Properti Syariah Perspektif Konsep Pemasaran dan Etika Bisnis Islam

Authors

  • Fadly Yashari Soumena Institut Parahikma Indonesia
  • Endang Sulastri Institut Parahikma Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.47134/wiep.v1i2.132

Keywords:

Lead Generation, Etika Bisnis Islam, Kinerja Karyawan, Properti Syariah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Pengaruh Lead Generation dan Etika Bisnis Islam terhadap Kinerja Karyawan di Properti Syariah Haluoleo Land Kota Makassar. Waktu penelitian dilakukan pada bulan Juni 2023 sampai dengan bulan Juli 2023. Jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan survei. Sumber data yang digunakan adalah data primer, populasi yang digunakan sebanyak 60 karyawan properti syariah haluoleo land kota Makassar. Sampel yang digunakan sebanyak 60 sampel dengan menggunakan teknik sampel jenuh. Metode analisis data menggunakan analisis regresi linear ber-ganda dan teknik analisis data menggunakan aplikasi SPSS versi 26. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) secara parsial lead generation berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan di properti sya-riah haluoleo land kota Makassar, (2) secara parsial etika bisnis Islam ber-pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan di properti syariah haluoleo land kota Makassar, (3) secara simultan lead generation dan etika bisnis Islam berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan di properti syariah haluoleo land kota Makassar. Berdasarkan hasil penelitian di atas, im-plikasi pada penelitian ini menunjukkan variabel lead generation dan etika bisnis Islam berpengaruh terhadap kinerja karyawan karena memberikan dampak yang baik terhadap peningkatan kinerja dari setiap karyawan di properti syariah haluoleo land kota Makassar.

 

This research aims to analyze the influence of lead generation and Islamic business ethics on employee performance at Haluoleo Land Syariah Properties, Makassar City. The time of the research was carried out from June 2023 to July 2023. This type of quantitative research used a survey approach. The data source used is primary data, the population used was 60 employees of Haluoleo Land sharia property Makassar city. The samples used were 60 samples using saturated sampling techniques. The data analysis method uses multiple linear regression analysis and the data analysis technique uses the SPSS version 26 application. The results of this research show that (1) partially lead generation has a positive and significant influence on employee performance at the Haluoleo Land sharia property in Makassar City, (2) partially Islamic business ethics has a positive and significant influence on employee performance at the Haluoleo Land sharia property in Makassar City. Makassar, (3) simultaneously lead generation and Islamic business ethics have a positive and significant effect on employee performance at the Haluoleo Land sharia property, Makassar city. Based on the research results above, the implications of this research show that the lead generation variables and Islamic business ethics influence employee performance because they have a good impact on increasing the performance of each employee at the Haluoleo Land sharia property, Makassar city

References

Ali, M. A. , & Lubis, R. (2017). Etika Pemasaran Properti Syariah: Tinjauan Konsep dan Praktik Bisnis Islam. 5(1), 78–92.

Apriliani, N. K. , & Sriathi, A. A. A. (2019). Pengaruh pemberdayaan, kerja sama tim, dan pelatihan terhadap produktivitas kerja karyawan di Spa Santrian Bali. E-Jurnal Manajemen, 5(1), 68–72.

Arbai, L. M. (2021). Pengaruh Etika Bisnis, Motivasi, Dan Pengalaman Kerja Terhadap Produktivitas Kinerja Karyawan di Pabrik Gula Semoga Jaya Desa Tanjungsari Kecamatan Boyolangu Kabupaten Tulungagung.

Aryani, Y. , & Gustian, D. (2020). Sistem Informasi Penjualan Barang Dengan Metode Regresi Linear Berganda Dalam Prediksi Pendapatan Perusahaan. Jurnal Riset Sistem Informasi Dan Teknologi Informasi, 2(2), 39–51.

Ashry, L. Al, & Fitra, H. (2019). Pengaruh Pertumbuhan Penjualan dan Profitabilitas Terhadap Struktur Modal pada Perusahaan Real Estate and Property di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Kajian Manajemen Dan Wirausaha, 1(1), 8–18.

Atila, C. W., & Syarvina, W. (2022). Analysis of Property Marketing Strategy by Utilizing Digital Marketing (Case Study of PT Rizki Mandiri). Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi Dan Keuangan, 2(2), 803–808.

Ayunasrah, T. , Ratnawati, R. , Diana, R. , & Ansari, A. (2022). Pengaruh lingkungan kerja terhadap kinerja pegawai dengan kepuasan kerja se-bagai variabel mediasi pada dinas lingkungan hidup Kabupaten Bener Meriah. Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen, 4(1), 1–10.

Fasa, M. I., Arifah, S., Suryanto, T., & Ja’far, K. (2020). PENGARUH ETIKA BISNIS ISLAM DAN KOMPENSASI TERHADAP PENINGKATAN KINERJA KARYAWAN PERUSAHAAN PROPERTI DI PROVINSI LAMPUNG. Gorontalo Management Research, 3(1), 191–203.

Fauzi, N. (2020). Jual Beli Rumah Di Properti Syariah Dan Konvensional Perspektif Hukum Ekonomi Syariah. Institut Agama Iislam Negeri Purwokerto.

Firmansyah, R. , & Utami, S. (2022). Strategi Pemasaran Properti Syariah: Studi Kasus pada Perusahaan Pengembang Properti Islam. Jurnal Manajemen Pemasaran Syariah, 14(2), 175–190.

Harahap, D., Simanjorang, E. F. S., & Rafika, M. (2022). PENGARUH INSENTIF DAN PEMASARAN DIGITAL TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA KARYAWAN PADA ERA PANDEMI COVID-19 DI PERUSAHAAN MASTER CASH AND KREDIT. JOEL: Journal of Educational and Language Research, 1(11), 1539–1550.

Harahap, S. F. , & Tirtayasa, S. (2020). Pengaruh motivasi, disiplin, dan kepuasan kerja terhadap kinerja karyawan di PT. Angkasa Pura II (Persero) kantor cabang Kualanamu. Manneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 3(1), 120–135.

Hasan, A. (2018). Properti Syariah: Konsep Pemasaran dan Etika Bisnis Islam." Jurnal Bisnis Islam,. Jurnal Bisnis Islam, 12(2), 145–160.

Idrus, Z. N., Idris, A. A., & Kurniawan, A. W. (2023). PENGARUH MOTIVASI KERJA DAN PENGALAMAN KERJA TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA KARYAWAN PADA PT. MITRA BISNIS TERPERCAYA. DECISION: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 4(1), 172–181.

Kartika, M. G. (2020). Pengaruh Internal Marketing, Komitmen Organisasional, Orientasi Perusahaan Terhadap Kinerja Karyawan Di Bank Cimb Niaga Surabaya. Jurnal Mitra Manajemen, 4(12), 1635–1650.

Katrin, K. , & Vanel, Z. (2020). Strategi Pemasaran Komunikasi Digital Marketing Platform (Cashback) Untuk Meningkatkan Daya Beli Konsumen. Jurnal Ilmu Komunikasi, 5(2), 1–15.

Maldini, M. S., & Prawata, A. G. (2020). Apartments with Organic Architecture Approach in Cilandak South Jakarta. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 426(1), 012111. https://doi.org/10.1088/1755-1315/426/1/012111

Mohammad, R. , & Rahim, E. (2021). Strategi Bauran Pemasaran (marketing mix) dalam perspektif syariah. MUTAWAZIN (Jurnal Ekonomi Syariah), 5(1), 15–26.

Paujiah, R. , K. A. M. , & Gustiawan, S. (2020). Pengaruh Bauran Pemasaran Syariah dan Label Halal Terhadap Keputusan Pem-belian. Al Maal: Journal of Islamic Economics and Banking., 2(1), 140–147.

Rahmawati, S. , & Hidayat, A. (2019). Tinjauan Etika Bisnis Islam dalam Industri Properti Syariah. Jurnal Ekonomi Islam, 16(1), 45–60.

Rianto, M. R. (2021). Pengaruh Perubahan Strategi Pemasran, Kepemimpinan Transfomasional dan Organisasi Pembelajar terhadap Kinerja Perbankan Syariah di DKI Jakarta. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 2(1).

Setiawan, B., & Sari, D. A. (2020). Pemasaran Properti Syariah: Analisis Konsep dan Implementasinya. Jurnal Manajemen Bisnis Syariah, 8(3), 210–225.

Sihaloho, R. D. , & Siregar, H. (2020). Pengaruh lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan Pada PT. Super setia sagita medan. Jurnal Ilmiah Socio Secretum, 9(2), 273–281.

Simamora, N., Margaretha, D., Xanichal, H., & Hidayat, N. (2024). Influence Of Umr And Investment On Labor Absorption In North Sumatra Province 2011-2020. JURNAL PEMBANGUNAN EKONOMI DAN KEUANGAN DAERAH, 25(1), 113–124.

Syafiq, A. (2019). Penerapan Etika Bisnis Terhadap Kepuasan Konsumen dalam Pandangan Islam. El-Faqih: Jurnal Pemikiran Dan Hukum Islam, 5(1), 96–113.

Downloads

Published

2024-02-06

How to Cite

Soumena, F. Y., & Sulastri, E. (2024). Properti Syariah Perspektif Konsep Pemasaran dan Etika Bisnis Islam. Journal of Waqf and Islamic Economic Philanthropy, 1(2), 1–19. https://doi.org/10.47134/wiep.v1i2.132

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)