Pengaruh Bystander Effect dan Whitleblowing terhadap Academic Fraud Intention pada Mata Pelajaran Dasar-Dasar Akuntansi di SMK Negeri Surakarta
DOI:
https://doi.org/10.47134/jampk.v2i3.602Keywords:
Bystander Effect, Whistleblowing, Academic Fraud IntentionAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh bystander effect terhadap academic fraud intention pada mata pelajaran dasar-dasar akuntansi di SMKN Surakarta. (2) Pengaruh whistleblowing terhadap academic fraud intention pada mata pelajaran dasar-dasar akuntansi di SMKN Surakarta. (3) Interaksi pengaruh bystander effect dan whistleblowing terhadap academic fraud intention pada mata pelajaran dasar-dasar akuntansi di SMKN Surakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Data diperoleh dari penyebaran kuesioner. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah peserta didik jurusan akuntansi kelas X pada SMK Negeri di Surakarta yang berjumlah 167 peserta didik. Data dalam penelitian ini diolah menggunakan uji regresi linear berganda dengan bantuan program SPSS versi 23. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh signifikan pada variabel bystander effect terhadap academic fraud intention pada mata pelajaran dasar-dasar akuntansi di SMKN Surakarta. (2) Terdapat pengaruh signifikan pada variabel whistleblowing terhadap academic fraud intention pada mata pelajaran dasar-dasar akuntansi di SMKN Surakarta. (3) Terdapat pengaruh yang signifikan secara simultan pada variabel bystander effect dan variabel whistleblowing terhadap academic fraud intention pada mata pelajaran dasar-dasar akuntansi di SMKN Surakarta.
References
Ajzen, I. (1991). The Theory Of Planned Behavior. Organizational Behavior and Human Decision Processes, 179-211. DOI: https://doi.org/10.1016/0749-5978(91)90020-T
Amiruddin, I. A., Alwi, M., & Fakhri, N. (2022). Prokrastinasi dan Kecurangan Akademik pada Mahasiswa. Jurnal Psikologi Talenta Mahasiswa, 1(4), 183-195.
Anvari, F., Wenzel, M., Woodyatt, L., & Haslam, S. A. (2019). The social psychology of whistleblowing: An integrated model. Organizational Psychology Review, 9(1), 41-67. DOI: https://doi.org/10.1177/2041386619849085
Asiah, N. (2017). Pengaruh Bystander Effect dan Whistleblowing Terhadap Terjadinya Kecurangan Laporan Keuangan. Jurnal Nominal, 6(1), 109-123.
Asiah, N., & Rini, D. S. (2017). Pengaruh Bystander Effect Dan Whistleblowing Terhadap Terjadinya Kecurangan Laporan Keuangan. Nominal Barometer Riset Akuntansi dan Manajemen, 6(1). DOI: https://doi.org/10.21831/nominal.v6i1.14336
Damayanti, A. E. (2021). Persepsi Mahasiswa Tentang Pengaruh Bystander Effect, Konformitas, dan Self Efficacy Terhadap Niat Melakukan Kecurangan Akademik.
Dewi, K. Y., Dewi, P. E., & Sujana, E. (2018). Pengaruh Bystander Effect, Whistleblowing, Asimetri Informasi dan Religiusitas Terhadap Kecenderungan Kecurangan Pada Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) Di Kecamatan Busungbiu. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi, 9(2), 130-147.
Dewi, P. N., Suwantari, N. P., & Pradhana, I. P. (2021). Faktor-Faktor Pencegahan Fraud pada Lembaga Perbankan. E-Jurnal Akuntansi, 31(6). DOI: https://doi.org/10.24843/EJA.2021.v31.i06.p19
Djaelani, Y., Zainuddin, & Mokoginta, R. M. (2022). Academic fraud of students in the Covid-19 period: Testing with the Pentagon's fraud dimension. International Journal of Research In Business and Social Science, 11(2), 414-422. DOI: https://doi.org/10.20525/ijrbs.v11i2.1640
DR, M., & Nurhalizah. (2021). Bystander Effect and Prosocial Behavior on Psychology Faculty Student in Medan City. International Research Journal of Advanced Engineering and Science, 6(4), 25-29.
Dungan, J., Waytz, A., & Young, L. (2015). The psychology of whistleblowing. Current Opinion in Psychology, 6, 129-133. DOI: https://doi.org/10.1016/j.copsyc.2015.07.005
Fishbein, M., & Ajzen, I. (1975). Belief, Attitude, Intention and Behavior: An Introduction to Theory and Research. Addison-Wesley.
Ganti, N., & Baek, S. (2021). Why People Stand By: A Comprehensive Study About the Bystander Effect. Journal of Student Research, 10(1), 1-10. DOI: https://doi.org/10.47611/jsrhs.v10i1.1390
Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21. Semarang, Jawa Tengah, Indonesia: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Handayani, M. T., Nani, D. A., & Safitri, V. A. (2021). Fraud Dalam Proses Akademik Pada Perilaku Mahasiswa. Journal Accounting and Finance, 5(1), 11-20. DOI: https://doi.org/10.25124/jaf.v5i1.3640
Handayani, W. P. (2018). Penerapan Theory of Planned Behavior Dalam Menjelaskan Perilaku Kecurangan Akademik. Widya Warta, 109-121.
Haryani, S. H. (2012). Implementasi Niat (Intention) Dalam Kehidupan Kerja. Dharma Ekonomi, 36.
Herdian, Wulandari, D. A., & Istianah. (2019). Apakah Demografi Memprediksi Ketidakjujuran Akademik? Indonesian Journal of Islamic Psychology, 1(1), 19-34. DOI: https://doi.org/10.18326/ijip.v1i1.19-34
Hortensius, R., & Gelder, B. d. (2018). From Empathy to Apathy: The Bystander Effect Revisited. Current Directions in Psychological Science, 27(4), 249-256. DOI: https://doi.org/10.1177/0963721417749653
Indahsari, R. (2018). Niat Individu Melakukan Whistleblowing: Theory of Planned Behavior dan Prosocial Behavior Theory. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB Universitas Brawijaya, 6(2), 1-19.
Kementerian Pendidikan, K. R. (2022). Capaian Pembelajaran Mata Pelajaran Dasar-Dasar Akuntansi dan Keuangan Lembaga Fase E. Dipetik Juni 26, 2023, dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi: https://kurikulum.kemdikbud.go.id/kurikulum-merdeka/capaian-pembelajaran
Khan, J., Saeed, I., 3, M. Z., Ali, A., Contreras-Barraza, N., Salazar-Sepúlveda, G., & Vega-Muñoz, A. (2022). Examining Whistleblowing Intention: The Influence of Rationalization on Wrongdoing and Threat of Retaliation. International Journal of Environmental Research and Public Health, 19(3). DOI: https://doi.org/10.3390/ijerph19031752
KNKG. (2008). Pedoman Sistem Pelaporan Pelanggaran.
Kristanto, S. B. (2020). Survei Kecurangan Akademik Pada Mahasiswa Program Studi Akuntansi. Perspektif Akuntansi, 3(3), 179-196. DOI: https://doi.org/10.24246/persi.v3i3.p179-196
Lihua, D. (2022). An Extended Model of Theory of Planned Behavior: An Empirical Study of Entrepreneurial l Intention and Entrepreneurial Behavior in College Student. Frontiers in Psychology, 12, 1-13. DOI: https://doi.org/10.3389/fpsyg.2022.627818
Mccabe, D. L. (2005, 11 29). Cheating Among College and University Students: A North American Perspective. International Journal for Educational Integrity, 1(1). DOI: https://doi.org/10.21913/IJEI.v1i1.14
Melati, D. S. (2020). Hubungan Greed, Opportunity, Need, dan Exposure Dengan Tingkat Kecurangan Siswa. Jurnal Tata Arta UNS, 6(3), 67-80.
National Academy of Sciences (US); National Academy of Engineering (US); and Institute of Medicine (US) Panel on Scientific Responsibility and the Conduct of Research. (1993). Responsible Science: Ensuring the Integrity of the Research Process Volume II. Washington: National Academies Press.
Neva, S., & Amyar, F. (2021). Pengaruh Fraud Diamond Dan Gonetheory. Jurnal Analisis Sistem Pendidikan Tinggi, 5(1), 29-38. DOI: https://doi.org/10.36339/jaspt.v5i1.408
Nicholls, A. R., Fairs, L. R., Toner, J., Jones, L., Mantis, C., Barkoukis, V., . . . Andjelkovic, M. (2021). Snitches Get Stitches and End Up in Ditches: A Systematic Review of the Factors Associated With Whistleblowing Intentions. Frontier in Psycology, 12. DOI: https://doi.org/10.3389/fpsyg.2021.631538
Nufus, H., & Helmayunita, N. (2023). Pengaruh Bystander Effect, Whistleblowing, Locus of Control Eksternal dan Moralitas Individu terhadap Terjadinya Kecurangan Laporan Keuangan. Jurnal Eksplorasi Akuntansi (JEA), 5(1), 278-290. DOI: https://doi.org/10.24036/jea.v5i1.731
Nur’aini, R. Y., & Pujiningsih, S. (2021). What Factors Affect Students Whistleblowing Intentions? AKURASI Jurnal Studi Akuntansi dan Keuangan, 4(2), 151-162. DOI: https://doi.org/10.29303/akurasi.v4i2.102
O.Sears, D., L.Freedman, J., & Peplau, L. (1985). Psikologi Sosial. English: Prentice-Hall, Inc.
Palupi, T., & Sawitri, D. R. (2017). Hubungan Antara Sikap Dengan Perilaku Pro-Lingkungan Ditinjau dari Perspektif Theory Of Planned Behavior. Proceeding Biology Education Conference, 14(1), 214-217.
Pavela, G. (1997). Applying the Power of Association on Campus: A Model Code of Academic Integrity. Journal of College and University Law, 24(1).
Purwanto, Alim, M. N., Tarjo, & Fachrizi, A. R. (2021). Students Academic Fraud Behaviour A Gone Fraud Theory Explanation of Indonesian Students' Exam Fraud. Quest Journals, 9(2), 1-8.
Raz, J. (2017). Intention and Value. Philosophical Explorations, 20(sup2), 109-126. DOI: https://doi.org/10.1080/13869795.2017.1356357
Safitri, F. F. (2019). Pengaruh Pressure, Opportunity, dan Rationalization Terhadap Niat Melakukan Fraud dengan Law Enforcement Sebagai Variabel Moderating: Survey Pada Profesi Akuntan.
Salsabila, N. A. (2021, April 27). Kasus Plagiarisme di Tingkat SD hingga SMA Capai 94 Persen. Dipetik November 1, 2023, dari JawaPos.com: https://www.jawapos.com/pendidikan/01322792/kasus-plagiarisme-di-tingkat-sd-hingga-sma-capai-94-persen
Santosa, P. B. (2005). Analisis Statistik Dengan MS. Excel Dan SPSS. Yogyakarta: ANDI.
Santoso, D. (2015). Pengaruh Perilaku Tidak Jujur Dan Kompetensi Moral Terhadap Kecurangan Akademik (Academic Fraud) Mahasiswa Akuntansi. Media Riset Akuntansi, Auditing & Informasi, 15(1), 1-16. doi:10.25105/mraai.v15i1.1645 DOI: https://doi.org/10.25105/mraai.v15i1.1645
Sarwono, S. W., & Meinarno. (2009). Psikologi Sosial. Jakarta: Balai Pustaka.
Sawitri, G. A. (2018). Pengaruh Orientasi Etika Idealisme, Orientasi Etika Relativisme, dan Bystander Effect Terhadap Kecenderungan Kecurangan Akuntansi (Studi Empiris Bank Perkreditan Rakyat di Kabupaten Buleleng). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi, 8(2).
Simamora, B. (2022, Maret). Decision, intention, expectation, willingness, and volition: Critics and comments. Jurnal Ekonomi Perusahaan, 29(1), 1-15. DOI: https://doi.org/10.46806/jep.v29i1.834
Sugiono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: ALFABETA.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Manajemen. (Setiyawami, Penyunt.) Bandung, Jawa Barat, Indonesia: Alfabeta.
Yamin, S., & Kurniawan, H. (2011). SPSS Complete: Teknik Analisis Terlengkap dengan Software SPSS. Jakarta: Salemba
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Rekhana Riska Nur Syafana, Nurhasan Hamidi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.