Pembelian Properti Syariah di PT. Al Fath Land Ditinjau dari Pendapatan, Islamic Brand Image dan Preferensi Konsumen
DOI:
https://doi.org/10.47134/jred.v1i2.146Keywords:
Pendapatan, Islamic Brand Image, Preferensi Konsumen, Keputusan Pembelian, Properti SyariahAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh secara parsial pendapatan, Islamic brand image dan preferensi konsumen terhadap keputusan pembelian Properti Syariah pada PT. Al Fath Land, mendeskripsikan pengaruh secara simultan pendapatan, Islamic brand image dan preferensi konsumen terhadap keputusan pembelian Properti Syariah pada PT. Al Fath Land. Waktu penelitian ini dilakukan pada bulan Juli 2023 hingga Agustus 2023. Jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Data yang digunakan adalah bersumber dari data primer. Sampel data yang digunakan sebanyak 70 sampel dengan metode purposive sampling. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda dan teknik analisis data menggunakan aplikasi IBM SPSS version 20. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial pendapatan tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian properti syariah pada PT. Al Fath Land, secara parsial Islamic brand image berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian properti syariah pada PT. Al Fath Land, secara parsial preferensi konsumen berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian properti syariah pada PT. Al Fath Land, secara simultan pendapatan, Islamic brand image dan preferensi konsumen berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian properti syariah pada PT. Al Fath Land. Berdasarkan hasil penelitian di atas, implikasi pada penelitian ini menunjukkan bahwa varibel pendapatan, Islamic brand image dan preferensi konsumen memberikan kontribusi terhadap keputusan konsumen melakukan pembelian dan memberikan dampak yang baik untuk meningkatkan user pada PT. Al Fath Land.
References
Ahmadi, B., Suksesiyah, P. K., Santi, M., & Nur’aini, A. (2023). Penyelesaian Pembiayaan Macet Pada Anggota Koperasi Simpan Pinjam Pembiayaan Syariah Baitut Tamwil Muhammadiyah Surya Madinah Tulungagung. Journal of Economics, Assets, and Evaluation, 1(1), 1-10.
Andryansyah R., A. (2019). Pengembangan Perumahan Di Kota Palopo Ditinjau Dari Etika Bisnis Islam (Doctoral dissertation, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo).
Cahyati, D. N. (2018). Pengaruh kualitas produk dan brand image terhadap loyalitas pelanggan dengan kepuasan konsumen sebagai variabel intervening: Studi pada konsumen produk Buccheri di Kota Kediri (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).
Effendy, S. D. (2020). Analisis Customer Preference Jersey Bola (Study Kasus Pengguna Jersey B35rewola Persebaya Di Kabupaten Jombang) (Doctoral dissertation, STIE PGRI Dewantara).
Erika, Y. (2021). Pengaruh Brand Scarlett, Citra Merek, dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Menurut Perspektif Ekonomi Islam Di Era New Normal (Studi Pada Konsumen Scarlett Di Kabupaten Pringsewu) (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).
Gulo, C. (2019). Analisis Faktor Yang Dipertimbangkan Dalam Pemilihan Tempat Tinggal Sementara (Tempat Kos Dan Kontrak Rumah Pada Mahasiswa Universitas Hkbp Nommensen).
Handayani. L. (2018). Nilai-Nilai Ekonomi Dan Bisnis Dalam Perspektif Islam. El-Iqtishod: Jurnal Ekonomi Syariah, 2(1), 1-25
Hasibuan, A. R., Nst, Y. S. J., & Jannah, N. (2023). Pengaruh Gaya Hidup, Pendapatan dan Kemudahan Terhadap Keputusan Pembelian Secara Angsuran dalam Perspektif Islam. Humantech: Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 2(7).
Julihanza, A., & Khoirudin, R. (2023). Determinan Ketimpangan Pendapatan di Seluruh Provinsi di Sumatera. Journal of Macroeconomics and Social Development, 1(2), 1-12.
Kharisma, A. (2020). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Sayur Paprika (Capsicum annuum L.)(Studi Kasus: Supermarket Brastagi Jln. Gatot Subroto Medan) (Doctoral dissertation).
Laksono, D. D., & Iskandar, D. A. (2018). Pengaruh gaya hidup dan pendapatan terhadap keputusan pembelian Helm KBC. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 3(2), 145-154.
Lolowang, I. R. (2019). Pengaruh Persepsi dan Preferensi Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Rumah Tipe Premium (Studi Pada Konsumen Kawanua Emerald City Akrland Manado. Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen, 7(1).
Nasution, A. A. (2020). Pengaruh Persepsi Harga, Desain Produk, dan Preferensi Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Mitsubishi Xpander (Studi Kasus PT. Nusantara Berlian Motor Medan). Jurnal Ilmiah Simantek, 4(3), 158-166.
Perdana, R. K., & Wardhani, N. I. K. (2021). Ketertarikan konsumen terhadap Lee Min Ho sebagai brand ambassador dan citra merek Lazada terhadap keputusan pembelian. Maker: Jurnal Manajemen, 7(1), 56-63.
Rabiana, R., & Akib, B. (2020). Pengaruh Kepercayaan dan Kualitas Informasi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Marketplace Shopee (Studi Kasus: Pengguna Aplikasi Shopee). El-Iqtishod: Jurnal Ekonomi Syariah, 4(1), 16-33.
Rahmatullah, F., Wijayantini, B., & Wibowo, Y. G. (2023). Analisis RBV (Resources Based View) untuk Menentukan Keunggulan Bersaing Perusahaan Pada UD. Tiga Putra. Journal of Economics, Assets, and Evaluation, 1(1), 1-17.
Sapitri, N.A. (2018). Pengaruh E-Commerce Dan Pemanfataan Teknologi Informasi Terhadap Minat Berwirausaha Online Dalam Perspektif Islam Pada Pedagang Online Di Kota Makassar Sulawesi Selatan. El-Iqtishod: Jurnal Ekonomi Syariah, 2(1), 26-39.
Shara, Y., & Khoirudin, R. (2023). Analisis Jangka Pendek dan Panjang Foreign Direct Invesment di Indonesia. Journal of Macroeconomics and Social Development, 1(1), 1-22.
Soumena, F. Y., & Qayyum, N., (2022). Determinan Variabel Word of Mouth (WOM) dan Islamic Brand Image terhadap Keputusan Pembelian Property Syariah (The Mata Residence Kabupaten Gowa). OIKONOMIKA : Jurnal Kajian Ekonomi dan Keuangan Syariah, 3(1), 11-31.
Sutrisno & Heri Pratikto. (2018). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Pelanggan di Kober Bar Malang. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian dan Pengembangan, 3 (4), 497-503.
Syahrial, M. (2021). Kebutuhan Dasar Manusia Menurut Ekonomi Islam. IndraTech, 2(1), 51-61.
Syam, S. A., Haeruddin, M. I. W., Ruma, Z., Musa, M. I., & Hasbiah, S. (2022). Pengaruh Preferensi Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pada Marketplace. Value Added: Majalah Ekonomi dan Bisnis, 18(2), 73-79.
Wijaya, D. D., & Anastasia, N. (2021). Pertimbangan Generasi Milenial Pada Kepemilikan Rumah Dan Kendala Finansial. Jurnal Manajemen Aset Dan Penilai, 1(2).
Yanti, S. R. (2021). Mekanisme Transaksi Rumah Melalui Develover Properti Syariah Pada Royal Zarmina Residence Di Kota Palangka Raya Menurut Perspektif Ekonomi Islam (Institut Agama Islam Negeri Palangkaraya).
Zarkasyi, N. A., Supeni, R. I., & Sumowo, S. (2023). Pengaruh E-Service Quality dan Perceived Value Terhadap Loyalitas Pelanggan Go-Jek (Go-Food). Journal of Economics, Assets, and Evaluation, 1(1), 1-10.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Lilies Handayani, Risnawati Risnawati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.