Hubungan antara Profitabilitas dan Ukuran Perusahaan dalam Mengoptimalisasikan Nilai Perusahaan (Penelitian pada Perusahaan Sub Sektor Food and Beverage di BEI, 2018-2022)

Authors

  • Afara Ross Prawidya Fakultas Ekonomi dan Bisnis
  • Irwanto Prasetyo Fakultas Ekonomi dan Bisnis

DOI:

https://doi.org/10.47134/aaem.v1i2.41

Keywords:

Analisis Rasio Keuangan, Profitabilitas (ROA), Ukuran Perusahaan (SIZE), Nilai Perusahaan (PBV)

Abstract

Dengan menggunakan analisis rasio keuangan harga saham lima perusahaan food and beverage yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2018–2022, penelitian ini bertujuan untuk menunjukkan bagaimana variabel independen profitabilitas dan ukuran perusahaan berdampak atau berhubungan pada variabel dependen nilai perusahaan. Data sekunder dengan tipe data panel yang diolah dalam penelitian ini diperoleh dari Bursa Efek (BEI) dan website perusahaan terkait. Metode pengambilan sampel purposive digunakan dalam penelitian ini. Metode analisis datanya menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil analisis menunjukkan bahwa variabel profitabilitas dan ukuran perusahaan tidak memiliki pengaruh secara simultan maupun parsial terhadap nilai perusahaan subsektor food and beverage.

 

By using financial ratio analysis of the stock prices of five food and beverage companies listed on the Indonesia Stock Exchange in 2018-2022, this study aims to show how the independent variables of profitability and company size impact or relate to the dependent variable of firm value. Secondary data with panel data type processed in this study were obtained from the Stock Exchange (BEI) and related company websites. The purposive sampling method was used in this study. The data analysis method uses multiple linear regression analysis. The results of the analysis show that the variables of profitability and company size have no simultaneous or partial influence on the value of the food and beverage subsector companies.

References

Anjarwati, K. C. (2016). Pengaruh Profitabilitas, Size, Dan Likuiditas Terhadap Nilai Perusahaan Manufaktur Di Indonesia Dengan Struktur Modal Sebagai Variabel Intervening. Diponegoro Journal of Finance, 6(2), 1–20.

Astuti, N. B. (2019). Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas, Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Melalui Kebijakan Dividen. E-Jurnal Manajemen, 8(5), 3275–3302.

Azmi, N. I. (2018). Pengaruh Profitabilitas, Ukuran Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan dengan Struktur Modal sebagai Variabel Intervening pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di BEI. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis Terapan (JEMBATAN) Tahun XV No. 2.

Bringham, E. F., & Weston, J. F. (2015). Dasar-Dasar Manajemen Keuangan. Salemba Empat.

Budi, F. (2017). Pengaruh Profitabilitas, Kebijakan Hutang, Kepemilikan Manajerial, dan Ukuran Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan. Universitas Muhammadiyah.

Cecilia., R. S. (2015). Analisis Pengaruh Corporate Sosial Resposibility, Profitabilitas dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Perkebunan yang Go Publik di Indonesia, Malaysia, dan Singapura.

Dewanto, A. K. (2017). Pengaruh Rasio Leverage dan Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan Industri Makanan dan Minuman yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako, 3(1), 039–054.

Gujarati, D. d. (2012). Dasar-Dasar Ekonometrika (Buku2). (Terj.) Raden Carlos Mangunson. Salemba Empat.

Gustmainar, J. d. (2018). Analisis Pengaruh Current Ratio, Debt to Equity Ratio, Gross Profit Margin, Return On Investment, dan Earning Per Share Terhadap Harga Saham Pada Perusahaan LQ-45 yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2010-2016. Bilancia, 2(4), 465–476.

Hanafi, M. (2003). Analisis Laporan Keuangan. AMPYKPN.

Hermuningsih, S. (2012). Pengaruh Profitabilitas , Growth Opportunity , Sruktur Modal Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Publik di Indonesia. Jurnal Siasat Bisnis, 16(2).

Hermuningsih, S. (2013). Pengaruh Profitabilitas, Size terhadap Nilai Perusahaan dengan Struktur Modal sebagai Variabel Intervening. Jurnal Siasat Bisnis, 16(2), 232–242.

Hidayat, W. W. (2019). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Return On Equity Dan Leverage Terhadap Nilai perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur Di Indonesia. FORUM EKONOMI, 21(1), 67–75.

Kurniasih, T. (2012). Pengaruh Return on Assets, Leverage, Corporate Governance, Ukuran Perusahaan dan Kompensasi Rugi Fiskal pada Tax Avoidance. Buletin Studi Ekonomi, 1(18).

Kusna, I. S. (2018). Analisis Pengaruh Kinerja Keuangan, Growth Opportunity dan Ukuran Perusahaan terhadap Struktur Modal dan Nilai Perusahaan. Universitas Merdeka.

Lukiman, N. K. (2018). Analisis Pengaruh Struktur Modal dan Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan Consumer Goods yang Terdaftar di BEI Periode 2014-2017. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Malina, S. E. (2011). Analisis Pengaruh Struktur Modal terhadap Nilai Perusahaan Melalui Profitabilitas Sebagai Variabel Intervening pada Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Akuntansi, 1410–3591.

Murtini, N. P. (2021). Pengaruh Kinerja Keuangan, Ukuran Perusahaan, Dan Kebijakan Dividen Terhadap Nilai Perusahaan Manufaktur. KARMA (Karya Riset Mahasiswa Akuntansi).

Pramana, I. G. (2017). Pengaruh Profitabilitas dan Size Terhadap Nilai Perusahaan Dengan CSR Sebagai Variabel Pemoderasi. EJurnal Manajemen Unud, 5(1), 561–594.

Prasetyorini, B. F. (2013). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Leverage, Price Earning Ratio Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Ilmu Manajemen, 1(1).

Rakasiwi, W. F. (2016). Pengaruh EPS, Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Leverage, Sales Groth dan Kebijakan Dividen terhadap Nilai Perusahaan pada Industri Makanan dan Minuman yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2010-2015. Jurnal Dan Riset Akuntansi, 3(3).

Risman, A. (2021). Kurs Mata Uang dan Nilai Perusahaan. Pena Persada.

Rizqia, D. A., Aisjah, S., & S. (2013). Effect of Managerial Ownership, Financial Leverage, Profitability, Firm Size, and Investment Opportunity on Dividend Policy and Firm Value. Research Journal of Finance and Accounting, 4(11), 120–130.

Rudangga, I Gusti Ngurah Gede dan Sudiarta, G. M. (2016). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Leverage, Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 5(7).

Sari, A. P. (2016). Pengaruh Profitabilitas, Ukuran Perusahaan dan Leverage terhadap Nilai Perusahaan Transportasi. Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi, 5(9)(2460–0585).

Sucuahi, W. A. (2017). Influence of Profitability to the Firm Value of Diversified Companies in the Philippines. Accounting and Finance Research, 5(2).

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Bisnis: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Bisnis: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.

Titin, H. (2012). Pengaruh Kebijakan Deviden, Kebijakan Hutang, dan Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Universitas Negeri Padang.

Torang, S. (2012). Metode Riset Struktur dan Perilaku Organisasi. Alfabeta.

Triagustina, L. D. (2015). Pengaruh Return on Asset (ROA) dan Return on Equity (ROE) terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Makanan dan Minuman yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2010-2012. Bandung: Universitas Islam Bandung.

Yanti, I. G. A. D. N., & Darmayanti, N. P. A. (2019). Pengaruh profitabilitas, ukuran perusahaan, struktur modal, dan likuiditas terhadap nilai perusahaan makanan dan minuman. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 8(4), 2297–2324.

Downloads

Published

2023-12-09

How to Cite

Prawidya, A. R., & Prasetyo, I. (2023). Hubungan antara Profitabilitas dan Ukuran Perusahaan dalam Mengoptimalisasikan Nilai Perusahaan (Penelitian pada Perusahaan Sub Sektor Food and Beverage di BEI, 2018-2022). Journal of Advances in Accounting, Economics, and Management, 1(2), 1–14. https://doi.org/10.47134/aaem.v1i2.41

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.