Pembenahan Layanan Kependudukan: Lonjakan Efisiensi Perangkat Desa di Indonesia

Authors

  • Maulidatus Solichah Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Isnaini Rodiyah Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

DOI:

https://doi.org/10.47134/jpem.v1i2.206

Keywords:

Aparat desa, Administrasi Kependudukan, , Kualitas Layanan, Evaluasi Kinerja, Indonesia

Abstract

Penelitian ini menyelidiki kinerja pegawai kantor desa dalam pelayanan administrasi kependudukan di Indonesia, dengan fokus pada produktivitas, kualitas pelayanan, dan akuntabilitas sebagaimana diuraikan oleh Agus Dwiyanto. Analisis didasarkan pada data kualitatif yang dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi dari para informan termasuk Sekretaris Desa, Kepala Urusan Keuangan, dan anggota masyarakat. Dengan menggunakan model analisis data interaktif Miles dan Huberman, temuan menunjukkan bahwa meskipun produktivitas dan akuntabilitas cukup memuaskan, kualitas layanan masih kurang. Secara khusus, standar waktu pelayanan tidak terpenuhi, sehingga menimbulkan banyak keluhan dari masyarakat mengenai penundaan dan inefisiensi. Penelitian ini menyoroti kesenjangan yang signifikan dalam kualitas layanan, yang menunjukkan perlunya perbaikan yang ditargetkan untuk meningkatkan efisiensi layanan administrasi kependudukan secara keseluruhan di kantor-kantor desa.

References

Ahmad Zikri, M. I. H. (2022). Analisis Kualitas Pelayanan Pengiriman Barang terhadap Kepuasan Konsumen pada PT Pos Indonesia Regional I Sumatera. Jurnal Ilmu Komputer, Ekonomi dan Manajemen, 1(1), 129–138.

Arsim. (2017). Pengaruh Pelayanan Administrasi Kependudukan oleh Perangkat Desa Terhadap Kepuasan Masyarakat di Desa Matenggeng Kecamatan Dayeuhluhur Kabupaten Cilacap. Din. Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara, 4(2), 236–245.

F. Ilmu, A. Universitas, & L. Kuning. (2017). A. PENDAHULUAN Penyelenggaraan pelayanan pelayanan disediakan administrasi oleh yang publik merupakan upaya Negara untuk memenuhi kebutuhan dasar dan hak-hak sipil setiap warga Negara atas barang, pelayanan publik. Undang-undang Dasar 1945 mengamanatkan. Journal Name, 9(2).

Fadli, S. (2018). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kinerja Pegawai di Kabupaten Banggai Kepulauan. Jurnal Ilmiah Clean Governance, 1(1), 90–110.

Febriani, E. P. R. (2019). Akuntabilitas Publik Dalam Pelayanan Administrasi Di Kantor Kelurahan Pelita Kecamatan Samarinda Ilir Kota Samarinda. eJournal Administrasi Negara, 7(3), 1–15.

Hubaib, J. B. A. J., & Futum, J. (2021). KONSEP PELAYANAN PUBLIK DI INDONESIA (Analisis Literasi Penyelenggaraan Pelayanan Publik di Indonesia). Dedikasi, 22(2), 105. https://doi.org/10.31293/ddk.v22i2.5860. DOI: https://doi.org/10.31293/ddk.v22i2.5860

Ilyas. (2016). Pendidikan Karakter Melalui Homeschooling. Jurnal Nonformal Education and Community Empowerment, 2(1), 91–98.

Khatimah, H., Alam, S., & Rahayu, A. (2021). Pengaruh Kinerja Aparat Pemerintah Desa Terhadap Kepuasan Masyarakat Atas Pelayanan Administrasi Kependudukan Di Desa Segerang Kecamatan Mapilli Kabupaten Polewali Mandar. Journal of Peqguruang Conference Series, 3(2), 658. https://doi.org/10.35329/jp.v3i2.1523. DOI: https://doi.org/10.35329/jp.v3i2.1523

Laia, S., Sitepu, E., & Perwirawati, E. (2022). Kinerja Pegawai Kantor Desa Dalam Memberikan Pelayanan Masyarakat Di Desa Hilimaufa Kecamatan Mazo Kabupaten Nias Selatan. Journal of Government Opinion, 7(1), 7–15.

Nurwanda, E. B. A. (2020). Analisis Program Inovasi Desa Dalam Mendorong Pengembangan Ekonomi Lokal Oleh Tim Pelaksana Inovasi Desa (PID) Di Desa Bangunharja Kabupaten Ciamis. Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara, 7(1), 68–75. Available: https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/dinamika/article/download/3313/pdf

Pananrangi, A. (2017). Kecamatan Barru Kabupaten Barru. Meraja Journal, 2(1), 69–82. Available: https://algazali.ac.id

Pandey, S. O., Lengkong, F. D. J., & Ruru, J. M. (2019). Akuntabilitas Pelayanan Publik Di Kelurahan Mahakeret Timur Kecamatan Wenang Kota Manado. Jurnal Administrasi Publik, 5(78), 1–23. Available: https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/JAP/article/download/23816/23466.

Perpustakaan, P. K., & Saleh, A. R. (2006). Pengukuran kinerja perpustakaan 1. Journal Name, 1–17.

Pratiwi, N. (2017). Penggunaan Media Video Call dalam Teknologi Komunikasi. Jurnal Ilmiah Dinamika Sosial, 1, 213–214.

Purwanti, T., & Suharyadi, R. (2018). Tentang Administrasi Kependudukan (Studi Kajian tentang Sistem Pelayanan Kependudukan di Kecamatan Sindang Beliti Ilir Kabupaten Rejang Lebong). Jurnal Penelitian Sosial Dan Politik, 7(1), 59–67. Available: https://journals.unihaz.ac.id/index.php/mimbar/article/download/425/256. DOI: https://doi.org/10.32663/jpsp.v7i1.425

Rahayu, H. (2023). KINERJA PEMERINTAHAN DESA UNTUK MENINGKATKAN PELAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN DI DESA WANGUN KECAMATAN PALANG-TUBAN. Jurnal Penelitian Administrasi Publik, 3.

Ropi, P., Wijaya, A. F., & Papilaya, F. S. (2021). Analisis Kinerja Pegawai Kantor Desa Dalam Memberikan Pelayanan Administrasi Kepada Masyarakat. Buletin Poltanesa, 22(1), 11–14. https://doi.org/10.51967/tanesa.v22i1.465. DOI: https://doi.org/10.51967/tanesa.v22i1.465

Setyowati, M. N., & Wulandari, P., & Yantino, A. (2021). Sistem Akuntansi Pemerintah Daerah dan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah Surabaya: Sebuah Tinjauan Teoritis. Jurnal Ekonomi Akuntansi, 6(April), 17–28. DOI: https://doi.org/10.30996/jea17.v6i1.5220

Sujastiawan, A., Astuti, E. P., & … (2022). Analisis Kinerja Pemerintah Desa Dalam Pelayanan Publik Di Desa Sebasang Kecamatan Moyo Hulu Kabupaten Sumbawa. Journal of Public Administration, 103–108. Available: http://www.e-journallppmunsa.ac.id/index.php/ksap/article/view/904http://www.e-journallppmunsa.ac.id/index.php/ksap/article/download/904/877.

Sunda, C. M., Lumolos, J., & Sambiran, S. (2017). Kinerja Aparatur Sipil Negara Dalam Pelayanan Publik Di Kelurahan Talikuran Kecamatan Kawangkoan Utara. Jurnal Eksekutif, 1(1), 1–12. Available: https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/jurnaleksekutif/article/view/15431/14978.

Suriani, A., & Adythya, N. (2020). Kelompok MPP - Kualitas Pelayanan. Stiami.

Tsar, H. (2016). Analisis Kinerja Pada Kantor Camat Nokilalaki Kabupaten Sigi. Katalogis, 4(11), 40–46.

Wowor, S. (2015). Merupakan Skripsi Penulis Mahasiswa Jurusan Ilmu Pemerintahan Program Studi Ilmu Politik FISIP UNSRAT Manado 1. Journal Name, 2015(Lmd), 1–20.

Wuri, R., Risto, R., Kaunang, M., Markus, P., & Revlie, N. (2017). KINERJA APARATUR PEMERINTAH DESA DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN PUBLIK (Studi di Desa Sinsingon Kecamatan Passi Timur Kabupaten Bolaang Mongondow). Jurnal Eksekutif, 1(1), 107–115.

Downloads

Published

2024-05-16

How to Cite

Solichah, M., & Rodiyah, I. (2024). Pembenahan Layanan Kependudukan: Lonjakan Efisiensi Perangkat Desa di Indonesia. Jurnal Pemberdayaan Ekonomi Dan Masyarakat, 1(2), 15. https://doi.org/10.47134/jpem.v1i2.206

Issue

Section

Articles

Categories

Similar Articles

1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.