Eksplorasi Kultur Sekolah dalam Membangun Kemandirian Belajar Siswa Akuntansi pada salah satu SMK di Karanganyar

Authors

  • Meli Anggraeni Universitas Sebelas Maret, Surakarta, Indonesia
  • Asri Diah Susanti Universitas Sebelas Maret, Surakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.47134/jampk.v2i1.452

Keywords:

Kultur Sekolah, Kemandirian belajar, Kultur Verbal, Kultur Materiil, Lingkungan Pendidikan

Abstract

Penelitian ini merupakan studi deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk (1) mengeksplorasi dan mendeskripsikan kultur sekolah pada salah satu SMK di Karanganyar, (2) menganalisis penerapan kultur sekolah oleh siswa pada SMK di Karanganyar, (3) menganalisis peran kultur sekolah dalam mewujudkan kemandirian belajar siswa pada SMK di Karanganyar. Penelitian ini menerapkan pendekatan studi kasus dengan teknik observasi dan wawancara mendalam pada 12 siswa akuntansi kelas X dan XII. Triangulasi sumber dan metode sebagai uji validitas dan analisis data interaktif. Hasil menunjukkan kultur sekolah mencakup aspek verbal dan materiil. Aspek verbal seperti narasi, struktur organisasi, ritual dan upacara sudah baik, namun pemahaman visi-misi, implementasi kurikulum, komunikasi siswa-guru, dan layanan psikososial perlu ditingkatkan. Aspek materiil menunjukkan aturan seragam optimal, tetapi fasilitas pembelajaran dan penggunaan artefak perlu ditingkatkan. Kedua aspek kultur ini baik kultur sekolah verbal maupun kultur materiil mempengaruhi kemandirian belajar siswa dan memerlukan perbaikan untuk mendukung secara maksimal.

References

Allolinggi dkk. (2019). Desain Model Pembelajaran Pendidikan Karakter pada Siswa SDN 189 Malimbong Tana Toraja. Prosiding Seminar Nasional Sinergitas Multidisiplin Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, 368-372.

Aras, A. (2021). Revitalisasi Kultur Sekolah dalam Pembangunan Karakter Peserta Didik. AL MA’ARIEF : Jurnal Pendidikan Sosial dan Budaya, 3(1), 26–34. DOI: https://doi.org/10.35905/almaarief.v3i1.1996

Byers, T., Mahat, M., Liu, K., Knock, A., & Imms, W. (2021). Tinjauan sistematis tentang pengaruh lingkungan belajar terhadap hasil belajar siswa. Educational Research Review, 33, 100382.

Durlak, JA, Domitrovich, CE, Weissberg, RP, & Gullotta, TP (Eds.). (2023). Handbook of social and emotional learning: Research and practice (edisi ke-2). Guilford Publications.

Honicke, T., & Broadbent, J. (2020). Pengaruh efikasi diri akademis terhadap prestasi akademis: Tinjauan sistematis. Tinjauan Penelitian Pendidikan, 17, 63-84.

Leithwood, K., & Sun, J. (2023). Sifat dan dampak kepemimpinan transformasional sekolah: Tinjauan meta-analitik dari penelitian yang tidak dipublikasikan. Educational Administration Quarterly, 59(1), 5-44.

Lickona, T. (2015). Educating for Character: How Our Schools Can Teach Respect and Responsibility, diterjemahkan oleh Juma Abdu Wamaungo dengan judul, Education for Character; Mendidik untuk Membentuk Karakter Bagaimana Sekolah dapat Mengajarkan Sikap Hormat dan Tanggung Jawab. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Meadmore, D., & Symes, C. (2019). Menjaga penampilan: Kebijakan seragam untuk keberagaman sekolah? British Journal of Educational Studies, 67(3), 307-324.

Nastiti, E. D., & Suprapto, Y. (2022). Analisis Peran Budaya Sekolah untuk Menumbuhkan Karakter siswa kelas II SD Negeri. Journal Peradaban, 12(2). https://doi.org/10.58436/jdpgsd.v12i2.1227

Ngalu, R. (2019). Pendidikan Karakter Melalui Pengembangan Kultur Sekolah. Jurnal Lonto Leok Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 84–94. https://unikastpaulus.ac.id/jurnal/index.php/jllpaud/article/view/34

Nugroho, A. (2019). Hubungan antara keterlibatan siswa dan motivasi belajar dalam proses pembelajaran. Jurnal Pendidikan Indonesia, 5(2), 78-92.

Nugroho, A., Widodo, S., & Sari, R. (2020). Dampak partisipasi siswa dalam kegiatan seremonial sekolah terhadap pengembangan tanggung jawab dan manajemen waktu. Jurnal Psikologi Pendidikan, 8(3), 210-225.

Parnell, R., & Procter, L. (2022). Objek, artefak, dan penciptaan makna dalam pendidikan arsitektur. Jurnal Arsitektur, 27(3), 403-421.

Pratama, R., Widodo, S., & Sari, D. (2020). Dampak metode pembelajaran berbasis ceramah terhadap inisiatif dan keaktifan siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan, 12(3), 145-160.

Pratiwi, SD, & Laksmiwati, H. (2021). Pengaruh partisipasi aktif dalam komunikasi kelas terhadap tanggung jawab belajar siswa. Jurnal Psikologi Pendidikan, 9(3), 112-125.

Pratiwi, L. (2022). Korelasi antara partisipasi dalam kegiatan ekstrakurikuler dengan prestasi akademik dan kemandirian belajar. Jurnal Pendidikan Indonesia, 10(1), 45-60.

Putritama, A. D., Wadi, H., & Suud, S. (2022). Penguatan Karakter Siswa Melalui Penerapan Kultur Sekolah di SMAN 7 Mataram. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3b), 1418–1428. DOI: https://doi.org/10.29303/jipp.v7i3b.753

Rahmawati, F. (2019). Efektivitas desain ritual sekolah dalam mengembangkan keterampilan manajemen dan tanggung jawab siswa. Jurnal Psikologi Pendidikan, 7(4), 320-335.

Rahmawati, S. (2020). Pengaruh penggunaan narasi tokoh inspiratif dalam pembelajaran terhadap inisiatif belajar siswa. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 13(2), 156-170

Rahmawati, S. (2022). Analisis kesesuaian metode dengan gaya belajar individu: Dampaknya terhadap kepercayaan diri akademik dan motivasi belajar. Jurnal Inovasi Pembelajaran, 14(4), 201-215

Rahmawati, F., & Suryadi, B. (2023). Pengaruh Implementasi Kurikulum Merdeka terhadap Kepercayaan Diri Siswa dalam Pembelajaran. Jurnal Psikologi Pendidikan, 7(1), 45-60.

Saputra, A., Widodo, R., & Nugroho, B. (2023). Dampak keterlibatan dalam upacara sekolah terhadap rasa identitas dan partisipasi siswa. Jurnal Psikologi Sekolah, 5(1), 67-82

Saputri, E. R. I. (2019). Manajemen kultur sekolah dalam upaya peningkatan mutu pendidikan di SMA Negeri 2 Brebes. FOUNDASIA, 10(1). DOI: https://doi.org/10.21831/foundasia.v10i1.27313

Stefani, Nardi, M., & Leonangung, A. (2020). Analisis Pengembangan Nilai Kemandirian Siswa Dalam Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar. Jurnal Literasi Pendidikan Dasar, 1(1), 246.

Susanto, B. (2021). Pengaruh paparan cerita sukses tokoh terhadap kepercayaan diri siswa dalam menghadapi tantangan akademis. Jurnal Psikologi Pendidikan, 16(3), 278-290.

Susanto, B., Prasetyo, Y., & Nurhayati, E. (2023). Kemampuan pemecahan masalah mandiri siswa dalam menangani tugas kompleks: Studi kasus di SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 11(2), 112-128.

Theofil, Ratri Herda Ferdiani. (2019). Pengaruh Efikasi Diri, Konsep diri dan Lingkungan Sosial terhadap Kemandirian Belajar Siswa kelas XI di SMA Santo Bernardus Pekalongan. http://repository.usd.ac.id/id/eprint/36169

Widodo, J. (2021). Lokasi proyek kreatif dan pengembangan kemampuan inovasi siswa SMK. Jurnal Manajemen Pendidikan, 8(3), 167-182.

Widodo, J. (2021). Pengembangan keterampilan kepemimpinan dan tim kerja melalui keterlibatan siswa dalam ritual sekolah. Jurnal Manajemen Pendidikan, 9(2), 145-160.

Downloads

Published

2024-08-29

How to Cite

Anggraeni, M., & Susanti, A. D. (2024). Eksplorasi Kultur Sekolah dalam Membangun Kemandirian Belajar Siswa Akuntansi pada salah satu SMK di Karanganyar. Jurnal Akuntansi, Manajemen, Dan Perencanaan Kebijakan, 2(1), 17. https://doi.org/10.47134/jampk.v2i1.452

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.