Kesiapan dan Minat Mahasiswa dalam Pelaksanaan Merdeka Belajar Kampus Merdeka: Studi Kasus Mahasiswa Pendidikan Akuntansi FKIP UNS
DOI:
https://doi.org/10.47134/jampk.v2i2.485Keywords:
Kesiapan, Minat, MBKM, Pendidikan AkuntansiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesiapan dan minat mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi FKIP Universitas Sebelas Maret (UNS) dalam pelaksanaan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus, melibatkan wawancara mendalam untuk memahami perspektif mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan variasi signifikan dalam kesiapan mahasiswa, di mana banyak yang merasa kurang mendapatkan informasi memadai tentang MBKM. Informasi yang terbatas dan tidak terstruktur dari program studi serta kurangnya bimbingan dan penyuluhan mempengaruhi kesiapan akademik mereka. Dari segi minat, mahasiswa menunjukkan variasi yang luas, dipengaruhi oleh pemahaman tentang program, manfaat yang diperoleh, dan pengalaman pribadi. Minat rendah disebabkan oleh penempatan yang tidak sesuai, seperti di SD daripada di SMA atau SMK yang lebih relevan, serta beban tugas kuliah dan kekhawatiran tentang gangguan waktu kuliah. Penelitian menyimpulkan bahwa peningkatan kesiapan dan minat mahasiswa dalam program MBKM memerlukan informasi yang lebih lengkap dan terstruktur, perbaikan fasilitas pendukung, serta bimbingan dan penyuluhan yang memadai dari Program Studi Pendidikan Akuntansi UNS. Dukungan yang lebih baik akan meningkatkan kesiapan dan motivasi mahasiswa, mendukung tujuan utama program ini dalam memberikan pengalaman belajar holistik dan relevan dengan kebutuhan dunia kerja.
References
Adila, N., Irawan, P., & Wibowo, A. (2023). Kendala dalam penyusunan kurikulum MBKM yang efektif dan efisien. Jurnal Pendidikan Tinggi, 15(2), 112-128.
Aly, M., Syamsuddin, A., & Haris, R. (2017). Kondisi pendidikan karakter di perguruan tinggi Indonesia. Jurnal Pendidikan Karakter, 9(1), 45-60.
Amien, M. (2023). Teknik pengambilan sampel dalam penelitian kualitatif. Metode Penelitian Kualitatif, 10(4), 255-272.
Arjanto, R., Sutrisno, H., & Wijayanto, S. (2022). Implementasi MBKM dari perspektif mahasiswa di Universitas Pattimura. Jurnal Pendidikan, 17(3), 345-361.
Asmawi, S. (2005). Manajemen kontemporer dalam pendidikan tinggi. Jurnal Manajemen Pendidikan, 7(2), 78-89.
Bhakti, A., Susanto, E., & Mahendra, W. (2022). Kendala dalam sosialisasi program magang dan pencocokan SKS. Jurnal Manajemen Pendidikan, 18(1), 223-239.
Darmawan, E., & Aliyyah, S. (2024). Pengembangan keterampilan praktis dan teoretis melalui MBKM. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 20(2), 98-114.
Dewi, R., Suryani, T., & Wardani, F. (2022). Review sistematis literatur MBKM dalam pengajaran bahasa Inggris. Jurnal Linguistik Terapan, 14(4), 301-317.
Hanapi, S., Maulana, M., & Azis, A. (2023). Kendala pelaksanaan program MBKM di Lombok. Jurnal Pendidikan, 21(1), 65-82.
Herman, L. (2023). Komunikasi pemerintah dalam implementasi kebijakan MBKM. Jurnal Administrasi Publik, 19(2), 134-150.
Kodrat, R. (2021). Perspektif industri terhadap kebijakan MBKM. Jurnal Pendidikan Tinggi, 16(1), 89-105.
Makarim, N. (2020). Peran perguruan tinggi dalam mencapai tujuan pendidikan. Jurnal Pendidikan Nasional, 12(2), 76-89.
Muid, F., Rahayu, D., & Hidayat, A. (2022). Pengaruh pengalaman magang terhadap minat mengikuti program MBKM. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 20(3), 243-259.
Mudrikah, S., Ahmad, T., & Saputra, R. (2022). Kesiapan mahasiswa terhadap program MBKM di Universitas Islam Nusantara. Jurnal Manajemen Pendidikan, 19(1), 56-72.
Nafisah, A., Kartika, D., & Yuliani, T. (2023). Tantangan dalam implementasi program MBKM. Jurnal Pendidikan, 22(1), 98-115.
Nurhayani, D., Subagyo, A., & Putra, M. (2020). Sistem pendidikan yang berkembang sesuai tuntutan zaman. Jurnal Pendidikan, 15(3), 122-139.
Patmaningrum, E. (2022). Tujuan dan pelaksanaan asistensi mengajar dalam MBKM. Jurnal Pendidikan Guru, 13(2), 203-220.
Pratiwi, D. (2022). Sosialisasi kebijakan MBKM dan pengaruhnya terhadap minat mahasiswa. Jurnal Pendidikan, 18(4), 310-327.
Ria, N. (2018). Kualitas pendidikan di Indonesia. Jurnal Pendidikan Nasional, 14(1), 65-80.
Saudah, N., Maulana, A., & Indrawan, F. (2022). Implementasi MBKM dalam membangun karakter mahasiswa di Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Karakter, 10(3), 188-204.
Simatupang, E., & Yuhertiana, I. (2021). Paradigma baru pendidikan tinggi dalam MBKM. Jurnal Pendidikan Tinggi, 16(2), 221-238. DOI: https://doi.org/10.47747/jbme.v2i2.230
Sopiansyah, A., Darwis, H., & Zain, A. (2022). Metode penelitian kualitatif dalam studi MBKM. Jurnal Metodologi Penelitian, 14(2), 144-159.
Supriati, R., Pranoto, S., & Widodo, T. (2022). Kerangka kerja implementasi MBKM dalam aktivitas akademik pendidikan tinggi. Jurnal Manajemen Pendidikan, 18(2), 198-215.
Zarkasyi, H., & Wahyudin, S. (2017). Konsep manajemen kontemporer dalam pendidikan tinggi. Jurnal Manajemen Pendidikan, 9(3), 112-12
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Dian Pratiwi Putri, Sohidin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.