SELF-CONTROL SEBAGAI MODERASI ANTARA PENGARUH LITERASI KEUANGAN DAN PARENTAL INCOME TERHADAP PERILAKU KEUANGAN MAHASISWA

Authors

  • Sugiharto Ramdan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
  • Edi Supriyono Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.47134/jbhi.v1i2.105

Keywords:

Literasi Keuangan, Parental Income, Self-control, Perilaku Keuangan

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh literasi keuangan dan parental income terhadap perilaku keuangan dengan menggunakan self-control sebagai variabel moderasi pada mahasiswa aktif di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta pada tahun angkatan 2018-2021. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer, menggunakan metode kuesioner merupakan teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan cara memberi seperangkat pertanyaan atau pernyataan secara tertulis kepada responden untuk dijawab. Populasi dalam penelitian ini ditentukan dengan menggunakan non-probabilitas sampling dengan metode convenience sampling sehingga diperoleh sampel sebanyak 100 responden. Metode analisis yang digunakan adalah Moderated Regression Analysis (MRA) dengan aplikasi SPSS 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa literasi keuangan berpengaruh positif signifikan terhadap perilaku keuangan dan hasil dari parental income tidak berpengaruh terhadap perilaku keuangan. Hasil uji Moderated Regression Analysis (MRA) menunjukkan bahwa self-control mampu memoderasi dan memperkuat pengaruh literasi keuangan terhadap perilaku keuangan dan self-control tidak mampu memoderasi pengaruh parental income terhadap perilaku keuangan. Hal ini semakin kontrol diri (Self control) yang tinggi mampu membuat seorang individu memilih baik buruknya ketika memahami literasi keuangan terhadap perilaku keuangan dan parental income menunjukkan indikator tinggi dan rendahnya parental income tidak mempengaruhi perilaku keuangan mahasiswa dalam mengatur keuangannya meskipun dengan adanya indikator self-control (kontrol diri) yang tinggi. Sumbangan pemikiran dalam ilmu manajemen bisnis khususnya di bidang manajemen keuangan khususnya perilaku keuangan. Terkait literasi keuangan, parental income, dan self-control terhadap perilaku keuangan. Obyek penelitian mahasiswa aktif S1 di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta pada angkatan 2018-2021. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah literasi keuangan, parental income, dan self control.

 

The aim of this research is to examine the influence of financial literacy and parental income on financial behavior using self-control as a moderating variable among active students at Yogyakarta Muhammadiyah University in the 2018 - 2021 class year. This type of research is quantitative research. The data used in this research is primary data. Using the questionnaire method is a data collection technique that is carried out by giving a set of questions or questions in writing to respondents for them to answer. The population in this study was determined using non-probability sampling with the convenience sampling method so that a sample of 100 respondents was obtained. The analytical method used is Moderated Regression Analysis (MRA) with the SPSS 25 application. The research results show that financial literacy has a significant positive effect on financial behavior and the results of parental income have no effect on financial behavior. The results of the Moderated Regression Analysis (MRA) test show that self-control is able to moderate and strengthen the influence of financial literacy on financial behavior and self-control is not able to moderate the influence of parental income on financial behavior. This means that high self-control can make an individual choose the good and the bad when understanding financial literacy regarding financial behavior and parental income. It shows that indicators of high and low parental income do not influence students' financial behavior in managing their finances even with the presence of self-control indicators (self-control) is high. Contributions of thought in business management science, especially in the field of financial management, especially financial behavior. Regarding financial literacy, parental income, and self-control of financial behavior. Research object for active undergraduate students at Muhammadiyah University of Yogyakarta in the 2018-2021 class. The variables used in this research are financial literacy, parental income, and self-control.

References

Abbas. (2015). Pengaruh Pengetahuan Keuangan Dan Pengalaman Keuangan Terhadap Perilaku Perencanaan Investasi Dengan Self Control Sebagai Variabel Moderating. Jurnal Ekonomi Dan Kewirausahaan, 15(2), 28–37.

Ajzen, I. (1991). The theory of planned behavior. Organizational Behavior and Human Decision Processes, 50(2), 179–211. https://doi.org/10.1016/0749-5978(91)90020-T

Anggarini, D. R., Putri, A. D., & Lina, L. F. (2021). Literasi Keuangan untuk Generasi Z di MAN 1 Pesawaran. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia, 1(1), 147–152. https://doi.org/10.54082/jamsi.42

Ardiana, T. E. (2017). Pengaruh Motivasi Kerja Guru Terhadap Kinerja Guru Akuntansi Smk Di Kota Madiun. JURNAL AKUNTANSI DAN PAJAK, 17(02). https://doi.org/10.29040/jap.v17i02.11

Arianti, B. F. (2018). The influence of financial literacy, financial behavior and income on investment decision. Economics and Accounting Journal, 1(1), 1–10.

Atkinson, A., & Messy, F.-A. (2012). Measuring Financial Literacy: Results Of The Oecd Infe Pilot Study. Oecd Working Papers On Finance, Insurance And Private Pensions, 15(15), 1–73.

Azizah, N. S. (2020). Pengaruh Literasi Keuangan, Gaya Hidup Pada Perilaku Keuangan Pada Generasi Milenial. Prisma (Platform Riset Mahasiswa Akuntansi), 1(2), 92–101.

Baumeister, R. F. (2002). Purchasing, Impulsive Behavior, Consumer. Journal Of Consumer Research, 28(4), 670–676.

Beck, L., & Ajzen, I. (1991). Predicting dishonest actions using the theory of planned behavior. Journal of Research in Personality, 25(3), 285–301. https://doi.org/10.1016/0092-6566(91)90021-H

BPS. (2014). Pertumbuhan Ekonomi Indonesia.

Cahyani, P., & Rochmawati, R. (2021). Pengaruh Pengetahuan Keuangan, Teman Sebaya, dan Parental Income terhadap Perilaku Keuangan dengan Self-Control sebagai Moderasi. Jurnal Ecogen, 4(2), 224. https://doi.org/10.24036/jmpe.v4i2.11232

Chaulagain, R. P. (2015). Financial literacy for increasing sustainable access to finance in Nepal. Kathmandu University.

Darwati, J. T., Zulkifli, Z., & Rachbini, W. (2022). Pengaruh Literasi Keuangan, Self Control Dan Risk Tolerance Terhadap Keputusan Investasi Melalui Perilaku Keuangan (Studi Kasus Karyawan Bank BUMN di Kota Depok). Jurnal Ilmiah PERKUSI, 2(1), 8. https://doi.org/10.32493/j.perkusi.v2i1.17616

Djuwita, D., & Yusuf, A. A. (2018). Tingkat Literasi Keuangan Syariah Di Kalangan UMKM Dan Dampaknya Terhadap Perkembangan Usaha. Al-Amwal : Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syari’ah, 10(1), 105. https://doi.org/10.24235/amwal.v10i1.2837

Elliott, J. W., Thevenin, M. K., & Bigelow, B. F. (2017). Promoting CM Student Success: Establishing an Academic Performance Benchmark Given Construction-Education Self-Efficacy, Motivation and Planned Behavior. International Journal of Construction Education and Research, 13(4), 284–298. https://doi.org/10.1080/15578771.2016.1249316

Faramitha, A., Wahyudi, W., & Desmintari, D. (2021). Analisis Perilaku Manajemen Keuangan Pada Generasi Milenial. Inovasi, 17(1), 19–29.

Gitman, L., Juchau, R., & Flanagan, J. (2015). Principles Of Managerial Finance. Pearson Higher Education AU.

Goldfried, M. R. (2016). On possible consequences of National Institute of Mental Health funding for psychotherapy research and training. Professional Psychology: Research and Practice, 47(1), 77–83. https://doi.org/10.1037/pro0000034

Herdjiono, I., & Damanik, L. A. (2016). Pengaruh Financial Attitude,Financial Knowledge, Parental Income Terhadap Financial Management Behavior. Jurnal Manajemen Teori Dan Terapan| Journal of Theory and Applied Management, 9(3). https://doi.org/10.20473/jmtt.v9i3.3077

Herlindawati, D. (2017). Pengaruh Kontrol Diri, Jenis Kelamin, Dan Pendapatan Terhadap Pengelolaan Keuangan Pribadi Mahasiswa Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan, 3(2), 158. https://doi.org/10.26740/jepk.v3n2.p158-169

Ida, I., & Dwinta, C. Y. (2010). Pengaruh Locus Of Control, Financial Knowledge, Income Terhadap Financial Management Behavior. Jurnal Bisnis Dan Akuntansi, 12(3), 131–144.

Khairani, F., & Alfarisi, M. F. (2019). Analisis pengaruh financial attitude, financial knowledge, pendidikan orang tua dan parental income terhadap financial management behavior pada mahasiswa s1 universitas andalas padang. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Manajemen, 4(1), 172–183.

Lusardi, A., & Mitchell, O. S. (2011). Financial Literacy: Implication For Retirement Wellbeing. National Bureau Of Economic Research, 17–39.

Mardiana, V., & Rochmawati, R. (2020). Self-Control Sebagai Moderasi Antara Pengetahuan Keuangan, Financial Attitude, Dan Uang Saku Terhadap Perilaku Menabung. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 30(2), 83–98. https://doi.org/10.23917/jpis.v30i2.11872

Mulyani, S. (2017). Metode Analisis dan perancangan sistem. Abdi Sistematika.

Nano, D., & Istrofor, E. (2017). Students’ Financial Literacy and Parental Income. International Journal of Innovative Business Strategies, 3(2), 146–155. https://doi.org/10.20533/ijibs.2046.3626.2017.0021

Nur, M. H. (2022). Pengaruh Pengetahuan Keuangan Terhadap Perilaku Manajemen Keuangan Dengan Pengendalian Diri Sebagai Variabel Moderasi. Eqien-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 10(1), 298–305.

Nuraeni, A., Mirwanti, R., & Anna, A. (2019). Effect of A Workbook In Health Education on Self-Efficacy and Quality Of Life of Patients With Coronary Heart Disease. Belitung Nursing Journal, 5(6), 218–224. https://doi.org/10.33546/bnj.801

Otoritas Jasa Keuangan. (2020). Mengenal Otoritas Jasa Keuangan Dan Industri Jasa Keuangan Tingkat Sma - Kelas X.

Putri, H. N., & Rahmi, E. (2019). Pengaruh Pendapatan Orang Tua Terhadap Perilaku Keuangan Mahasiswa Pendidikan Ekonomi FE UNP. Jurnal Ecogen, 2(3), 315. https://doi.org/10.24036/jmpe.v2i3.7373

Ritakumalasari, N., & Susanti, A. (2021). Literasi Keuangan, Gaya Hidup, Locus Of Control, Dan Parental Income Terhadap Perilaku Keuangan Mahasiswa. Jurnal Ilmu Manajemen, 9(4), 1440–1450. https://doi.org/10.26740/jim.v9n4.p1440-1450

Ritter, J. R. (2003). Behavioral finance. Pacific-Basin Finance Journal, 11(4), 429–437. https://doi.org/10.1016/S0927-538X(03)00048-9

Rohmanto, F., & Susanti, A. (2021). PENGARUH LITERASI KEUANGAN, LIFESTYLE HEDONIS, DAN SIKAP KEUANGAN PRIBADI TERHADAP PERILAKU KEUANGAN MAHASISWA. ECOBISMA (JURNAL EKONOMI, BISNIS DAN MANAJEMEN), 8(1), 40–48. https://doi.org/10.36987/ecobi.v8i1.2029

Rooij, S. W. van. (2009). Scaffolding project-based learning with the project management body of knowledge (PMBOK®). Computers & Education, 52(1), 210–219. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2008.07.012

Sadalia, N. (2012). Analisis personal financial literacy dan financial behavior mahasiswa strata I fakultas ekonomi Universitas Sumatera Utara. Media Informasi Manajemen, 1(1), 1–15.

Said, S., & Amiruddin, A. M. A. (2017). Literasi keuangan syariah di perguruan tinggi keagamaan Islam (Studi kasus UIN Alauddin Makasar. Al-Ulum: Jurnal Studi Islam, 17(1), 44–64.

Sangadah, K., & Kartawidjaja, J. (2020). Pengaruh Parental Income Dan Financial Knowledge, Terhadap Financial Management Behavior Mahasiswa Yang Dimediasi Oleh Locus Of Control. Orphanet Journal Of Rare Diseases, 21(1), 1–9.

Sekaran, U. (2006). Metodologi Penelitian untuk Bisnis (4th ed.). Salemba Empat.

Sholeh, B. (2019). Pengaruh Literasi Keuangan Terhadap Perilaku Keuangan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Pamulang. Pekobis : Jurnal Pendidikan, Ekonomi, Dan Bisnis, 4(2), 57. https://doi.org/10.32493/pekobis.v4i2.P57-67.4306

Statman, M. (2008). What Is Behavioral Finance? In Handbook of Finance. Wiley. https://doi.org/10.1002/9780470404324.hof002009

Sumiarni, L. (2019). Perilaku Self-Control dalam Mengelola Keuangan Pribadi (Berdasarkan Theory Of Planned Behavior dan Conscientiousness) di STIKes Merangin. Ekonomis: Journal of Economics and Business, 3(2), 105. https://doi.org/10.33087/ekonomis.v3i2.69

Suryanto. (2017). Pola Perilaku Keuangan Mahasiswa Di Perguruan Tinggi. Jurnal Ilmu Politik Dan Komunikasi, 7(1), 11–20.

Toto, T., & Rustendi, E. (2021). Analisis Faktor-Faktor Penghambat Program Pelatihan Dan Pendidikan Dalam Pengembangan Sumberdaya Manusia. Jurnal Edukasi (Ekonomi, Pendidikan Dan Akuntansi), 9(1), 19. https://doi.org/10.25157/je.v9i1.4481

’Ulumudiniati, M., & Asandimitra, N. (2022). Pengaruh Financial Literacy, Financial Self-Efficacy, Locus of Control, Parental Income, Love of Money terhadap Financial Management Behavior: Lifestyle sebagai Mediasi. Jurnal Ilmu Manajemen, 10(1), 51–67. https://doi.org/10.26740/jim.v10n1.p51-67

Wibowo, A. S., & Dewi, A. S. (2021). Pengaruh Financial Attitude, Financial Knowledge, Dan Parental Income Terhadap Financial Management Behavior (Objek studi: Mahasiswa di Provinsi Jawa Barat). EProceedings of Management, 8(2).

Widayati, T. (2018). Literasi Finansial Warga Multikeaksaraan Melalui Pembelajaran Manajemen Keuangan Personal. Jurnal Akrab, 6(2), 28–44.

Yazdipour, R. (2011). A Behavioral Finance Approach to Decision Making in Entrepreneurial Finance. In Advances in Entrepreneurial Finance (pp. 11–29). Springer New York. https://doi.org/10.1007/978-1-4419-7527-0_2

Yuliana, A. , & Trisnawati, I. (2015). Pengaruh Auditor Dan Rasio Keuangan Terhadap Manajemen Laba. Jurnal Bisnis Dan Akuntansi, 17(1), 33–45.

Yuliana, Y., Arwin, A., Weny, W., Lo, C., & Kuan, J. (2022). Analisis Niat Konsumen dalam menggunakan QRIS Dengan Pendekatan Theory of Planned Behavior (TPB). Jurnal E-Bis, 6(2), 680–690. https://doi.org/10.37339/e-bis.v6i2.1032

Yulianti, P. , Permana, I. B. A. , & Paramita, P. P. (2020). Self Control, Perceived Opportunity, Knowledge And Attitude As Predictors Of Plagiarism By Undergraduate Students. International Journal Of Innovation, Creativity And Change, 11(11), 556–571.

Yusainy, C., Chan, D. K. C., Hikmiah, Z., & Anggono, C. O. (2019). Physical activity in Indonesian University students: the contradictory roles of dispositional mindfulness and self-control. Psychology, Health & Medicine, 24(4), 446–455. https://doi.org/10.1080/13548506.2018.1546015

Downloads

Published

2023-12-31

How to Cite

Ramdan, S., & Supriyono, E. (2023). SELF-CONTROL SEBAGAI MODERASI ANTARA PENGARUH LITERASI KEUANGAN DAN PARENTAL INCOME TERHADAP PERILAKU KEUANGAN MAHASISWA. Journal of Business and Halal Industry, 1(2), 1–24. https://doi.org/10.47134/jbhi.v1i2.105

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.