru, M. (2019). Pentingnya pendidikan bagi kehidupan dan pendidikan karakter dalam dunia pendidikan. Jurnal Konsepsi, 8(3), 116-119.
Milla, H., & Febriola, D. (2022). Analisis Pengambilan Keputusan Memilih Masuk Program Studi Pendidikan Ekonomi di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Bengkulu. Jurnal Multidisiplin Dehasen (MUDE), 1(3), 149-158. DOI: https://doi.org/10.37676/mude.v1i3.2493
Santrock, J. W. (2014). Adolescence. 5 th New York: McGraw-Hill.
Saputro, M. (2017). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan mahasiswa dalam memilih Program Studi. Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains, 6(1), 83-94 DOI: https://doi.org/10.32529/al-ilmi.v1i1.336
Sarjono, Haryadi. (2011). SPSS vs LISREL Sebuah Pengantar, Aplikasi untuk Riset. Jakarta: Salemba Empat.
Siswanto, Z. F. D., Nuraina, E., & Styaningrum, F. (2020). Pengaruh Minat,Konsep Diri, Dan Persepsi Tentang Profesi Guru Terhadap Keputusan Memilih Program Studi Pendidikan Akuntansi Universitas PGRI Madiun. In FIPA: Forum Ilmiah Pendidikan Akuntansi (Vol. 7, No. 2).
Sugeng, S., & Prihartanti, N. (2018). Pengambilan Keputusan Studi Lanjut Ditinjau dari Konformitas, Pusat Kendali Internal dan Optimisme. Surakarta: Program Magister Psikologi Sekolah Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Sugiyono. (2015). Metode Peneltian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Wahdi, N. (2021). Pengaruh Penghargaan Finansial, Lingkungan Kerja dan Pertimbangan Pasar Kerja Terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi Untuk Berkarier Menjadi Akuntan Publik. Jurnal Cakrawala Ilmiah, 1(3), 251- 264. DOI: https://doi.org/10.53625/jcijurnalcakrawalaindonesia.v1i3.607
Yuliawan, A. N. I., & Hardini, H. T. (2022). Pengaruh Self-Efficacy, Minat Menjadi Guru, dan Teman Sebaya Terhadap Pengambilan Keputusan Memilih Program Studi Pendidikan Akuntansi. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 1193- 1203 DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.2076
Zola, N., Yusuf, A. M., & Firman, F. (2022). Konsep social cognitive career theory. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 7(1), 24. DOI: https://doi.org/10.29210/30031454000
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Chanifah Rahmania, Susilaningsih, Elvia Ivada

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.