Peranan Desain Kemasan, Variasi Produk, dan Harga dalam Keputusan Pembelian Konsumen
DOI:
https://doi.org/10.47134/jpem.v1i2.255Keywords:
Desain kemasan, Variasi Produk, Harga, Keputusan PembelianAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh desain kemasan, variasi produk, dan harga terhadap keputusan pembelian Pia Mahen Gempol Pasuruan. Dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan pengujian hipotesis. Populasinya adalah seluruh konsumen Pia Mahen Gempol Pasuruan. Penelitian ini menggunakan metode non-probability sampling dengan teknik purposive sampling dengan jumlah responden sebanyak 96 orang, dengan kriteria konsumen yang pernah membeli Pia Mahen Gempol Pasuruan minimal satu kali dan konsumen yang berusia minimal 20 tahun. Hasil penelitian membuktikan bahwa variabel desain kemasan, variasi produk, dan harga secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian Pia Mahen Gempol Pasuruan.
References
Ambarsari, Y., & Indayani, L. (2021). The Effect of Product Diversity, Display Layout And Service Quality On Consumer Satisfaction At Greensmart In Sidoarjo. Academia Open, 4, 1–13. https://doi.org/10.21070/acopen.4.2021.2634 DOI: https://doi.org/10.21070/acopen.4.2021.2634
Aprilliyan, W. (2020). Pengaruh Desain Kemasan Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Produk Almond Crispy Oro D’Jero. Performa, 5(1), 9–16. https://doi.org/10.37715/jp.v5i1.1292 DOI: https://doi.org/10.37715/jp.v5i1.1292
Apriyanti, M. E. (2018). Pentingnya Kemasan terhadap Penjualan Produk Perusahaan. Sosio E-Kons, 10(1), 20. https://doi.org/10.30998/sosioekons.v10i1.2223 DOI: https://doi.org/10.30998/sosioekons.v10i1.2223
Aunillah, N., & Himawan, A. F. I. (2023). Pengaruh E-Commerce Shopee, Kualitas Produk dan Variasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Snack. Master: Jurnal Manajemen Dan Bisnis Terapan, 2(2), 108. https://doi.org/10.30595/jmbt.v2i2.15254 DOI: https://doi.org/10.30595/jmbt.v2i2.15254
Efnita, T. (2017). Pengaruh Variasi Produk, Kualitas Pelayanan, Harga Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Wedding Organizer. AdBispreneur, 2(2), 107–115. https://doi.org/10.24198/adbispreneur.v2i2.13162 DOI: https://doi.org/10.24198/adbispreneur.v2i2.13162
Ernawati, D. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Inovasi Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Hi Jack Sandals Bandung. JWM (Jurnal Wawasan Manajemen), 7(1), 17. https://doi.org/10.20527/jwm.v7i1.173 DOI: https://doi.org/10.20527/jwm.v7i1.173
Hidayat, R., & Indayani, L. (2022). The Influence of Product Design, Brand Image and Product Quality on Purchase Decisions on Oppo Brand Mobile Products. Indonesian Journal of Law and Economics Review, 16(8). https://doi.org/10.21070/ijler.v16i0.810 DOI: https://doi.org/10.21070/ijler.v16i0.810
Iklan, P., Dan, T., Kemasan, D., Keputusan, T., Sabun, P., Wajah, P., Nofriyanto, R., Rahmidani, R., Cerya, E., Pendidikan, J., Fakultas, E., Universitas, E., & Padang, N. (2018). EcoGen EcoGen. 1, 905–914. DOI: https://doi.org/10.24036/jmpe.v1i4.5670
Kertajasa, D., & Sukmono, R. A. (2022). The Influence of Brand Image, Brand Trust, Product Quality, and Price on the Purchase Decision of Kampoeng Roti Tropodo Waru Sido. Academia Open, 7, 1–15. https://doi.org/10.21070/acopen.7.2022.3484
Kotler, P., & Armstrong, G. (2012). Prinsip-Prinsip Pemasaran Edisi 13. Jilid 1 (13th ed.). Jakarta : Erlangga.
Kotler, P., & Armstrong, G. (2016). Principles of Marketing (16th ed.). North Carolina: Pearson Education Limited.
Kotler, P., & Keller, K. (2014). Manajemen Pemasaran (Edisi 13). PT Gelora Aksara Pratama.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2012). Marketing Management (14th ed.). Jakarta : PT. Indeks Kelompok Gramedia.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2018). Manajemen Pemasaran (J. Purba, Ed.; 12th ed.). PT INDEKS.
Lupiyoadi, R., & Dedy, A. H. (2011). Manajemen Pemasaran Jasa Teori dan Praktik (2nd ed.). Jakarta : Salemba Empat.
Marlius, D., & Darma, K. P. K. (2023). Pengaruh Ekuitas Merek (Brand Equity) Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Handphone Merek Oppo Pada Toko Faiqah Ponsel Di Ujung Air, Kecamatan Sutera, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat. Jurnal Economina, 2(1), 1050–1062. https://doi.org/10.55681/economina.v2i1.234 DOI: https://doi.org/10.55681/economina.v2i1.234
Mukoffi, A., Wibisono, S. H., Sulasih, H., & As’adi, A. (2021). Pemberdayaan UMKM Kampung Pia Melalui Sistem Akuntansi dan Strategi Pemasaran. Studium: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 33–38. https://doi.org/10.53867/jpm.v1i2.28 DOI: https://doi.org/10.53867/jpm.v1i2.28
Nasution, A. E., Putri, L. P., & Lesmana, M. T. (2019). Analisis Pengaruh Harga, Promosi, Kepercayaan dan Karakteristik Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada 212 Mart di Kota Medan. Proseding Seminar Nasional Kewirausahaan, 1(1), 194–199.
Nursyifa, A., Agustiani, I., & Hidayat, T. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Pengemasan Produk Terhadap Loyalitas Pelanggan Di Sari Ater Hot Springs Subang. Manajemen Pariwisata, 1(April), 1. DOI: https://doi.org/10.32659/jmp.v1i1.199
Ofianti, N., & Hariasih, M. (2022). The Influence of Product Quality, Price, and Sales Promotion on Cassava Tape Purchase Decisions. Indonesian Journal of Cultural and Community Development, 13. https://doi.org/10.21070/ijccd2022821 DOI: https://doi.org/10.21070/ijccd2022821
Purwati, A. A., Siahaan, J. J., & Hamzah, Z. (2019). Analisis Pengaruh Iklan, Harga dan Variasi Produk terhadap Keputusan Pembelian di Toko Rumah Mebel Pekanbaru. Jurnal Ekonomi KIAT, 30(1), 20. https://doi.org/10.25299/kiat.2019.vol30(1).3870 DOI: https://doi.org/10.25299/kiat.2019.vol30(1).3870
Rozi, F., & Sari, D. K. (2022). The Influence of Brand Image, Product Quality and Price on Consumer Purchase Decisions of Bolu Malang in Malang Regency. Academia Open, 7, 1–15. https://doi.org/10.21070/acopen.7.2022.3040 DOI: https://doi.org/10.21070/acopen.7.2022.3040
Sangadji, E. M., & Sopiah. (2013). Perilaku Konsumen : Pendekatan praktis disertai Himpunan Jurnal Penelitian. In Andi. Yogyakarta : Andi Offset.
Setiadi, L., Natadjaja, L., & Hosana, M. (2016). Perancangan Branding dan Kemasan Pia Edamame Produksi Said’s Roti sebagai Oleh-oleh Khas Jember. Jurnal DKV Adiwarna, 1(8), 9.
Sugiyono. (2017a). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (1st ed.). Bandung : CV. Alfabeta.
Sugiyono. (2017b). MetodePenelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. PT. Alfabeta.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D (2nd ed.). Bandung : CV. Alfabeta.
Sugiyono, S. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kuaalitatif, dan R&D. Alfabeta.
Suprapto, R., & Azizi, Z. W. (2020). Pengaruh Kemasan, Label Halal, Label Izin P-Irt Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Umkm Kerupuk Ikan. Jurnal Riset Ekonomi Manajemen (REKOMEN), 3(2), 125–133. https://doi.org/10.31002/rn.v3i2.1984 DOI: https://doi.org/10.31002/rn.v3i2.1984
Swastha, Basu, I. (2014). Manajemen Pemasaran Modern. In Liberty, Yogyakarta. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004 DOI: https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Tjiptono, F. (2011). Manajemen dan Strategi Merek Jilid 1. Yogyakarta : Andi Offset.
Wahyuni, I., & Ernawati, S. (2020). Analisis Pengaruh Product Assortment dan Desain Kemasan Terhadap Minat Beli Pada UMKM Di Kota Bima. Widya Cipta: Jurnal Sekretari Dan Manajemen, 4(1), 49–53. https://doi.org/10.31294/widyacipta.v4i1.7815 DOI: https://doi.org/10.31294/widyacipta.v4i1.7815
Downloads
Published
How to Cite
License
Copyright (c) 2024 Wildan Atho'urrohman, Misti Hariasih

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.