Decoding Marketing Mix Effects: Insights from Indonesia

Authors

  • Herlinda Maya Kumala Sari Program Studi Manajemen, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Jawa Timur, Indonesia
  • Rejekining Randusiwi Program Studi Manajemen, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Jawa Timur, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.47134/jbhi.v1i4.260

Keywords:

Marketing mix, Consumer behavior, Product quality, Sales, Regional strategy

Abstract

This study investigates the efficacy of the marketing mix strategy in boosting sales to customers in the Sidoarjo area, addressing a gap in understanding its impact on local consumer behavior. Utilizing a descriptive quantitative approach, data was gathered from 96 respondents through a structured questionnaire offering five response options, analyzed using SmartPLS 3.0 software. The results indicate that product quality significantly enhances consumer acceptance, positively influencing sales. Additionally, the study confirms that other marketing mix elements such as place (access), price, and promotion also significantly contribute to the success of marketing strategies by ensuring good accessibility, affordability, and effective promotional activities. These findings suggest that a well-coordinated marketing mix can effectively drive sales performance in regional markets.

 

References

Ardhana, N. S. (n.d.). Penerapan strategi dan inovasi pada PT Garudafood Putra Putri Jaya Tbk di masa pandemi Covid-19.

Brestilliani, L. (2020). Pengaruh brand awareness, brand ambassador, dan harga terhadap keputusan pembelian online pada marketplace Shopee.

Chandra, C., & Keni, K. (2019). Pengaruh brand awareness, brand association, perceived quality, dan brand loyalty terhadap customer purchase decision. JMIEB, 3(1), 176. https://doi.org/10.24912/jmieb.v3i1.3506

Ciamas, W. S., Ciamas, E. S., Hutabarat, F. A. M., & Sulaiman, F. (2021). Harga sebagai komponen marketing mix terhadap penjualan di PT Bale Dipa Aruna (Perumahan Medan Resort City), Medan.

Daryanto, L. H., & Hasiholan, L. B. (n.d.). The influence of marketing mix on the decision to purchase Martabak ‘Setiabudi’ Pak Man Semarang.

Fadlilah, N., & Masfiah, S. (2021). Implementasi strategi marketing mix dalam upaya meningkatkan jumlah peserta didik di TK Al Huda Kota Malang. Journal Evaluasi, 5(1), 94. https://doi.org/10.32478/evaluasi.v5i1.575

Fauziah, M., & K. (2022). Strategi marketing mix 4P dalam mewujudkan sekolah unggulan. CKA, 6(1), 1–15. https://doi.org/10.33507/cakrawala.v6i1.528

Gusrita, D., & Rahmidani, R. (2019). Pengaruh marketing mix dan lingkungan sosial terhadap keputusan pembelian online pakaian wanita di Kota Padang. JMPE, 1(4), 944. https://doi.org/10.24036/jmpe.v1i4.5674

Habriyanto, H., Nasution, M. Y., & Harahap, M. Y. (2019). Analisis pola konsumsi masyarakat Kota Jambi pada bulan Ramadhan mengunakan pendekatan Smart PLS 3.0. JIUBJ, 19(1), 118. https://doi.org/10.33087/jiubj.v19i1.573

Hidayat, T. (2020). Analisis pengaruh produk, harga, promosi dan lokasi terhadap keputusan pembelian.

Ismanti, K. (2023). Analisis marketing mix dalam meningkatkan volume penjualan pada UMKM di Depok. Sosioekons, 15(1), 118. https://doi.org/10.30998/sosioekons.v15i1.16303

Lestari, A., Plyriadi, A., Husain, A., Kamase, J., & Suriyanti. (2021). Pengaruh marketing mix terhadap volume penjualan perusahaan swalayan di Kabupaten Polewali Mandar. CSEJ, 4(4), 383–397. https://doi.org/10.56750/csej.v4i4.469

Lovencia, C. E., Erya, F., Christino, A., & Hendry, H. (2020). Pengaruh strategi pemasaran, pelayanan dan harga terhadap keputusan pembelian tiket pesawat terbang. EJMUNUD, 9(8), 3259. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2020.v09.i08.p18

Maulana, E., Setianingrum, I., & Sanjaya, V. F. (2021). Pengaruh strategi pemasaran, dan label halal terhadap keputusan pembelian konsumen: (Studi pada konsumen kosmetik Wardah di Lampung Utara). UD, 5(2), 93–100. https://doi.org/10.26460/mmud.v5i2.11644

Mohamad, R., & Rahim, E. (2021). Strategi bauran pemasaran (marketing mix) dalam perspektif syariah, 2.

Mufidah, R. A., Putri, R. V., & Maulana, M. W. (n.d.). Strategi pemasaran produk baru (studi kasus pada Kedai Ambyar Wonoayu Sidoarjo).

Muhtarom, M. I., Syairozi, M., & Rismayati, R. D. (2022). Terhadap keputusan pembelian dimediasi minat beli. Jurnal Manajemen, 16(1).

Nashrullah, M. H., & Nawari, N. (2022). Analisis pengaruh penggunaan strategi marketing mix terhadap keputusan pembelian produk pada Mapan Digital Printing Lamongan. J-MACC, 5(1), 61–67. https://doi.org/10.52166/j-macc.v5i1.2940

Ong, D. (2020). Analisa penggunaan sistem sosial media terhadap dampak pemasaran penjualan produk pada UMKM. JTIR, 15(2), 26. https://doi.org/10.35842/jtir.v15i2.345

Perdiana, R. H., Ridwan, W., Yusup, I., & Koeswandi, T. A. (2021). Analisis strategi bauran pemasaran dalam meningkatkan volume penjualan mie ayam Mang Nana.

Praestuti, C. (2020). Marketing mix terhadap kepuasan konsumen pada mama-mama penjual Noken di Oyehe Kabupaten Nabire, 10(1).

Putri Anjayani, R., & Febriyanti, I. R. (2022). Analisis strategi bauran pemasaran untuk meningkatkan volume penjualan (studi pada UMKM YJS Sukabumi). Mudima, 2(9), 3610–3617. https://doi.org/10.55927/mudima.v2i9.1175

Saatur Rohmah, E. (2021). Analisis hubungan strategi bauran pemasaran (marketing mix) terhadap kepuasan konsumen dan faktor-faktor yang mempengaruhinya di Apotek Diva Sejahtera Kabupaten Tulungagung. JUMAKES, 3(1). https://doi.org/10.30737/jumakes.v3i1.1244

Samosir, S. H. (n.d.). Pengaruh desain dan harga produk terhadap minat pembelian kosmetik Korea merek Moko-Moko.

Saroh, S. (2017). Pengujian model second order pada dimensi-dimensi citra toko. JSB, 21(1), 70–87. https://doi.org/10.20885/jsb.vol21.iss1.art5

Sendianto, S. (2021). Analisis pengaruh promosi terhadap tingkat penjualan produk beserta peramalan penjualannya. Aliansi, 16(2), 85–94. https://doi.org/10.46975/aliansi.v16i2.103

Setyani, D., & Prabowo, R. E. (2020). Pengaruh kualitas produk, citra merek dan persepsi harga terhadap keputusan pembelian sepatu merek Adidas (studi di Toko Original Sportcenter Cabang Medoho Semarang).

Solihin, D., & Wibawanto, E. (2020). Pengaruh kualitas pelayanan, harga, dan promosi terhadap keputusan pelanggan dalam memilih Klub Basket Satria Indonesia Tangerang Selatan. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 3(3), 30. https://doi.org/10.32493/jpkpk.v3i3.4738

Supriyanto, M., & Taali, M. (2022). Pengaruh bauran pemasaran (marketing mix) terhadap pengambilan keputusan menginap di The Sun Hotel Madiun. Epicheirisi, 2(2), 26–33. https://doi.org/10.32486/epicheirisi.v2i2.458

Surya, P. (2019). Customer loyalty from perspective of marketing mix strategy and customer satisfaction a study from Grab - online transportation in era of Industrial Revolution 4.0. Mix, 9(3), 394. https://doi.org/10.22441/mix.2019.v9i3.001

Tenda, Y. J., Kalangi, J. A. F., & Mukuan, D. D. S. (2022). Analisis bauran pemasaran dalam meningkatkan penjualan produk kacang Shangrai di UD Virgin Kawangkoan, 3(3).

Tirtayasa, S., & Daulay, Y. A. (2021). Pengaruh marketing mix terhadap kinerja pemasaran industri kecil menengah sektor kontruksi bengkel las di moderasi kebijakan pemerintah pada masa pandemi Covid-19, 4.

Tiyas, F. (2021). Analisis strategi marketing mix untuk meningkatkan volume penjualan pada Nissan Datsun Cabang Magelang. Bisnisman, 3(1), 1–11. https://doi.org/10.52005/bisnisman.v3i1.39

T. F. M., M.M S. E. (2020). Buku ajar manajemen pemasaran: Bauran pemasaran sebagai materi pokok dalam manajemen pemasaran. Media Sains Indonesia.

T. Hidayat. (2020). Analisis pengaruh produk, harga, promosi dan lokasi terhadap keputusan pembelian.

Tiyas, F. (2021). Analisis strategi marketing mix untuk meningkatkan volume penjualan pada Nissan Datsun Cabang Magelang. Bisnisman, 3(1), 1–11. https://doi.org/10.52005/bisnisman.v3i1.39

Downloads

Published

2024-05-24

How to Cite

Sari, H. M. K., & Randusiwi, R. (2024). Decoding Marketing Mix Effects: Insights from Indonesia. Journal of Business and Halal Industry, 1(4), 1–14. https://doi.org/10.47134/jbhi.v1i4.260

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 1 2 

You may also start an advanced similarity search for this article.