Peran Transformasi Digital Terhadap Kepuasan Nasabah Green Banking
DOI:
https://doi.org/10.47134/wiep.v1i3.273Keywords:
Transformasi digital, Perbankan hijau, Kepuasan pelanggan, efisiensi, Perbankan berkelanjutanAbstract
Penelitian ini dibuat untuk menganalisis secara menyeluruh dampak penyediaan layanan perbankan digital, transformasi digital dalam sustainable banking, dan eningkatan efisiensi dan kecepatan melalui transformasi digital terhadap kepuasan nasabah Perbankan. Penelitian ni menggunakan data primer yang didapat melalui observasi dari para nasabah bank dan data sekunder . Dianalisis menggunakan penerapan model Regresi Berganda yang disesuaikan. Hasil analisis menunjukkan bahwa transformasi digital memainkan peran penting dalam meningkatkan kepuasan pelanggan di perbankan hijau. Layanan digital yang mudah diakses secara signifikan meningkatkan kepuasan pelanggan, sementara dampak yang lebih luas dari transformasi digital terhadap perbankan berkelanjutan dan efisiensi masih memerlukan penelitian lebih lanjut. Penelitian di masa depan harus fokus pada sektor perbankan yang lebih spesifik dan menggunakan metode analisis data yang lebih kuat untuk memberikan wawasan yang lebih mendalam.
References
Alnemer, H. A. (2022). Determinants of digital banking adoption in the Kingdom of Saudi Arabia: A technology acceptance model approach. Digital Business, 2(2), 100037. https://doi.org/10.1016/j.digbus.2022.100037
Ara Annisa Almi. (2023). Green Banking dalam Perspektif Hukum Persaingan Usaha Bank Digital di Indonesia. Jurnal Studia Legalia, 4(01), 1–12. https://doi.org/10.61084/jsl.v4i01.60
Asti Marlina, W. A. B. (2018). Digitalisasasi Bank Terhadap Peningkatan Pelayanan Dan Kepuasan. Jurnal Ilmiah Inovator.
Budiman, F. (2020). Kepuasan Dan Loyalitas Nasabah Bank Syariah Indonesia Cabang Boyolali. Jurnal Ekonomi, Sosial & Humaniora, 2(5), 142–166.
Cania Anggita Putri, Muhammad Iqbal Fasa, Suharto, & Adib Fachri. (2023). Inovasi Green Banking pada Layanan Perbankan Syari’ah. Mutanaqishah: Journal of Islamic Banking, 2(2), 69–79. https://doi.org/10.54045/mutanaqishah.v2i2.402
Cuandra, F., & Tan, H. (2021). Analysis of Factors That Are Considered By Investors in Stocks Investment Decision Making in Batam City. JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi)., 8(1), 1–31. https://doi.org/10.35794/jmbi.v8i1.33266
Fatimah, S. (2024). Pengaruh Service Quality, E-Trust Dan Transformasi Digital Terhadap Loyalitas Nasabah Pengguna Produk BSI Mobile: Kepuasan Nasabah Sebagai Variabel Intervening. Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba Journal, 6, 378–381. https://doi.org/10.47476/reslaj.v6i1.3952
Felix, A., Felina, S., & Claudia Natalie, C. (2024). Memahami Kepuasan Pelanggan : Mengeksplorasi Customer Experience dengan Pendekatan Observasi Online. Economics and Digital Business Review, 5(1), 87–99.
Hafizhah, Y. D., & Rosa, E. S. (2022). Tinjauan Atas Layanan E – Banking Dalam Meningkatkan Kepuasan Nasabah PT. Bank BUMN Kantor Cabang Pajajaran Bogor. Jurnal Aplikasi Bisnis Kesatuan, 2(2), 207–218. https://doi.org/10.37641/jabkes.v2i2.1493
Konvensional, B., Aulia, S., Hakim, S. A., Marsiska, S., & Bandung, P. N. (2024). 3 1,2,3. 5(4), 2812–2824.
Lee, S., Kwon, Y., Quoc, N. N., Danon, C., Mehler, M., Elm, K., Bauret, R., & Choi, S. (2021). Red queen effect in german bank industry: Implication of banking digitalization for open innovation dynamics. Journal of Open Innovation: Technology, Market, and Complexity, 7(1). https://doi.org/10.3390/JOITMC7010090
Nitami, B., Fasa, M. I., Suharto, & Fachri, A. (2022). Perkembangan Penerapan E Business Guna Mendorong Terwujudnya Green Banking Secara Berkelanjutan Pada Sektor Perbankan Indonesia. Digital Economic, Management and Accounting …, 04(01), 1–14. http://ejournal.stiepgri.ac.id/index.php/demand/article/view/180
Nulhanuddin, N., & Andriyani, D. (2020). Autoregressive Distributed Lag Kurs Dan Ekspor Karet Remah Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Indonesia. Jurnal Ekonomi Regional Unimal, 3(2), 47. https://doi.org/10.29103/jeru.v3i2.3205
Nuryanto, A. D., Alifika, K., & Ula, E. (2024). Peran Lembaga Keuangan Sosial Syariah Di Indonesia Menuju Tranformasi Digital. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Perbankan Syariah (JIMPA), 4(1), 365–382.
Qothrunnada, N. A., Iswanto, J., Fitrotus, D., Hendrarti, B. G., & Subekan, S. (2023). Transformasi Digital Lembaga Keuangan Syariah: Peluang dan Implementasinya di Era Industri 4.0. Indonesian Journal of Humanities and Social Sciences, 4(3), 741–756. https://ejournal.iai-tribakti.ac.id/index.php/IJHSS
Sandra, S., & Kim, S. S. (2022). The Impact of Geopolitical Risk, State Ownership, and Group Affiliations on Indonesian Firms’ Cash Reserves. Peer-Reviewed Article Jurnal Keuangan Dan Perbankan, 26(1), 2443–2687. https://doi.org/10.26905/jkdp.v26i1.6930
Saputra, I., Murwaningsari, E., & Augustine, Y. (n.d.). Neo Journal of Economy and Social Humanitities (NEJESH) The Role of Enterprise Risk Management And Digital Transformation On Sustainable Banking In Indonesia. https://internationalpublisher.id/journal/index.php/Nejesh
Togatorop, A. M. H., Darmawan, D. W., & Hidayati, R. (2024). Transformasi Digital dalam Mencapai Keberlanjutan di Bidang Ekonomi dan Keuangan. Prosiding Management Business Innovation Conference (MBIC), 7(1), 16–31.
Winasis, S., & Riyanto, S. (n.d.). Transformasi Digital di Industri Perbankan Indonesia: Impak pada Stress Kerja Karyawan. https://doi.org/10.1905/iqtishadia.v7i1.3162
Yusuf, E. B., Muhammad Iqbal Fasa, & Suharto. (2023). Inovasi Layanan Perbankan Syariah Berbasis Teknologi sebagai Wujud Penerapan Green Banking. Istithmar, 7(1), 34–41. https://doi.org/10.30762/istithmar.v7i1.444
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Sukma Nur Mareta, Dyah Titis Kusuma Wardani, Anggia Latifah Hanim, Dea Cici Rahmawati, Nanda Putri Puspitasari, Susilo Nur Aji Cokro Darsono

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.