Pengaruh pekerjaan ibu di sektor formal terhadap tingkat capaian pendidikan anak

Authors

  • Jimmy Frans Evianto Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
  • Luqman Shiddiq Annafiu Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
  • Arya Sentana Dinata Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
  • Ibnu Hajar Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.47134/aaem.v1i1.4

Keywords:

Pekerjaan Ibu, Sektor Formal, Pendidikan Anak

Abstract

Pendidikan yang tinggi dari seorang Ibu berpeluang besar untuk mendapatkan pekerjaan dengan bekerja di sektor formal yang membatasi waktu, namun dengan keterbatasan waktu seorang ibu akankah anak tetap mendapatkan prestasi disekolah. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh pekerjaan ibu di sektor formal terhadap capaian pendidikan anak. Apakah pekerjaan Ibu disektor formal akan meningkatkan capaian Pendidikan seorang atau justru malah sebaliknya. Data sekunder dari Indonesia Family Life Survey (IFLS) 5 tahun 2014 digunakan dalam penelitian ini dengan menggunakan metode OLS, diperoleh hasil bahwa pekerjaan ibu disektor formal berpengaruh negatif dan signifikan terhadap capaian Pendidikan anak.

References

Anafarta, E. (2011). The impact of mothers' employment on children's education: A study of Turkey. International Journal of Educational Research, 50(1), 1-10.

Arifin, M. M. (2017). Analisis faktor pendorong perempuan bekerja di sektor formal di kota Malang. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, 16(2), 106-116.

Azwar, S. (2010). Reliabilitas dan validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Badan Pusat Statistik. (2019). Statistik perempuan Indonesia 2019. Jakarta: Badan Pusat Statistik.

Dalyono, M. (2009). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Darmadi, H. (2006). Pengaruh tingkat pendidikan, pendapatan orang tua dan jenis pekerjaan orang tua terhadap prestasi belajar siswa. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 39(1), 1-12.

Gintings, A. (2010). Belajar dan pembelajaran. Jakarta: PT Grasindo.

Gujarati, D. N. (2004). Basic econometrics (4th ed.).

Hadiyanto, S. (2014). Pendidikan sebagai proses pembelajaran. Yogyakarta: Penerbit Ombak.

Hagglund, T., & Samuelson, L. (2009). The economics of education. New York, NY: Routledge.

Hamidun, A., Fitri, F., & Astuti, P. (2019). Keterlibatan orang tua dalam pendidikan anak usia dini. Jurnal Pendidikan dan Pengasuhan Anak Usia Dini, 2(1), 72-84.

Jayota Poduval, S., & Poduval, J. (2009). The impact of parental education on children's education: A study of India. International Journal of Educational Development, 29(2), 230-239.

Josephine, E. (2019). Faktor-faktor yang mempengaruhi perempuan bekerja di sektor informal di kota Malang. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 19(2), 125-134.

Kwatubana, P., & Makhalemele, S. M. (2015). The role of parents in the education of their children in the primary school. International Journal of Education and Research, 3(5), 1-8.

Llamas, M. C., & Tuazon, M. C. (2016). The effects of parental involvement on students' academic performance. International Journal of Education and Research, 4(11), 1-8.

Maesaroh, S. (2009). Pengaruh status sosial ekonomi orang tua terhadap prestasi belajar siswa. Jurnal Pendidikan, 12(1), 1-12.

Marin, E., & Bocoş, M. (2017). The role of the family in the education of children. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 238, 126-131.

McNeal, R. B. (2014). Parent involvement in early childhood education: The state of the evidence. Early Childhood Research Quarterly, 29(2), 289-302.

Novianto, R. (2019). Pengaruh pendidikan terhadap peningkatan kualitas sumber daya manusia. Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi, 3(1), 1-10.

OECD. (2021). Education at a glance 2021: OECD indicators. Paris: OECD Publishing.

Poerwanto, M. N. (2007). Pengukuran prestasi belajar. Jakarta: PT Asdi Mahasatya.

Purmini, E., Sunaryo, W., & Sunarno, M. (2016). Efek partisipasi ibu dalam pasar tenaga kerja terhadap prestasi belajar anak. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 18(1), 54-65.

Purwati, A. (2010). Pengaruh status sosial ekonomi orang tua terhadap prestasi belajar ekonomi siswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 1(1), 1-12.

Rahmawati, L., Wibowo, W., & Kusumaningrum, P. (2017). Peran keluarga dalam pendidikan anak usia dini. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 24(2), 111-122.

Sapungan, M., & Sapungan, M. (2014). Peran orang tua dalam pendidikan anak usia dini. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(2), 143-151.

Singh, R. (2018). Impact of women's labor force participation on children's education. Journal of Human Resources, 53(2), 339-370.

Strauss, B., Hill, T. P., & Sandström, S. L. (2016). The impact of parental employment on children's education: A review of the literature. Review of Educational Research, 86(2), 252-295.

Trisnawati, R. (2016). Faktor-faktor yang mempengaruhi perempuan bekerja di sektor formal di kota Malang. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 18(1), 54-65.

Tu’us, M. (2004). Pengukuran prestasi belajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Verma, M., & Negi, P. (2020). Impact of women's employment on children's education: A study of India. Journal of International Women's Studies, 21(2), 20-33.

Wade, J. J. (1962). The effects of mothers' employment on the academic achievement of high school girls. Journal of Educational Research, 55(7), 365-368.

Yulistanti, P. (2000). Pengaruh Pendidikan Orang Tua dan Keadaan Ekonomi Keluarga terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan, 13(1), 1-11.

Downloads

Published

2023-09-23

How to Cite

Evianto, J. F., Annafiu, L. S., Dinata, A. S., & Hajar, I. (2023). Pengaruh pekerjaan ibu di sektor formal terhadap tingkat capaian pendidikan anak. Journal of Advances in Accounting, Economics, and Management, 1(1), 1–7. https://doi.org/10.47134/aaem.v1i1.4

Issue

Section

Articles

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.