Pengaruh Mudharabah Mutlaqah dan Wadiah Yad Dhamanah Terhadap Tingkat Pendapatan Nasabah Studi Kasus BSI Unismuh Makassar

Authors

  • Baso Akib Institut Parahikma Indonesia
  • Amalia Khaerunisa Institut Parahikma Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.47134/wiep.v1i2.131

Keywords:

Mudharabah Mutlaqah, Wadiah Yad Dhamanah, Tingkat Pendapatan Nasabah

Abstract

Bank Syariah Indonesia KCP Unismuh Makassar merupakan salah satu Bank Syariah yang ada di Makassar, Sulawesi Selatan yang menerapkan sistem bagi hasil kepada nasabahnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah Mudharabah Mutlaqah dan Wadiah Yad Dhamanah dapat mempengaruhi tingkat pendapatan nasabah pada BSI KCP Unismuh Makassar. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Sumber data yang digunakan adalah data primer. Sampel yang digunakan berjumlah 80 sampel dengan bantuan jawaban dari kuesioner yang dibagikan kepada nasabah. kemudian diolah menggunakan aplikasi IBM SPSS Statistic Version 20. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dari uji parsial (t) bahwa Mudharabah Mutlaqah berpengaruh positif dan signifikan terhadap tingkat pendapatan nasabah pada Bank Syariah Indonesia KCP Unismuh Makassar dan Wadiah Yad Dhamanah berpengaruh positif dan signifikan terhadap tingkat pendapatan nasabah pada Bank Syariah Indonesia KCP Unismuh Makassar. Secara uji simultan (F) diperoleh kes-impulan bahwa Mudharabah Mutlaqah dan Wadiah Yad Dhamanah secara bersama-sama dapat berpengaruh positif dan signifikan terhadap tingkat pendapatan nasabah pada BSI KCP Unismuh Makassar.

 

PT Bank Syariah Indonesia KCP Unismuh Makassar is one of the Islamic Banks in Makassar, South Sulawesi that applies a profit-sharing system to its customers. The purpose of this study was to determine whether Mudharabah Mutlaqah and Wadiah Yad Dhamanah can affect the level of customer income at BSI KCP Unismuh Makassar. The method used is quantitative method with quantitative descriptive approach. The data source used is primary data. The sample used amounted to 80 samples with the help of answers from questionnaires distributed to customers. then processed using the IBM SPSS Statistic Version 20 application. Based on the research results obtained from the partial test (t) that Mudharabah Mutlaqah has a positive and significant effect on customer income levels at Bank Syariah Indonesia KCP Unismuh Makassar and Wadiah Yad Dhamanah has a positive and significant effect on customer income levels at Bank Syariah Indonesia KCP Unismuh Makassar. Simultaneously test (F) obtained the conclusion that Mudharabah Mutlaqah and Wadiah Yad Dhamanah together can have a positive and significant effect on the level of customer income at BSI KCP Unismuh Makassar.

References

Ali, M. A. , & Lubis, R. (2017). Etika Pemasaran Properti Syariah: Tinjauan Konsep dan Praktik Bisnis Islam. 5(1), 78–92.

Archel, P., Husillos, J., Larrinaga, C., & Spence, C. (2009). Social disclosure, legitimacy theory and the role of the state. Accounting, Auditing & Accountability Journal, 22(8), 1284–1307. https://doi.org/10.1108/09513570910999319

Ayunasrah, T. , Ratnawati, R. , Diana, R. , & Ansari, A. (2022). Pengaruh lingkungan kerja terhadap kinerja pegawai dengan kepuasan kerja se-bagai variabel mediasi pada dinas lingkungan hidup Kabupaten Bener Meriah. Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen, 4(1), 1–10.

Batubara, D. A. P. (2019). Mekanisme penggunaan akad wadi’ah yad dhamanah dalam produk tabungan iB Hijrah pada PT. BANK MUAMALAT Kantor cabang Utama Padangsidempuan. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

Chelli, M., Durocher, S., & Richard, J. (2014). France’s new economic regulations: insights from institutional legitimacy theory. Accounting, Auditing & Accountability Journal, 27(2), 283–316. https://doi.org/10.1108/AAAJ-07-2013-1415

Deegan, C. (2014). An overview of legitimacy theory as applied within the social and environmental accounting literature. In Sustainability accounting and accountability (pp. 248--27). 2014.

Fasya, S. (2022). PENGARUH TABUNGAN WADIAH DAN DEPOSITO MUDHARABAH TERHADAP PROFITABILITAS DENGAN PEMBIAYAAN BAGI HASIL SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Kasus Pada Bank Umum Syariah di Indonesia Periode 2013-2020). Universitas Siliwangi.

Fikri, K. (2019). Analisis Penerapan Akad Mudharabah Muthlaqah Pada Produk Deposito Mudharabah:(Studi Pada Bank Muamalat Cabang Pembantu Genteng). Jurnal Kreativitas Mahasiswa, 1.

Firmansyah, R. , & Utami, S. (2022). Strategi Pemasaran Properti Syariah: Studi Kasus pada Perusahaan Pengembang Properti Islam. Jurnal Manajemen Pemasaran Syariah, 14(2), 175–190.

Harahap, S. F. , & Tirtayasa, S. (2020). Pengaruh motivasi, disiplin, dan kepuasan kerja terhadap kinerja karyawan di PT. Angkasa Pura II (Persero) kantor cabang Kualanamu. Manneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 3(1), 120–135.

Harlina, H. (2019). Penerapan strategi pemasaran relationship produk tabungan mudharabah di PT. BPRS Dinar Ashri kantor cabang Aikmel Lombok Timur dalam menarik minat nasabah di Pasar Aikmel. UIN Mataram.

Hirmawan, M. R. A. (2015). Faktor-faktor yang mempengaruhi minat nasabah bertransaksi di bank Syariah (Studi Kasus di Bank Jateng Syariah Cabang Surakarta). Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Kafry, W. (2018). Pengaruh Pembiayaan Mudharabah Terhadap Pendapatan Nasabah PT. BPRS AL-WASHLIYAH Kantor Pusat Medan. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

Millah, H. (2021). Implementasi Nisbah Bagi Hasil Produk Tabungan Mabrur melalui Akad Mudharabah Mutlaqah dalam Perspektif Ekonomi Islam. Iqtishodiyah: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 7(1), 91–103.

Mirawati. (2020). Persepsi dan perilaku masyarakat terhadap pembiayaan murabahah. LSIP (Lembaga Studi Islam Progresif).

Mousa, et. al. , Gehan. A. (2015). Legitimacy Theory and Environmental Practices: Short Notes. International Journal of Business and Statistical Analysis, 2(1), 41–53. https://doi.org/10.12785/ijbsa/020104

Pramana, A., & Affandi, I. (2021). Pengaruh Tabungan Wadiah dan Deposito Mudharabah Terhadap Pembiayaan Murabahah PT Bank Sumut Syariah. Jurnal Bilal: Bisnis Ekonomi Halal, 2(1), 24–34.

Rahmayanti, A. (2018). Relevansi Promosi terhadap Minat Nasabah Dalam Melakukan Transaksi Di Bank Syariah Mandiri KC Kepanjen. Iqtishodia: Jurnal Ekonomi Syariah, 3(1), 72–86.

Rahmayanti, S. (2021). PENGARUH LATAR BELAKANG PENDIDIKAN, MOTIVASI INTRINSIK DAN KOMPENSASI TERHADAP ETOS KERJA KARYAWAN PT. BANK MUAMALAT INDONESIA, Tbk KCU KEDIRI. IAIN Tulungagung.

Rianto, M. R. (2021). Pengaruh Perubahan Strategi Pemasran, Kepemimpinan Transfomasional dan Organisasi Pembelajar terhadap Kinerja Perbankan Syariah di DKI Jakarta. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 2(1).

Schreuder, H. T., Gregoire, T. G., & Weyer, J. P. (2001). For what applications can probability and non-probability sampling be used? Environmental Monitoring and Assessment, 66, 281–291.

Simatupang, H. B. (2019). Peranan perbankan dalam meningkatkan perekonomian indonesia. JRAM (Jurnal Riset Akuntansi Multiparadigma), 6(2), 136–146.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). . Alfa Beta.

Susilawati, S. (2023). Pengaruh Giro Wadiah Pembiayaan Mudharabah Terhadap Laba pada PT. Bank Muamalat (periode 2013-2017). STIE Ekuitas.

Widyastuti, E., & Nena Arinta, Y. (2020). Perbankan Syariah dan Pertumbuhan Ekonomi Indonesia: Bagaimana Kontribusinya? AL-MUZARA’AH, 8(2), 129–140. https://doi.org/10.29244/jam.8.2.129-140

Downloads

Published

2024-02-06

How to Cite

Akib, B., & Khaerunisa, A. (2024). Pengaruh Mudharabah Mutlaqah dan Wadiah Yad Dhamanah Terhadap Tingkat Pendapatan Nasabah Studi Kasus BSI Unismuh Makassar. Journal of Waqf and Islamic Economic Philanthropy, 1(2), 1–12. https://doi.org/10.47134/wiep.v1i2.131

Issue

Section

Articles